Judul Citra PT. Freeport Pasca Kasus PHK Massal Pada Pemberitaan di Media Online Tempo.co dan CNNIndonesia.com Tahun 2019

Hosyana Claudia Rampalimbo, Ido Prijana Hadi, Titi Nur Vidyarini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggambaran citra PT. Freeport Indonesia pada pemberitaan media online Tempo.co dan CNNIndonesia.com tahun 2019. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teori Citra beserta dengan elemen citra korporat dari Marita Vos, yaitu primary impression, familiarity, perception, dan position sebagai indikator dalam penelitian. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode analisis isi. Peneliti menganalisis citra PT. Freeport pada 55 berita di media Tempo.co dan 62 berita di media CNNIndonesia.com. Temuan penelitian ini adalah bahwa elemen citra yang paling banyak digunakan pada kedua media adalah familiarity yang menunjukan bahwa kedua media memiliki pengenalan terhadap perusahaan dalam hal orang-orang dalam perusahaan. Selain itu, PT. Freeport pada media Tempo.co juga dicitrakan memiliki kualitas manajemen yang kurang mampu menyelesaikan persoalan PHK karyawanSedangkan pada media CNNIndonesia.com, PT. Freeport dicitrakan sebagai perusahaan yang aktif dalam penyebaran informasi.


Keywords


Citra, PT. Freeport, Tempo.co, CNNIndonesia.com, PHK Massal

Full Text:

PDF

References


Ambarwati, K. (2009). Peran dan Strategi Public Relations Dalam Membangun Citra . 5.

Bahtera, E. G. (2019). Citra Shopee pasca kasus petisi pemboikotan iklan versi Blackpink “12.12 Birthday Sale” di media online. Universitas Kristen Petra, 86.

Bahruddin, A. S. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Aplikasi dalam Pendidikan. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Eriyanto. (2011). Analisis isi: Pengantar metodologi untuk penelitian ilmu komunikasi dan ilmu-ilmu sosial lainnya. Jakarta: Kencana.

Kompas.com. (2017, Juni 08). Freeport PHK 3.000 Karyawan yang Mogok Kerja Sejak Mei. Retrieved from Kompas.com: https://money.kompas.com/read/2017/06/08/091036826/freeport.phk.3.00 0.karyawan.yang.mogok.kerja.sejak.mei

Kriyantono, R. (2012). Public Relations & Crisis Management: Pendekatan Critical Public Relations Etnografi Kritis & Kualitatif. Jakarta: Kencana.

Kriyantono, R. (2014). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana.

Musi, S. (2020). Krisis Public Relations (Teori dan Praktek. Pasuruan: CV.

Penerbit Qiara Media.

Nova, F. (2009). Crisis public relations: Bagaimana PR menangani krisis

perusahaan. Jakarta: Grasindo.

Rumanti, M. A. (2002). Dasar-Dasar Jurnalistik. Jakarta: PT Gramedia

SehatiGold. (2020, Juli 20). SehatiGold. Retrieved from Inilah 5 Tambang Emas Terbesar di Indonesia: https://sehatigold.com/berita/inilah-5-tambang- emas-terbesar-di-indonesia

Suara.com. (2018, Maret 12). Karyawan Freeport Mengaku Dipaksa Ambil PHK Sukarela. Retrieved from Suara.com: https://www.suara.com/bisnis/2018/03/12/150742/karyawan-freeport- mengaku-dipaksa-ambil-phk-sukarela

Tjahjono, C. D., & Pranata, N. (2017). Analisa Pengaruh Citra Perusahaan Terhadap Loyalitas Pelanggan di Restoran Platinum Grill Surabaya. Universitas Kristen Petra, 6.

Vos, M., & Schoemaker, H. (2006). Monitoring Public Perception of Organisations. Boom onderwijs.

Wayuningsih, L. (2013). Tugas dan Fungsi Public Relation Dalam Organisasi. Universitas Negeri Yogyakarta, 19.

Yunatan, C. N. (2016). Pengaruh Corporate Social responsibility "Alfamart Class" di SMK PGRI 3 Malang Terhadap Citra Perusahaan Alfamart. Jurnal E- Komunikasi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI