Strategi Impression Management Erick Thohir sebagai Menteri BUMN melalui Akun Instagram @Erickthohir

Theresia Ariyani Hariyono, Gatut Priyowidodo, Titi Nur Vidyarini

Abstract


Impression management atau manajemen kesan merupakan sebuah upaya yang dilakukan oleh individu untuk mendapatkan kesan yang diharapkan dirinya di mata publik. Setiap individu menginginkan dirinya memiliki kesan positif dan baik di mata setiap orang, termasuk Erick Thohir sebagai Menteri BUMN. Sangat penting bagi Erick Thohir melakukan strategi impression management untuk menciptakan kesan baik di mata publik terlebih karena jabatan sebagai Menteri BUMN yang masih baru saja dilantik serta namanya diterpa isu keterlibatan dalam kasus Jiwasraya dan isu titipan jabatan di Kementerian BUMN. Dalam penelitian ini, peneliti ingin melihat rumusan masalah bagaimana strategi impression management Erick Thohir sebagai Menteri BUMN melalui Akun Instagram @Erickthohir selama periode waktu 23 Oktober 2019 hingga 31 Agustus 2020. Peneliti melakukan coding terhadap pesan verbal baik di postingan berupa foto, video, dan caption yang berkaitan dengan kinerja serta aktivitas Erick Thohir sebagai Menteri BUMN, sebanyak 165 postingan. Penelitian ini menggunakan metode analisis isi kuantitatif deskriptif dengan menggunakan strategi impression management dari Jones & Pittman (1982), yaitu : ingratiation, intimidation, self promotion, exemplification, dan supplication. Hasil dan temuan peneliti pada penelitian ini adalah strategi yang lebih sering digunakan Erick Thohir sebagai Menteri BUMN dalam akun Instagram @Erickthohir adalah self promotion, dimana dirinya yang belum satu tahun menjabat sebagai Menteri BUMN menginginkan dirinya dikenal sebagai sosok dengan banyak prestasi. Strategi ini ditunjukkan secara dominan melalui sub indikator mengungkapkan kompetensi yang telah dilakukan.


Keywords


Strategi Impression Management, Political Public Relations, Political Leadership, Erick Thohir, Instagram.

Full Text:

PDF

References


Afriyadi, A. D. (2020). Ada Kabar Bakal Digulingkan Lewat Jiwasraya , Ini Respons Erick. Detik.com. Retrieved November 15, 2020 from : https://finance.detik.com/moneter/d- 4876328/ada-kabar-bakal-digulingkan-lewatjiwasraya-ini-respons-erick-thohir

Alfiyah, E., & Jannah, R. (2014). Analisis Manajemen Kesan Pengguna Facebook (Analysis of Impression Management of Facebook Users). Jurnal e-Sospol, Vol 1(I), 67–80. Retrieved from https://jurnal.unej.ac.id/index.php/ESOS/article/download/5344/4033

Annafidin, M. A., Damayanti, T., & Padjadjaran, U. (2017). Strategi Impression Management Pinilih Mojang 2014-2015 dalam Merepresentasikan Kota Bandung. Jurnal Ilmiah Ilmu Hubungan Masyarakat Vol 1(2), 91–100. Universitas Padjajaran. Retrieved from http://jurnal.unpad.ac.id/profesihumas/article/view/9363

Ardianto, E. (2010). Metode Penelitian untuk Public Relations. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Chionardes, C. A. (2019). Strategi Impression Management Grace Natalie sebagai Ketua Partai Politik melalui Akun Instagram @Gracenat. 119–120. (Skripsi. Universitas Kristen Petra. 2019). Retrieved July, 17 2020 from https://dewey.petra.ac.id/catalog/digital/detail?id=44723

CNN Indonesia. (2019). Kursi Petinggi BUMN Titipan?. CNN Indonesia. Retrieved September 6, 2020 from https://www.cnnindonesia.com/tv/20200726000820-410- 528965/video-kursi- petinggi-bumn-titipan--1-4-

Doorley, J., & Garcia, H. (2006). Reputation Management. London : Routledge. E-book. Retrieved from https://b-ok.asia/book/1002221/c7e870

Eriyanto. (2013). Analisis Isi: Sebuah Pengantar Metodologi yang Mendalam dan Kaya dengan Contoh. II(3), 63–65. E-book. Retrieved from http://journal.ui.ac.id/index.php/jkmi/article/view/7832/3899

Ferry, S. (2019). Ini Kronologis Jiwasraya Beli Saham Perusahaan Erick Thohir. CNBC Indonesia. Retrieved September 15, 2020 from : https://www.cnbcindonesia.com/market/20191227140417-17-126040/inikronologis- jiwasraya-beli-saham-perusahaan-erick-thohir

Goffman, E. (1959). The Presentation of Self in Everyday Life. London : University of Edinburgh Heath, R. (2013). Encyclopedia of Public Relations. USA : Sage Publication. E-book. Retrieved

from https://b-ok.asia/book/2615870/b387e5

Ishak, A. (2012). Peran Public Relations dalam Komunikasi Organisasi. Jurnal Komunikasi, Vol 1(4), 373–380. Retrieved from : http://jurnalaspikom.org/index.php/aspikom/article/download/38/38

Jones, E., & Pittman, T. (1982). Toward a general theory of strategic self presentation. (Vol. 1, pp. 231-262). Hillsdale, NJ: Lawrence Erlbaum Associates. Retrieved from : http://web.mit.edu/search/?q=Toward+a+general+theory+of+strategic+self+prese ntation#gsc.tab=0&gsc.q=Toward%20a%20general%20theory%20of%20strategic %20self%20presentation&gsc.page=1

Juniarti, G., Indainanto, Y. I., & Augustine, P. Y. (2019). Stategi Joko Widodo Membentuk MAanajemen Kesan di Instagram menjelang Pilpres 2019. Jurnal Ilmu Komunikasi, Vol 7(2), 116–132. Universitas Diponegoro. Retrieved from https://ejournal.undip.ac.id/index.php/interaksi

Kriyantono, R. (2014). Teori Public Relations Perspektif Barat & Lokal: Aplikasi Penelitian danPraktik. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. E-book : Retrieved from : https://play.google.com/books/reader?id=IVNDwAAQBAJ&hl=en&pg=GBS.PA 11

Kusuma, Y. P. (2017). Mengubah Wajah Parlemen Indonesia Melalui Strategi Pencitraan Positif Para Aktor Politik : Kajian Komunikasi Politik. Jurnal Komunikasi Politik, Vol 1(2), 135–148. Universitas Muhammadiyah Tangerang. Retrieved from : http://jurnal.umt.ac.id/index.php/nyimak/article/view/479

Kusumawati, T. R. I. I. (2016). Komunikasi Verbal dan Nonverbal. Jurnal Komunikasi, Vol 6(2). 84-87. UIN Sumatera Utara. Retrieved from http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/alirsyad/article/downloadSuppFile/6618/999.

Mulyana, D. (2003). Metode Penelitian Kualitatif : Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Neuman, W. L. (2013). Metodologi Penelitian Sosial: Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jakarta: PT Indeks.

Nimmo, D. (1989). Komunikasi Politik : Komunikator, Pesan dan Media. Bandung : CV. Remadja Rosda Karya.

Nurmala, R., Maulana, S., Prasetio, A. (2016). Komunikasi Verbal dan Nonverbal dalam Proses Kegiatan Belajar Mengajar (Studi Kasus pada Kegiatan Belajar Mengajar di Rumah Bintang Gang Nangkasuni, Wastukencana Bandung ). EProceeding of Management, Vol 3(1), 802– 809. Universitas Telkom. Retrieved from : https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/pustaka/files/107361/jurnal_eproc/komunikasi- verbal-dan-nonverbal-dalam-proses-kegiatan-belajar-mengajar-studikasus-pada-proses kegiatan-belajar-mengajar-di-rumah-bintang-gang-nangkasuniwastukencana-bandung.pdf

Paliszkiewicz, J. Sawicka, M. (2015). Impression Management in Social Media: The Example of LinkedIn. Jurnal Manajemen, Vol. 11(3) 203 – 212. Retrieved from http://www.fm- kp.si/zalozba/ISSN/1854- 4231/11_203-212.pdf

Putri, E. (2013). Aplikasi Instagram sebagai Media Komunikasi Pemasaran Online Shop. (Skripsi, UPN Veteran Jawa Timur, 2013). Retrieved from : http://eprints.upnjatim.ac.id/5020/1/file1.pdf.

Putri, Z. (2018). Soal Erick Thohir, Berkarya : Dia Jago di Asian Games, Tapi ini Politik. Detik.com. Retrieved November 24, 2020 from: https://news.detik.com/berita/d- 4203593/soal-erick-thohir-berkarya-dia-jago-diasian-games-tapi-ini-politik

Strömbäck, J., & Kiousis, S. (2011). Political Public Relations. London : Routledge. E-book. Retrieved from https://book.asia/s/political%20public%20relations

Sukmana, Y. (2019). Terima Jabatan Menteri, Erick Thohir Berhenti Total dari Bisnis. Kompas.com. Retrieved Oktober 9, 2020 from : https://money.kompas.com/read/2019/10/21/140200726/terima-jabatan-menterierick-thohir- berhenti-total-dari-bisnis

Utami, G. S. (2018). Instagram as Communication Medium of Counterfeit Brands Trading. Undergraduate Thesis. President University, Bekasi. Retrieved from http://repository.president.ac.id/xmlui/handle/123456789/649


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI