Brand Awareness Perempuan Pengguna Instagram dan TikTok Terhadap Brand Hur by Sunny Dahye

Celine Vivian, Felicia Goenawan, Astri Yogatama

Abstract


Hur by Sunny Dahye merupakan brand makeup lokal dengan inspirasi dari Korea Selatan yang didirikan oleh Sunny Dahye. Hur by Sunny Dahye me-launching produk pertamanya, yaitu Multi Sleek Pot, pada tanggal 30 November 2020. Hur by Sunny Dahye mempunyai empat brand elements, yaitu brand name, logo & symbol, packaging dan karakter dimana Hur by Sunny Dahye mengkomunikasikannya melalui media komunikasi yaitu Instagram dan TikTok. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui brand awareness perempuan pengguna Instagram dan TikTok terhadap brand Hur by Sunny Dahye yang diukur dari kesadaran masyarakat terhadap brand elements yang dimiliki oleh Hur by Sunny Dahye. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif deskriptif dengan metode survei dalam bentuk kuesioner online atau menggunakan Google Form. Sampel dari penelitian ini sebanyak 400 responden yang berusia 11-26 tahun, perempuan yang berdomisili di Indonesia, mengikuti Korean Waves dan aktif menggunakan Instagram serta TikTok dengan hasil penelitian yaitu brand awareness masyarakat Indonesia terhadap brand Hur by Sunny Dahye pada tingkat tertinggi, yaitu Top of Mind.


Keywords


Marketing Communications, Brand Elements, Brand Awareness dan Hur by Sunny Dahye

Full Text:

PDF

References


Aaker, D. A. (2009). Managing Brand Equity. New York. Amerika: Free Press.

Afriani, A. (2015). Strategi marketing communication. Wacana, 14(1), 99-100.

Ali, D. S. F. (2017). Marketing Public Relations - Diantara Penjualan dan Pencitraan. Yogyakarta, Indonesia: Penerbit Deepublish.

Anna, L. (2017, November 24). Kosmetik Asal Korea, Clio Professional Hadir di Indonesia. Retrieved March 09, 2021 from https://lifestyle.kompas.com/read/2017/11/24/131600320/kosmetik-asal-korea clio- professional-hadir-di-indonesia

Dahye, S. (2020, November 14). AKHIRNYA AKU LAUNCHING BEAUTY BRAND DI INDONESIA | HUR. BY SUNNYDAHYE FULL REVIEW! Retrieved January 13, 2021, from https://www.youtube.com/watch?v=fFcCCwUuF0s.

Delgado‐Ballester, E., Navarro, A. and Sicilia, M. (2012), "Revitalising brands through communication messages: the role of brand familiarity", European Journal of Marketing, 46 (1⁄2), pp. 31-51.

Durianto, D., Sitinjak, T., & Sugiarto. (2014). Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. Jakarta, Indonesia: PT Gramedia Pustaka Utama.

Ghealita, V. (2015). Pengaruh brand awareness terhadap keputusan pembelian AMDK merek Aqua (Studi pada masyarakat di Kota Bandung). Jurnal Riset Manajemen, 4(1), 1.

Herasafiti, Rr. Dea Febrinda, Rahajeng, Unita Werdi & Sarirah, Thoyyibatus. (2016). Wake up and make up: efek kosmetik wajah dan waktu pemaparan terhadap attractiveness. Mediapsi, 2(2),31.

Jupp, V. (2006). The SAGE Dictionary of Social Research Methods. London: SAGE Publication Ltd.

Keller, K. L.. (2013). Strategic brand management: building, measuring, and managing brand equity (3rd ed.). New Jersey: Prentice-Hall, Inc.

Larasati, N. & Santoso, E. D. (2019). Bernakah iklan online efektif untuk digunakan dalam promosi perusahaan. Jurnal Ilmiah Bisnis dan Ekonomi Asia, 13(1), 29 & 34

Larassaty, L. (2020, December 14). Hadir Secara Virtual, Ini Keseruan Acara Hingga Daftar Pemenang Sociolla Award 2020. Retrieved January 14, 2021, from https://www.soco.id/post/beauty/5fd72ab8d575783882b77a23/sociolla-award 2020

Malinda, M. (2017). Tingkat brand awareness masyarakat Surabaya terhadap brand baru restoran The Consulate. Jurnal E-Komunikasi, 5(1), 1.

Maulidi, R. A & Yuliati, A.L. (2017). Pengaruh tingkat brand awareness terhadap minat beli Apple Iphone. Jurnal ISEI, 1 (1), 1.

Nastain, M. (2017) Branding Dan Eksistensi Produk (Kajian Teoritik Konsep Branding Dan Tantangan Eksistensi Produk). 5.1 (2017). Web.

NR, F. (2020, November 2O). House of Hur, Lini Makeup Pertama Youtuber Sunny Dahye. Retrieved January 13, 2021, from https://www.beautynesia.id/berita-make up/house-of-hur- lini-makeup-pertama-youtuber-sunny-dahye/b-174938

Panchal, H. (2020, March 30). Gen Z Loves Clean Packaging: Here's What Branding Machinists Need To Know About Next Generation Of Branding. Entrepreneur. https://www.entrepreneur.com/article/348390.

Rahardi, K, P. (2017) Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu (Studi Deskriptif Kualitatif Mengenai Aktivitas Komunikasi Pemasaran Terpadu Kafe GULO JOWO Di Kota Solo). Skripsi: Surakarta. Web.

Redaksi. (2015, March 20). Kevin Keller - Brand Equity, Pengertian, Definisi, Keuntungan Memiliki Brand Equity (1). Portal Lengkap Dunia Marketing. https://marketing.co.id/kevin- keller-apakah-brand-equity-apa-saja-keuntungan-memiliki-brand-equity-2/.

Triningtyas, D. A. (2017). Survey Permasalahan Bimbingan dan Konseling. Magetan, Indonesia: CV. Ae Media Grafika.

Wiradinata, M. M. (2017). Tingkat Brand Awareness Masyarakat Surabaya terhadap Brand Baru Restoran The Consulate. (Unpublished doctoral dissertation). Universitas Kristen Petra, Surabaya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI