Studi Komparatif: Brand Identity Innisfree dan Nature Republic dalam Video Iklan

Christabel Nathania(1*), Judy Djoko Wahjono Tjahjo(2), Felicia Goenawan(3),


(1) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini untuk melihat bagaimana perbandingan penyampaian pesan brand identity dalam video iklan 2 brand yang sama- sama menjual produk kecantikan dengan bahan dasar alami. Video iklan mereka diunggah di channel YouTube resmi brand tersebut. Marketing communication merupakan kegiatan yang dibutuhkan perusahaan agar dapat mempromosikan produk maupun jasa yang mereka jual, serta membentuk image perusahaan di mata khalayak. Salah satu jenis marketing communication yang dilakukan oleh perusahaan untuk mencapai hal tersebut yaitu melalui iklan (advertising). Video iklan menggabungkan elemen visual dan audio di dalamnya. Sebuah perusahaan/brand memerlukan brand identity. Brand identity berperan sebagai identitas bagi perusahaan, yang mana menjadi faktor pembeda dengan kompetitor yang lain. Perbandingan penyampaian pesan brand identity dilihat melalui metode analisis isi kuantitatif pada video iklan kedua brand yang diunggah di channel YouTube resmi mereka. Dalam penelitian ini, ditemukan bahwa saat diimplementasikan ke dalam video iklan, brand identity masing- masing brand belum menunjukkan perbedaan yang signifikan. Bahkan baik Innisfree maupun Nature Republic sama- sama mengabaikan elemen penting dalam brand identity mereka seperti nama brand, logo, dan tagline.


Keywords


Brand Identity, Elemen Iklan, Video Iklan, Marketing Public Relations, Analisis Isi

Full Text:

PDF

References


Bella, A. (2018, Juli 30). Dibalik Kesuksesan Merek Kecantikan Korea. Retrieved from https://marketeers.com/di-balik-kesuksesan-merek-kecantikan-korea/

Berlo, D. K. (1960). The process of communication; an introduction to theory and practice. USA: Holt, Rinehart

Citra, A. (2017, Maret 24). Innisfree Akhirnya Buka Gerai Pertama di Indonesia. Retrieved from https://republika.co.id/berita/onawu4328/innisfree-akhirnya-buka-gerai-pertama-di- indonesia

Clow, K. E., Baack, D. (2017). Integrated Advertising, Promotion, and Marketing Communications, 8th edition, Global Edition. England: Pearson Education.

Demam Hallyu Wave, Produk Kecantikan Asia Kini Mendunia. (2019, April 16). Retrieved from https://lifestyle.okezone.com/read/2019/04/16/611/2044265/demam-hallyu-wave-produk- kecantikan-asia-kini-mendunia

Fishman, E. (2016, Juli 5). How Long Should Your Next Video Be?. Retrieved from https://wistia.com/learn/marketing/optimal-video-length

Hazami, A. (2019, Maret 18). Pentingnya konsistensi dan Kreativitas Buat Youtuber. Retrieved from https://inet.detik.com/cyberlife/d-4473034/pentingnya-konsistensi-dan-kreativitas-buat- youtuber

Kemp, S. (2020, Februari 18). Digital 2020: Indonesia. Retrieved from https://datareportal.com/reports/digital-2020-indonesia

Kotler, P., Armstrong, G. (2016). Principles of Marketing, 16th edition, Global Edition. England: Pearson Education.

Kotler, P., Keller, K. L. (2016). Marketing Management, 15th edition. USA: Pearson Education. Landa, R. (2010). Advertising by Design: Generating and Designing Creative Ideas across Media,

nd edition. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.

Lestari, R. (2019, Agustus 7). Penonton TV Menurun, 47 Persen Rumah di Inggris Berlangganan Layanan Streaming. Retrieved from https://lifestyle.bisnis.com/read/20190807/254/1133706/penonton-tv-menurun-47-persen- rumah-di-inggris-berlangganan-layanan-streaming

Moriarty, S., Mitchell, N., Wells, W. (2015). Advertising & IMC: Principles & Practices 10th, Global Edition. England: Pearson Education.

Nurridha, L. (2018, Januari 20). Nature Republic Buka Gerai Pertamanya di Indonesia. Retrieved from https://kumparan.com/kumparanstyle/nature-republic-buka-gerai-pertamanya-di- indonesia/full

Percy, L., Rossiter, J. R. (1987). Advertising and Promotion Management. USA: McGraw-Hill.

Kardes, F., Cloney, M., Cline, T. (2010). Consumer Behavior. USA: Cengage Learning

Kelley, L. D., Jugenheimer, D. W., Sheehan, K. B. (2015). Advertising Media Planning: A Brand Management Approach. USA: RoutledgePraditya,

Scott, D. M. (2011). The New Rules of Marketing & PR: How to Use Social Media, Online Video, Mobile Applications, Blogs, News Releases, and Viral Marketing to Reach Buyers Directly. Canada: John

Slemmons, K., Anyanwu, K., Hames, J., Grabski, D., Mlsna, J., Simkins, E., Cook, P., (2018). The Impact of Video Length on Learning in a Middle-Level Flipped Science Setting: Implications for Diversity Inclusion. Journal of Science Education and Technology, 27(2).

SmartInsight. (2020, Januari 14). Video Marketing Trends 2020. Retrieved from https://www.smartinsights.com/digital-marketing-platforms/video-marketing/video- marketing-trends-2020/

SuaraMerdeka.com. (2019, Februari 16). Ketika Youtube Menggeser Televisi. Retrieved from https://www.suaramerdeka.com/smcetak/baca/168060/ketika-youtube-menggeser-televisi

Wheeler, A. (2012). Designing Brand Identity: An Essential Guide for the Whole Branding Team 4th edition. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.

Wilcox, D. L., Cameron, G. T., Reber, B. H. (2014). Public Relations: Strategies and Tactics, Global Edition. England: Pearson Education.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI