Reputasi PT Bank Bukopin Tbk. Di Mata Masyarakat Sidoarjo Pasca Kasus Tight Liquidity

Yoshin Rini(1*), Titi Nur Vidyarini(2), Felicia Goenawan(3),


(1) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana reputasi PT Bank Bukopin Tbk di mata masyarakat Sidoarjo pasca kasus tight liquidity. Pada Juni 2020, PT Bank Bukopin Tbk ramai dibicarakan di media sosial dan media online karena ada masalah pada likuiditas Bank. Terlebih kasus deposito salah satu nasabah Bank Bukopin cabang Sidoarjo yang tidak dapat dicairkan oleh pihak bank menimbulkan komentar-komentar negatif yang berdampak pada reputasi Bank Bukopin.

Karena itu, peneliti menggunakan teori reputasi oleh Fombrun dan fokus pada reputasi di mata pelanggan. Dimana pelanggan akan memiliki reputasi yang baik terhadap perusahaan ketika perusahaan dapat diandalkan. Peneliti menggunakan empat dimensi reliabilitas oleh Parasuraman yang yaitu credibility, security, competence dan courtesy untuk mengukur reputasi Bank Bukopin di mata masyarakat Sidoarjo. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif deskripsi dengan metode survey yang dibagikan secara online kepada masyarakat Sidoarjo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa reputasi PT Bank Bukopin Tbk di mata masyarakat Sidoarjo pasca kasus tight liquidity adalah positif tetapi masih ada keraguan terhadap keamanan Bank Bukopin.


Keywords


Reputasi korporat, krisis, financial communication, public relations

Full Text:

PDF

References


Daniel, Avram Costin. 2017. “Some Considerations on The Role of Financial Communication within Corporate Governance.” Ovidius, vol. 17, no. 1, pp. 398–402.

Detikcom, Tim. “Ada Apa Dengan Bukopin?” Detikfinance, finance.detik.com/moneter/d- 5049224/ada-apa-dengan-bukopin.

Fombrun, Charles J. 1996. Reputation: Realizing Value from the Corporate Image., Harvard Business School Press.

Fombrun, Charles J. 2018. Reputation: Realizing Value from the Corporate Image. 20th ed., Harvard Business School Press.

Griffin, Andrew. 2014. Crisis, Issues and Reputation Management: A Handbook for PR and Communications Professionals. Kogan Page.

Kriyantono, Rachmat. 2006. Teknik Praktis Riset Komunikasi Kuantitatif Dan Kualitatif. 2nd ed., Kencana.

Kustiyah, Eny, and Dewi Wahyuningsih. 2015. “Pengaruh pelauanan terhadap kepuasan nasabah dalam transasksi e_banking pada Bank Negara Indonesia Slamet Riyadi Solo.” GEMA, no. XXVI, ser. 49, pp. 1471–1482. 49.

Lengkong, Selvina L, et al. 2017. “Strategi public relations dalam pemulihan citra perusahaan (studi kasus Rumah Makan Kawan Baru Megamas Manado).” Acta Diurna, vol. 6, ser. 1, 1.

Putri, Liza Diniarizky. 2014. “Krisis, ancaman atau peluang ?!” Journal Komunikasi, vol. 2, ser. 2, pp. 25–38. 2..

Redaksi. “Nasabah kecewa, deposito di Bank Bukopin Sidoarjo sulit dicairkan.” Bisnis Surabaya, 22 June 2020, bisnissurabaya.com/2020/06/22/nasabah-kecewa-deposito-di-bank-bukopin- sidoarjo-sulit-dicairkan

Sari, A. Anditha. 2017. Dasar-dasar public relations teori dan praktik. 1st ed., Deepublish. Sitepu, Jessica Ayu Meirna. 2016. “Penerapan prinsip-prinsip good corporate governance pada

PT. Bulan Terang Utama.” AGORA, vol. 4, ser. 1, pp. 192–198. 1.

Vidyarini, Titi Nur, et al. 2017. Pengantar relasi publik. Universitas Kristen Petra.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI