Sikap Ibu Rumah Tangga Di Surakarta Pada Pesan Iklan Televisi Lemonilo Versi “Mie Hebat Untuk Keluarga Sehat”

Berlian Rahmawati, Felicia Goenawan, Titi Nur Vidyarini

Abstract


Lemonilo membuat iklan televisi versi “Mie hebat untuk keluarga sehat”. Tujuan dari iklan ini adalah Lemonilo ingin menyampaikan bahwa gaya hidup sehat bisa diakses oleh siapa saja dan menjadikan hidup sehat sebagai sesuatu yang normal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap Ibu rumah tangga di Surakarta pada pesan iklan televisi Lemonilo versi “Mie hebat untuk keluarga sehat”. Sikap terdiri dari tiga komponen yaitu kognitif, afektif dan konatif. Penelitian ini memilih responden Ibu rumah tangga yang memiliki anak, dan berdomisili di kota Surakarta dan pernah menonton iklan televisi ini sebanyak 3 kali. Peneliti menggunakan metode survei (kuesioner online) dalam mengumpulkan data dan menyebarkan kepada 100 responden. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa sikap Ibu rumah tangga di Surakarta pada pesan iklan televisi Lemonilo versi “Mie hebat untuk keluarga sehat” untuk komponen kognitif, afektif dan konatif berada pada kategori positif. Dan juga setelah di rata- rata, hasilnya juga positif.


Keywords


Sikap, Masyarakat Surakarta, Pesan, Iklan Televisi, Lemonilo.

Full Text:

PDF

References


Azwar, S (2013). Sikap Manusia: Teori dan pengukurannya. (2nd ed.). Pustaka Belajar. Durianto, D., S., Widjaja, A. W., & Supratikno, H (2003). Invasi pasar dengan iklan yang efektif:

Strrategi, Program, dan Teknik Pengukuran. PT Gramedia Pustaka Utama.

Kriyantono, R (2010). Teknik praktis: riset komunikasi. Kencana.

Kotler, P. (2003). Marketing management (11th ed.). Upper Saddle River: Prentice Hall.

Mc. Shane.V.Glinow (2010). Organizational behavior, emerging knowledge and practice for the real world. (fifth edition).

Morissan (2010). Periklanan: Komunikasi pemasaran terpadu (1st ed.). Prenamedia Group. Pickton, D. & Amanda, B. (2001). Integrated marketing communication. Prentice Hall Ruslan, R (2008). Kiat dan strategi kampanye public relations. Pers.

Rakhmat, Jalaluddin. 2009. Metode penelitian komunikasi. PT Remaja Rosdakarya.

Shimp, T. A. (2003). Periklanan promosi dan aspek tambahan komunikasi pemasaran terpadu (5th ed., Vol.1). Erlangga

Ruslan, Rosady. 2006. Manajemen public relations & media komunikasi. PT. Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2010). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI