Sikap Pengunjung Terhadap Store Atmosphere Matahari Department Store

Jessica Hadi, Amelia Sidik, Felicia Goenawan

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui sikap pengunjung terhadap store atmosphere Matahari Department Store. Store atmosphere merupakan kombinasi dari pesan secara fisik pada lingkungan pembelian yang telah direncanakan, dan dapat menghasilkan efek emosional khusus bagi pengunjung yang terbagi menjadi 2 dimensi, yaitu instore atmosphere yang meliputi internal layout, suara, desain interior, dan outstore atmosphere yang meliputi external layout, dan desain eksterior. Pada masa pandemi Covid-19 ini, Matahari department store menerapkan 5 Komitmen Matahari yang tersampaikan melalui store atmosphere gerai Matahari department store. Dengan demikian, penelitian ini dilakukan untuk melihat sejauh mana pesan 5 komitmen dapat terkomunikasikan kepada pengunjung sepenuhnya melalui media store atmosphere sehingga menimbulkan respon berupa sikap. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif deskriptif dan menggunakan metode penelitian survei dengan jumlah 100 sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap pengunjung terhadap store atmosphere Matahari department store adalah positif. Sub dimensi desain eksterior dan sub dimensi suara memiliki nilai yang sama dan memperoleh nilai tertinggi pada sikap kognitif. Sub dimensi desain eksterior juga kembali memperoleh nilai tertinggi pada sikap afektif, sementara sub dimensi desain interior memperoleh nilai tertinggi pada sikap konatif.


Keywords


Sikap, Store Atmosphere, Komunikasi Non-verbal, Matahari Department Store, COVID-19

Full Text:

PDF

References


Almasih, L. (2019). Sikap Pengunjung Mengenai Servicescape Starbucks Reserve Dewata. (Skripsi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Kristen Petra, 2019). Retrieved from dewey.petra.ac.id.

Berman, B., & Evans, Joel R., (2007). Retail Management: A Strategic Approach. 10th Ed. New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Gilbert, D. (2003). Retail Marketing Management,Second Edition. England: Prentice Hall.

Haryanto, E. B. (2019). Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di CS ME Café Ciwidey Kab. Bandung. (Skripsi, Fakultas Ilmu Komunikasi dan Ilmu Politik, Universitas Pasundan Bandung, 2019). Retrieved from repository.unpas.ac.id

Jefkins, F. (2014). Public Relations Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P. (2005). Manajemen Pemasaran. Edisi ke sebelas. Jilid 2. Edisi Bahasa Indonesia.

Jakarta: Penerbit Indeks.

Lamb,C.W., Hair, J. F., & McDaniel, C. (2011). Essentials of Marketing 7th Edition. Boston, US: Cengage Learning.

Levy.M, & Weitz, Barton A. (2001), Retailing Management, Fourth edition. USA: Richard D. Irwin Inc.

Morissan, M.A. (2010). Periklanan Komunikasi Terpadu. Jakarta: Kencana Predana.

Mulyana, D. (2012). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Niekerk, BM van. (2015). The influence of boutique store atmosphere on customer satisfaction, store loyalty and repurchase intention. (Dissertation, School of Business Management, Potchefstroom Campus of the North-West University, 2015).

Pudjiastuti, W. (2010). Special Event: Alternatif Jitu Membidik Pasar. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Saputra, Hendra P. (2020). Perubahan Sosial di Era Pandemi. Retrieved September 10, 2020, from https://lombokpost.jawapos.com/opini/15/07/2020/perubahan-sosial-di-era-pandemi/

Setiadi, N. J. (2010). Perilaku Konsumen. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Setiadi, N. J. (2015). Perilaku Konsumen. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Silalahi, U. (2012). Metode penelitian sosial. Bandung: Refika Aditama.

Sudaryo, Y., Sofiati, N.A., Medidjati, R.A., & Hadiana, A. (2019). Metode Penelitian Survei Online dengan Google Forms. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Walgito, B. (2003). Psikologi Sosial Suatu Pengantar. Yogyakarta: ANDI.

Wawan, A & Dewi, M. (2010). Teori dan Pengukuran Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Manusia. Yogyakarta : Nuha Medika.

Wijaya, B. K., (2011). Model Komunikasi Berasa dalam Komunikasi Pemasaran. Journal Communication Spectrum, Vol. 1, No.1.

Zacharis, J. C., & Bender, C. C. (1976). Speech Communication: A Rational Approach. New York: John Wiley & Sons.

Zuchdi, D. (1995). Pembentukan Sikap. Cakrawala Pendidikan Nomor 3. Retrieved from: media.neliti.com


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI