Citra Pemerintah Provinsi Jawa Timur Pasca Penerapan PSBB Surabaya Raya Di Mata Masyarakat Surabaya Raya

Kelvin Kurniawan, Otto Bambang Wahyudi, Titi Nur Vidyarini

Abstract


Citra organisasi diartikan sebagai suatu gambaran dari individu atas sosok keberadaan kebijakan dari suatu organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui deskripsi ci tra Pemerintah Provinsi Jawa Timur pasca penerapan PSBB Surabaya Raya di mata masyarakat Surabaya Raya. Pengukuran citra dilakukan berdasarkan enam indikator pembentukan citra yaitu Dynamic, Cooperative, Business, Character, Successful, Withdrawn. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan metode survei online, sehingga pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner secara online. Metode pengolahan data dilakukan dengan menguji validitas,reliabilitas,danfrekuensi.Teknikanalisis data dilakukandengananalisisstatistik deskriptif dan tabulasi silang (crosstab). Dari hasil penelitian, diperoleh hasil bahwa gambarancitra Pemerintah Provinsi Jawa Timur pasca penerapan PSBB Surabaya Raya di mata masyarakat Surabaya Raya adalah positif. Berdasarkan indikatornya, indikator dengan nilai citra tertinggi adalah indikator Successful dengan nilai 4.08 dan yang terendah adalah indikator Cooperative dengan nilai 3.16. Untuk indikator lainnya yaitu Dynamic memperoleh nilai 4.05, Business dan Character masing – masing memperoleh nilai 3.92, Withdrawn dengan nilai 3.86.


Keywords


Citra organisasi, Pemerintah Provinsi Jawa Timur, PSBB Surabaya Raya

Full Text:

PDF

References


Adler,RonaldB.(1991). Understandinghumancommunications.UnitedStatesofAmerica: Harcourt Brave Javanovich, Inc.

Ardianto,Elvaniro. (2004). PublicRelations.Bandung:Simbiosa Rekatama Media. Benoit,William. (1995). Accounts,Excuses,andApologies,ATheoryofImageRestoration

Strategies.New York: State University Of New York Pers.

BNPB Covid-19. (2020). StatistikPerkembanganCovid-19Indonesia.Retrieved July 14, 2020, from: https://bnpb- inacovid19.hub.arcgis.com/datasets/statistik- perkembangan-covid-19- Indonesia

Effendy, OnongUchjana. (2007). Ilmu komunikasiteoridanpraktek.Bandung:PT Remaja Rosdakarya.

Fill, Chris. (1999). MarketingCommunicationsContext,Contents,andStrategies.Spain: Grafos S.A.

Gassing,SyarifuddinS,&Suryanto.(2016). Publicrelation.Bandung:AndiOffset.

Jefkins, Frank. (2003). Public Relations Edisi Kelima. Jakarta: PT. Gelora Aksara Pratama.

Jefkins, Frank. (2005). Public relations bisnis E+R. Jakarta: Erlangga

Kriyantono,R. (2008). TeknikPraktisRisetKomunikasi.Jakarta:KencanaPredanadaMedia Group.

Notoatmodjo, S. (2007). Promosi kesehatandanilmuperilaku.Jakarta: Rineka Cipta

Nurjaman, Kadar dan Umam Khaerul. 2012. Komunikasi dan Public Relation. Bandung: Pustaka

Setia.

Ritzer, George. (2008). Teori Sosiologi Edisi Terbaru (Dari Teori Sosiologi Klasik Sampai PerkembanganMutakhirTeoriSosialPostmodern).Yogyakarta: Kreasi Wacana Yogyakarta.

Singarimbun, M. & Effendi, S. (2008). Metode Penelitian Survai. Jakarta: Pustaka LP3ES Indonesia.

Siswanto,Sutojo.(2004). MembangunCitraPerusahaan.Jakarta:DamarMuliaPustaka. Soemirat, S., Ardianto, E. (2007). Dasar – Dasar Public Relations. Bandung: PT. Remaja

Rosdakarya.

Sugiyono.(2013). MetodePenelitianKuantitatif,Kualitatif,danKombinasi(mixed method). Bandung: CV Alfabeta.

Suharman. (2005). PsikologiKognitif.Surabaya:Srikandi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI