Analisis Isi Brand Identity Grab Dalam Episode Iklan #KitaVSCorona Di YouTube

Jocelin Alice Agape(1*), Chory Angela Wijayanti(2), Felicia Goenawan(3),


(1) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Pada bulan Maret 2020, seluruh dunia termasuk Indonesia mengalami pandemi coronavirus atau Covid-19. Presiden Joko Widodo menginstruksikan pada masyarakat Indonesia untuk bekerja, belajar dan beribadah di rumah. Hal ini membuat masyarakat tidak banyak berpergian. Untuk itu, Grab membuat kampanye berupa video episode iklan di YouTube dengan judul #KitaVSCorona. Yaitu upaya Grab Indonesia untuk melawan Covid-19 serta mencegah penularan pada karyawan, mitra, dan pengguna aplikasi.

Metode penelitian ini menggunakan analisis isi. Tujuannya untuk mengetahui elemen brand identity yang ditampilkan melalui elemen iklan di dalam episode #KitaVSCorona. Pengumpulan data tersebut dilakukan dengan cara mengkoding setiap iklan dalam episode #KitaVSCorona di YouTube. Dari hasil penelitian, ditemukan bahwa elemen brand identity yang paling banyak ditampilkan melalui elemen iklan adalah, elemen nama melalui elemen seen words dan elemen warna melalui elemen picture dan color. Sedangkan elemen brand identity yang paling sedikit dimunculkan melalui elemen iklan adalah, elemen tagline melalui elemen heard words.


Keywords


Brand Identity, Iklan Youtube, Elemen Brand Identity, Elemen Iklan, Analisis Isi.

Full Text:

PDF

References


Bayu, Dimas Jarot. (2020). Grab dan Gojek, Layanan Transportasi Online Paling Populer di Masyarakat. Retrieved from https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/11/11/grab- dan-gojek-layanan-transportasi-online-paling-sering-digunakan-masyarakat

Bernoff, Josh dan Charlene Li. (2011). Groundswell; winning in a world transformed by social technologies. Forrester Research. USA.

Coleman, Andrew. (2006). Dictionary of Psychology (Second Edition). Oxford University Press. p. 688.

Damaledo, Y. D. (2020). Grab Perkuat Langkah Perangi COVID-19 dengan Gerakan KitaVSCorona. Retrieved from https://tirto.id/eFYl.

Ilmiyah, S. (2020). Surotul Ilmiyah — Upaya PBNU Mencegah Penyebaran COVID-19. Retrieved from https://youtu.be/rYlypLWR3Qw.

Kardes, Frank, R. (2001). Consumer Behaviour, New York: MacMillan Publishing Company. Kotler, Philip; Armstrong, Garry. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran, Jilid 1, Erlangga, Jakarta. Kotler dan Keller. (2012). Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jakarta: Erlangga

Landa, Robin. (2006). Designing Brand Experiences. Thomson Delmar Learning.

Nurrofiq, M. (2012). Pengertian Periklanan/Promosi (Advertising). Retrieved from http://www.diwarta.com/2012/04/05/pengertian-periklanan-promosiadverti sing.html.

Riyanto, Andy Dwi. (2020). Hootsuite (We are Social): Indonesian Digital Report 2020. Retrieved from https://andi.link/hootsuite-we-are-social-indonesian-digital-report-2020.

Rossiter, John R., & Larry Percy. (2011). Advertising and Promotion Management. New York : McGraw-Hill International Book Co.

Schiffman dan Lazar Kanuk. (2007). Customer Behavior. Internasional Edition, Prentice Hall.

Sora, N. (2015). ”Pengertian penjualan dan pemasaran” [online], Retrieved from http://www.pengertianku.net/2014/08/pengertian-penjualan-danpemasaran -artikel- lengkap.html


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI