Representasi Budaya Jawa dalam Film Tilik

Maudy Christina Johanna Wuwung, Daniel Budiana, Chory Angela Wijayanti

Abstract


Pada 17 Agustus 2020 lalu, media sosial Youtube di Indonesia sempat diramaikan dengan Film pendek yang berjudul Tilik, Film ini mengisahkan sekelompok ibu-ibu yang tinggal dalam satu desa berencana untuk menjenguk Bu Lurah yang dikabarkan masuk rumah sakit. Sekelompok ibu- ibu ini melakukan perjalanan ke rumah sakit menggunakankendaraan truk milik seorang warga. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana penggambaran Budaya Jawa dalam film Tilik. Pendekatan yang dipakai dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode yang digunakan adalah semiotika dengan kode televisi John Fiske dengan 3 level, yaitu realitas, level representasi, dan level ideologi. Peneliti menggunakan karakteristik Budaya Jawa milik Thomas Wiyasa Bratawijaya untuk menemukan penggambaran Budaya Jawa dalam film Tilik. Hasil penelitian ini memperlihatkan bagaimana representasi Budaya Jawa dalam film Tilik dengan menggambarkan orang Jawa sebagai sosok yang diajarkan untuk berbuat baik, taat beragama, saling membantu, dan selalu menjaga perkataannya.


Keywords


Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra

Full Text:

PDF

References


Fiske, J. (1987). Television culture. London : Routledge

Herusatoto, Budiono. (2019). Mitologi Jawa: Pendidikan moral dan etika

tradisional. Jakarta: PT. Buku Seru.

Juliastuti, Nuraeni. 2000. Teori Sosiologi Modern. Jakarta: Kencana.

Moleong, L.J. (2005). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyana, D. (2008). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Pawito. (2007). Penelitian Komunikasi Kualitatif. Yogyakarta: LkiS PelangiAksara Sobur, Alex. (2004). Analisis teks media: Suatu pengantar untuk analisis wacana,analisis semiotika, analisis framing. Bandung: PT. Remaja

Rosdakarya.

Sobur, Alex. (2004). Analisis teks media: Suatu pengantar untuk analisis wacana,analisis

semiotika, analisis framing. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI