Self-disclosure dalam Komunikasi Interpersonal Pengguna Aplikasi Kencan Online untuk Mencari Pasangan Hidup

Joyce Angela Wibowo, Gatut Priyowidodo, Desi Yoanita

Abstract


Seiring perkembangan teknologi, online dating menjadi semakin marak dilakukan dan caranya semakin beragam. Tinder dan Jodoh Kristen merupakan aplikasi kencan online yang diminati di Indonesia. Penelitian ini mengambil dua pasang informan dan meneliti tentang bagaimana pengguna aplikasi kencan online melakukan self-disclosure dalam dinamika hubungan yang dijalani dengan orang yang dikenal melalui dating apps dalam hal ini Tinder dan Jodoh Kristen. Teori yang menjadi acuan dalam penelitian ini adalah self-disclosure menurut Jourard yang memiliki tiga dimensi yaitu keluasan (breadth), kedalaman (depth), dan sasaran (target). Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan metode netnografi, dimana metode ini mengadaptasi teknik riset etnografi untuk mempelajari budaya dan komunitas yang terjadi dalam komunikasi termedia komputer (computer mediated communication) melalui media baru. Temuan penelitian menunjukkan bahwa pengguna aplikasi kencan online melakukan self-disclosure secara bertahap dengan lawan bicara, aspek keluasan dan kedalaman self-disclosure akan berkembang seiring keintiman hubungan.


Keywords


self-disclosure, dating apps, online dating, netnografi

Full Text:

PDF

References


Altman, I., & Taylor, D. A. (1973). Social Penetration : The Development of Interpersonal Relationships. USA: Rinehart & Winston Inc.

Cambridge University Press. (2021). Cambridge Dictionary. Retrieved Februari 1, 2021, from https://dictionary.cambridge.org/dictionary/english/online- dating

C. (1973). Self-Disclosure: A Literature Review, 79, 73-91. Psychological Bulletin. DeGenova, M. K., & Rice, F. P. (2005). Intimate Relationship, Marriages, and

Families (6th ed.). New York: MCGraw-Hill.

Derlega, V. J., Metts, S., Margulis, S. T., & Petronio. (1993). Self-disclosure. Sage

Publications, Inc.

Devito, J. A. (2007). The Interpersonal Communication (11th ed.). Boston: Pearson Education, Inc.

Finkel, E. J., Eastwick, P. W., Karney, B. R., Reis, H. T., & Sprecher, S. (2012). Online Dating: A Critical Analysis From the Perspective of Psychological Science. Psychological Science in the Public Interest, Supplement.

Garcia, A. (2007). Cyberspace Romance: The Psychology of Online Relationships. Interpersona: An International Journal on Personal Relationships.

Jourard, S. M. (1964). The transparent self: Self disclosure and well-being. New York: Van Nostrand Reinhold Company.

Kozinets, Robert V. (1998) ,"On Netnography: Initial Reflections on Consumer Research Investigations of Cyberculture", in NA - Advances in Consumer Research Volume 25, eds. Joseph W. Alba & J. Wesley Hutchinson, Provo, UT : Association for Consumer Research, Pages: 366-371.

Kozinets, R. V. (2010). Netnography: Doing Ethnographic Research Online. London: Sage Publication.

Kozinets, R. V. (2015). Netnography: Redifined (5th ed.). London: Sage Publication Ltd.

Nadine, E. R., & Ramadhan, M. R. (2021, April). Keterbukaan Diri Remaja Perempuan Pengguna Aplikasi Kencan Online Tinder di Bandung. e- Proceeding of Management, 8(2), 1701-1710.

Neviandri, E. O. (2018). Self-disclosure Pengguna Aplikasi Kencan Online (Studi Etnografi Virtual Aplikasi Kencan Online Tantan). Universitas Brawijaya.

Priyowidodo, G. (2020). Monograf Netnografi Komunikasi: Aplikasi Pada Tiga Riset Lapangan. Depok: Rajawali Pers.

Putri, T. N., Nurhayati, I. K., & Pamungkas, I. N. A. (2015, Desember). Motif Pria Pengguna Tinder sebagai Jejaring Sosial Pencarian Jodoh (Studi Virtual Etnografi Mengenai Motif Pengguna Tinder). e-Proceeding of Management, 2(3), 4051-4057.

Sukmadinata, N. S. (2006). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI