Analisis Isi Aktivitas Sharenting Yang Dilakukan Oleh Single Mothers di Instagram
(1) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk melihat gambaran umum mengenai aktivitas sharenting yang dilakukan oleh para single mothers di instagram. Instagram merupakan salah satu media sosial yang mengutamakan tampilan visual baik foto atau video. Pada penelitian ini melihat gambaran aktivitas sharenting yang diunggah di instagram @gisel_la dan @ayutingting92. Kedua public figure yang merupakan single mother tersebut sering mengunggah aktivitas sharentingnya di instagram pribadi mereka. Teori yang digunakan adalah Sharenting, Single Parent, Media Sosial, Instagram, dan Analisis Isi. Batas penelitian ini adalah konten instagram kedua akun public figure pada masa Work From Home di bulan Maret hingga Mei 2020. Hasil penelitian ini adalah para single mother Gisella dan Ayu lebih banyak menonjolkan sisi keindahan atau polish dan menunjukkan kebersamaan antara ibu dan anak yaitu intimate daripada melibatkan anaknya dalam aktivitas promotional.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anderson, J. (2019, December 18). The Unitended Consequences of Sharenting | Harvard Graduate School of Education. https://www.gse.harvard.edu/news/19/12/harvard-edcast-pitfalls-online- oversharing
Blum-Ross, A., & Livingstone, S. (2017). “Sharenting,” parent blogging, and the boundaries of the digital self. Popular Communication, 15(2), 110–125. https://doi.org/10.1080/15405702.2016.1223300
Choi, G. Y., & Lewallen, J. (2018). “Say Instagram, Kids!”: Examining Sharenting and Children’s Digital Representations on Instagram. Howard Journal of Communications, 29(2), 140–160. https://doi.org/10.1080/10646175.2017.1327380
Dampak Negatif Sharenting - Cantik Tempo.co. (2016, May 26). https://cantik.tempo.co/read/774294/dampak-negatif-sharenting/full&view=ok
Eriyanto. (2011). Analisis isi: Pengantar metodologi untuk penelitian ilmu komunikasi dan Ilmu-ilmu sosial lainnya. Kencana.
Holiday, S., Lewis, M. J., Nielsen, R., Anderson, H. D., & Elinzano, M. (2016). The Selfie Study: Archetypes and Motivations in Modern Self-Photography. Visual Communication Quarterly, 23(3), 175–187. https://doi.org/10.1080/15551393.2016.1223548
Holiday, S., Norman, M. S., & Densley, R. L. (2020). Sharenting and the extended self: self- representation in parents’ Instagram presentations of their children. Popular Communication, 00(00), 1–15. https://doi.org/10.1080/15405702.2020.1744610
Septalisma, B. (2018, November 21). Gading-Gisel di Ambang Cerai, Netizen Gaungkan #SaveGempi. https://www.cnnindonesia.com/hiburan/20181121130455-234-348081/gading-gisel-di-ambang- cerai-netizen-gaungkan-savegempi
Sharenting, Pamer Kebanggaan yang Patut Diwaspadai - Harianjogja.com. (n.d.). Retrieved October 14, 2020, from https://lifestyle.harianjogja.com/read/2018/09/10/508/938859/sharenting-pamer-kebanggaan-yang-patut-diwaspadai
Refbacks
- There are currently no refbacks.
TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI