Taktik Self-Presentation Joko Widodo dalam Menangani COVID-19 di Instagram

Anggi Panjaitan(1*), Gatut Priyowidodo(2), Daniel Budianad(3),


(1) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Self-presentation adalah proses individu untuk membentuk image yang orang lain pikirkan maupun apa yang kita pikirkan tentang diri kita sendiri. Taktik dalam self-presentation terbagi menjadi 13 indikator yaitu Excuse, Justification, Self-handicapping, Apology, Disclaimer, Ingratiation, Intimidation, Supplication, Entitlement, Enhacement, Blasting, Basking dan Exemplification. Penelitian ini untuk mengetahui apa saja taktik self-presentation yang dilakukan Joko Widodo melalui caption di akun instagram @jokowi sejak tanggal 23 Desember 2020 hingga 30 April 2021. Penelitian ini menggunakan metode analisis isi kuantitatif dengan menganalisis 138 sampel caption. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa taktik self-presentation yang paling sering dilakukan oleh Joko Widodo adalah taktik Entitlement, dimana Joko Widodo mengaku siap bertanggungjawab dan membanggakan hasil positif yang telah dicapai. Dapat dilihat saat Joko Widodo bertanggungjawab mengenai pengadaan dan pendistribusian vaksin dalam negeri serta tercapainya pemulihan ekonomi nasional tahun 2021.


Keywords


Self-Presentation, Entitlement, Joko Widodo, Komunikasi Politik, COVID-19, Instagram

Full Text:

PDF

References


Alex, Sobur. (2006). Semiotika komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ardianto, E. (2010). Metode penelitian untuk public relations. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Awailuddin, Akbar, Z., Christy, Afriani, Heng, P. H., Ivonesti, S., Nursanti, A., & Dll. (2020). Tinjauan pandemi COVID-19 dalam psikologi perkembangan - Google Books. In Syiah Kuala University Press. Syiah Kuala University Press.

Barrett, D. N., & Klapper, J. T. (1960). The Effects of mass communication. In The American Catholic Sociological Review (Vol. 22, Issue 3). Free Press. https://doi.org/10.2307/3709128

Budianto, H. (2014). Komunikasi politik, media, demokrasi. Kencana Prenamedia Group. Budiargo, D. (2015). Berkomunikasi ala net generation. Jakarta: PT Kompas Gramedia. Bulaeng, A. (2004). Metode penelitian komunikasi kontemporer. Yogyakarta: Andi..

Cangara H. (2011). Komunikasi politik konsep teori dan strategi. Jakarta: Rajawali Pers.

Dahlan, A. (2008). Manusia komunikasi, komunikasi manusia. Jakarta: Kompas.

Fecho, Irwan. (2020). Guratan pandemi: Catatan awal pandemi menuju new normal. Jakarta: PT Pustaka Alvabet.

Goffman, Erving. (1959). The Presentation of self in everyday life. United States of America: Doubleday Anchor Books.

Guervitch, M., Coleman, S., & Blumler, J, G. (2009). Political communication, old and new media relationship dalam The ANNALS of The American Academy of Political and Social Science 625.

Kriyantono, Rachmat. (2014). Teori public relations perspektif barat & lokal: Aplikasi dan praktik. Jakarta: PT Kencana Perdana

Lee, et Al. (1999). Development of a self presentation tactics scale. South Korea: Hanyang University.

Lilleker, D. G. (2006). Key concepts in political communication. London, Thousand Oaks, New Delhi : Sage Publications.

McNair, B. (2016). Pengantar komunikasi politik (an introduction to political communication). Bandung: Nusamedia.

Mulyana, D. (2014). Ilmu komunikasi suatu pengantar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Nimmo, D. (1989). Komunikasi politik: Komunikator, pesan dan media. Bandung: PT Remaja

Rosdakarya.

Nimmo, D. (2005). Komunikasi politik komunikator, pesan dan media. Bandung: Rosdakarya.

Nimmo, D., & Rakhmat, J. (2004). Komunikasi politik: Khalayak & efek. Bandung: Rosdakarya. Pietro, E. (2017). Running Head: Self-presentation and impression management. Grand Canyon

University, 2.

Priyowidodo, et al,. (2015). Komunikasi politik dan resolusi konflik pada organisasi politik. Yogyakarta: Andi

Rachmat, K. (2006). Teknik praktis riset komunikasi: Disertai contoh praktis riset. Jakarta: PrenadaMedia Group.

Rusnaini. (2008). Komunikasi politik. Retrieved from 2021/05/komunikasipolitik/

Salamah, U. (2015). Brand pemimpin politik. Jakarta: Makna Informasi.

Seehafer, D. M. (2017). Exploration of instagram and individuals’ conception of self. In ProQuest Dissertations and Theses (p. 58). Thesis). North Dakota State University. https://search.proquest.com/dissertations-theses/nofilter-exploration-instagram- individuals/docview/1953259657/se-2?accountid=17242

Tosepu, Y. A. (2018). Media baru dalam komunikasi politik (komunikasi politik di dunia virtual). Surabaya: CV Jakad Publishing Surabaya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI