Citra Tokopedia Pasca Tersandung “Data Pelanggan Bocor” dalam Kompas.com dan CNBC Indonesia

Melinda Melinda(1*), Felicia Goenawan(2), Astri Yogatama(3),


(1) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana penggambaran citra Tokopedia yang terdapat dalam pemberitaan media online Kompas.com dan CNBC Indonesia pasca tersandung kasus ”Data Pelanggan Bocor”. Peneliti menggunakan teori citra dengan indikator primary impression, familiarity, perception, dan position yang dicetuskan oleh Maria Vos (2006). Selain itu, terdapat variabel tambahan dalam penelitian ini yaitu; narasumber berita. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah deskriptif kuantitatif dengan metode analisis isi. Peneliti menganalisis citra Tokopedia dari dua media online dengan sampel Kompas.com sebanyak 38 berita dan CNBC Indonesia sebanyak 32 berita. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa elemen citra Tokopedia yang paling ditonjolkan oleh media online yaitu; citra familiarity, dimana menunjukan pengenalan media terhadap perusahaan. Elemen ini secara dominan yang digambarkan adalah orang-orang yang terlibat dalam produk dan jasa yaitu CEO serta Public Relations. Selain itu, sebagian besar pemberitaan di Kompas.com dan CNBC Indonesia di dominasi oleh narasumber eksternal perusahaan yaitu; pengamat profesional.


Keywords


Citra, Tokopedia, Kompas.com, CNBC Indonesia, Kasus “Data Pelanggan bocor”

Full Text:

PDF

References


Asep Syamsul M Romli, Jurnalistik Terapan (Jakarta: Erlangga 2006), 37

Cutlip, Scott M., Center, Allen H., Broom, Glen M. (1985). Effective Public Relations. New

Jersey: Prentice-Hall

Eriyanto. (2011). Analisis isi: pengantar metodologi untuk penelitian ilmu komunikasi dan ilmu-

ilmu sosial lainnya. Jakarta: Kencana.

Falahuddin, Sadam Husen. (2014). Strategi Public Relations Politik PKS dalam Reformulasi Citra Parta Jelang Pemilu 2014. Skripsi. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah

Franedya, R. (2020, May 7). 91 Juta Data Pengguna Bocor, Tokopedia Digugat Rp 100 M. Retrieved December 3, 2020, from https://www.cnbcindonesia.com/tech/20200507083340-37- 156876/91-juta-data-pengguna-bocor-tokopedia-digugat-rp-100-m

Krippendorff, Klaus. (2004). Content Analysis: An Introduction to Its Methodology. USA: Sage Publications.

Kriyantono, Rachmat. (2014). Teori public relations perspektif barat dan lokal: Aplikasi penelitian dan praktik. Jakarta: Kencana Predana Media Group.

Makki, S. (2020, May 6). 13 Juta Akun Dijual, Bukalapak Sebut Tak Ada Data Baru Bocor. Retrieved December 3, 2020, from https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20200506090709-185-500536/13-juta-akun- dijual-bukalapak-sebut-tak-ada-data-baru-bocor

Nova, Firsan. (2009). Crisis public Relations. Jakarta: PT Grasindo.

Nugraha, Aryan Eka Prastya, Novika Wahyuhastuti. (2017). START UP DIGITAN BUSINESS: SEBAGAI SOLUSI PENGGERAK WIRAUSAHA MUDA. Semarang Universitas PGRI

Pertiwi, W. K. (2020, May 2). Data 15 Juta Pengguna Diduga Bocor, Tokopedia Sebut Ada Upaya Pencurian. Retrieved December 3, 2020, from https://tekno.kompas.com/read/2020/05/02/22060847/data-15-juta-pengguna-diduga- bocor-tokopedia-sebut-ada-upaya-pencurian

Regester, Michael, and Judy Larkin. (2008). Risk issue and crisis management in public relations. London: Kogan Page Limited

Rumanti, Maria Assumpta. 2002. Dasar-Dasar Public Relations Teori dan Praktik. Edisi Pertama. Jakarta: PT. Grasindo

Sigit, Paulina. (2012). Citra Telkomsel, Indosat, dan XL Axiata dalam Jawa Pos, Surya, dan Kompas Pasca Kasus Pencurian Pulsa. Surabaya: Universitas Kristen Petra

Stephanie, C. (2020, July 5). Bocoran Data 91 Juta Pengguna Tokopedia Beredar lewat Link di Facebook Halaman all - Kompas.com. Retrieved December 3, 2020, from https://tekno.kompas.com/read/2020/07/05/20350087/bocoran-data-91-juta-pengguna- tokopedia-beredar-lewat-link-di-facebook?page=all

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Vos, Marita & Schoemaker, Hennie. 2006. Monitoring Public Perception of Organisations. Den Haag: Burolamp. 82-84.

Wulandari, Saras. (2019). Citra Perusahaan Tokopedia Pasca Pemberitaan “Flash Sale” di Media Online Detik.com. Skripsi. Bandung: Universitas Komputer Indonesia


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI