Sikap Followers terhadap Pesan Iklan Halal Sushi Tei Indonesia di Instagram

Stephanie Oktavia, Judy Djoko Wahjono Tjahjo, Felicia Goenawan

Abstract


Sushi Tei Indonesia sebagai brand penyedia makanan dan minuman Jepang diisukan tidak halal pada Agustus 2015. Di tahun 2019, Sushi Tei Indonesia menerima sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan mengomunikasikannya melalui pesan iklan Instagram. Pesan iklan turut berperan dalam menentukan penilaian seseorang terhadap iklan yang akhirnya membentuk sikap. Pesan iklan dapat dilihat dari empat elemen, yakni isi pesan, struktur pesan, format pesan, dan sumber pesan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap followers terhadap pesan iklan halal Sushi Tei Indonesia di Instagram. Sikap terdiri komponen kognitif, afektif, dan konatif. Penelitian ini memilih followers Instagram berusia 18 hingga 60 tahun dan pernah melihat iklan halal Sushi Tei Indonesia di Instagram sebagai responden. Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan metode e-survey dalam mengumpulkan data dan menyebarkan pada 100 responden. Temuan penelitian ini adalah bahwa sikap followers @sushiteiindonesia terhadap pesan iklan halal Sushi Tei Indonesia di Instagram positif, termasuk pada komponen kognitif, afektif, maupun konatif.


Keywords


Sikap, Followers, Pesan Iklan, Sushi Tei Indonesia, Instagram.

Full Text:

PDF

References


Alhabash, S., Mundel, J., dan Hussain, S.A. (2017). Digital Advertising : Theory and Research (3rd ed.). New York and London : Routledge Taylor & Francis Group.

Amin, A. (2015, August 11). Pengakuan Karyawan ini Kejutkan Pelanggan, Sushi Tei tidak Halal. Retrieved August 7, 2020, from https://m.merdeka.com/peristiwa/pengakuan- karyawan-ini-kejutkan-pelanggan-sushi-tei-tidak-halal.html

Azwar, S. (2011). Metode Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

----------. (2013). Sikap Manusia : Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Conway, M. & Thomas, S. (2003). Using Electronic Surveys. United States of America: ASTD.

Durianto, D.S., Widjaja, A.W., & Supratikno, H. (2003). Invasi pasar dengan iklan yang efektif : Strategi, Program, dan Teknik Pengukuran. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

Effendy, O.U. (2003). Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung : Citra Aditya Baktu. Fill, C. & Hughes, G. (2005). The Official CIM COURSEBOOK. United Kingdom: Elseiver. Hurlock, E.B. (2004). Developmental Psychology. Jakarta : Erlangga.

Kartajaya, H. (2003). Marketing in Venus. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Kemp, S. (2020, February 18). Digital 2020 : Indonesia. Retrieved August 25, 2020, from https://datareportal.com/reports/digital-2020-indonesia

Kotler, P. (2003). Marketing Management (11th ed.). Upper Saddle River : Prentice Hall. Kotler, P. & Keller, K.L. (2015). Marketing Management (15th ed.). United States of America :

Pearson.

Lee, M. & Carla, J. (2007). Prinsip-Prinsip Periklanan dalam Perspektif Global Cetakan Kedua. Jakarta : Pernada Media.

Morissan. (2015). Teori Komunikasi : Individu Hingga Massa (1st ed.). Jakarta : Prenadamedia Group.

Mutiah, D. (2019, May17). Sushi Tei Indonesia dapat Sertifikasi Halal MUI Setelah 16 tahun Beroperasi. Retrieved August 7, 2020, from https://m.liputan6.com/lifestyle/read/3968534/sushi-tei-indonesia-dapat-sertifikat-halal-mui- setelah-16-tahun-beroperasi

Nasrullah, R. (2018). Komunikasi Antarbudaya Di Era Budaya Siber (3rd ed.). Jakarta : Kencana.

Rakhmat, J. (2005). Psikologi Komunikasi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Rezkisari, I. (2015, November 24). Sushi Tei akan Sajikan Produk Sesuai Standar Halal. Retrieved August 7, 2020, from https://republika.co.id/berita/nyaq5k328/sushi-tei-akan- sajikan-produk-sesuai-standar

Ritonga, J. (2005). Riset Kehumasan. Jakarta : PT Grasindo.

Ruslan, R. (2007). Manajemen Public Relaitons & Media Komunikasi : Konsepsi dan Aplikasi.

Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Shimp, T. (2003). Periklanan Promosi. Jakarta : Erlangga.

Sugiarto, M. (2018). Instagram Marketing. Jakarta : PT Pengembang Lintas Pengetahuan. Sulaksana, U. (2003). Integrated Marketing Communications. Yogyakarta : Pustaka Belajar. Syam, N.W. & Sugiana, D. (2004). Perencanaan Pesan dan Media. Jakarta : Univeritas Terbuka.

Wells, William, Sandra & John, B. (2003). Advertising Principles and Practice (5th ed.). New Jersey : Prentice Hall.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI