Citra Pemerintah Provinsi Jawa Timur Pasca Penerapan PSBB Surabaya Raya Di Mata Masyarakat Surabaya Raya
(1) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author
Abstract
Citra organisasi diartikan sebagai suatu gambaran dari individu atas sosok keberadaan kebijakan dari suatu organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui deskripsi ci tra Pemerintah Provinsi Jawa Timur pasca penerapan PSBB Surabaya Raya di mata masyarakat Surabaya Raya. Pengukuran citra dilakukan berdasarkan enam indikator pembentukan citra yaitu Dynamic, Cooperative, Business, Character, Successful, Withdrawn. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan metode survei online, sehingga pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner secara online. Metode pengolahan data dilakukan dengan menguji validitas,reliabilitas,danfrekuensi.Teknikanalisis data dilakukandengananalisisstatistik deskriptif dan tabulasi silang (crosstab). Dari hasil penelitian, diperoleh hasil bahwa gambarancitra Pemerintah Provinsi Jawa Timur pasca penerapan PSBB Surabaya Raya di mata masyarakat Surabaya Raya adalah positif. Berdasarkan indikatornya, indikator dengan nilai citra tertinggi adalah indikator Successful dengan nilai 4.08 dan yang terendah adalah indikator Cooperative dengan nilai 3.16. Untuk indikator lainnya yaitu Dynamic memperoleh nilai 4.05, Business dan Character masing – masing memperoleh nilai 3.92, Withdrawn dengan nilai 3.86.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adler,RonaldB.(1991). Understandinghumancommunications.UnitedStatesofAmerica: Harcourt Brave Javanovich, Inc.
Ardianto,Elvaniro. (2004). PublicRelations.Bandung:Simbiosa Rekatama Media. Benoit,William. (1995). Accounts,Excuses,andApologies,ATheoryofImageRestoration
Strategies.New York: State University Of New York Pers.
BNPB Covid-19. (2020). StatistikPerkembanganCovid-19Indonesia.Retrieved July 14, 2020, from: https://bnpb- inacovid19.hub.arcgis.com/datasets/statistik- perkembangan-covid-19- Indonesia
Effendy, OnongUchjana. (2007). Ilmu komunikasiteoridanpraktek.Bandung:PT Remaja Rosdakarya.
Fill, Chris. (1999). MarketingCommunicationsContext,Contents,andStrategies.Spain: Grafos S.A.
Gassing,SyarifuddinS,&Suryanto.(2016). Publicrelation.Bandung:AndiOffset.
Jefkins, Frank. (2003). Public Relations Edisi Kelima. Jakarta: PT. Gelora Aksara Pratama.
Jefkins, Frank. (2005). Public relations bisnis E+R. Jakarta: Erlangga
Kriyantono,R. (2008). TeknikPraktisRisetKomunikasi.Jakarta:KencanaPredanadaMedia Group.
Notoatmodjo, S. (2007). Promosi kesehatandanilmuperilaku.Jakarta: Rineka Cipta
Nurjaman, Kadar dan Umam Khaerul. 2012. Komunikasi dan Public Relation. Bandung: Pustaka
Setia.
Ritzer, George. (2008). Teori Sosiologi Edisi Terbaru (Dari Teori Sosiologi Klasik Sampai PerkembanganMutakhirTeoriSosialPostmodern).Yogyakarta: Kreasi Wacana Yogyakarta.
Singarimbun, M. & Effendi, S. (2008). Metode Penelitian Survai. Jakarta: Pustaka LP3ES Indonesia.
Siswanto,Sutojo.(2004). MembangunCitraPerusahaan.Jakarta:DamarMuliaPustaka. Soemirat, S., Ardianto, E. (2007). Dasar – Dasar Public Relations. Bandung: PT. Remaja
Rosdakarya.
Sugiyono.(2013). MetodePenelitianKuantitatif,Kualitatif,danKombinasi(mixed method). Bandung: CV Alfabeta.
Suharman. (2005). PsikologiKognitif.Surabaya:Srikandi.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI