Representasi Peran Gender Dalam Video Musik Taylor Swift The Man

Yohana Alexandra(1*), Chory Angela Wijayanti(2), Megawati Wahjudianata(3),


(1) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) 
(3) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Fenomena mengenai bagaimana perempuan masih sulit untuk mencapai posisi penting karena diidentikkan dengan peran gender feminin, masih ada di zaman modern ini. Video musik The Man merupakan video musik asal Amerika Serikat yang bertemakan women empowerment namun dengan menggunakan pria sebagai tokoh utama. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana penggambaran peran gender dalam video musik The Man. Metode yang digunakan adalah semiotika John Fiske yang terbagi menjadi 3 level, yaitu: level realitas, level representasi, dan level ideologi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif guna mendeskripsikan tanda dan lambang yang ada dalam video musik The Man.

Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menemukan bahwa peran gender yang muncul mengarah pada kombinasi antara peran gender tradisional dan masa kini, di mana tokoh laki-laki selain berperan di sektor publik juga mampu untuk berperan dalam sektor domestik. Sedangkan tokoh perempuan mampu berperan di sektor publik namun masih memiliki sifat yang mengarah pada peran gender feminin. Ideologi yang ditemukan dalam penelitian ini adalah patriarki, dan feminisme


Keywords


Representasi, Peran Gender, Video Musik, Semiotika.

Full Text:

PDF

References


Anselmi, D. L., & Law, A. L. (1998). Questions of gender: Perspectives and paradoxes. London: McGraw-Hill.

Eagly, A. H. (1987). Sex differences in social behavior: A social-role interpretation. Hillsdale: Lawrence Erlbaum Associates, Inc.

Fiske, J. (1987). Television culture. London: Routledge.

Fiske, J. (2004). Cultural and communication studies. Yogyakarta: Jalasutra.

Hadi, I. P. (2017). Bahan ajar metode penelitian sosial. Universitas Kristen Petra, Surabaya.

Hall, S. (2003). Representation cultural representations and signifying practice. California: Sage Publication.

Harris, I. M. (1995). Messages men hear: Constructing masculinities. Bristol: Taylor & Francis Inc.

Jain, D., & Moser, C. O. N. (1993). Gender planning and development: Theory, practice and training. Feminist Review, (49), 117-119. DOI: 10.2307/1395333

Lie, S. (2005). Pembebasan tubuh perempuan (Gugatan etis simone de beauvoir terhadap budaya patriarki). Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Lindsey, L. L. (2016). Gender roles: A sociological perspective. New York: Routledge.

Rokhmansyah, A. (2016). Pengantar gender dan feminisme: Pemahaman awal kritik sastra feminisme. Yogyakarta: Garudhawaca.

Setiawan, M. P. (2019). Representasi peran gender dalam film the incredibles 2. (Thesis). Universitas Kristen Petra. Retrieved from https://dewey.petra.ac.id/catalog/digital/detail?id=45912.

Sobur, A. (2006). Semiotika komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Stokes, J. (2003). How to do media and cultural studies panduan untuk melaksanakan penelitian dalam kajian media dan budaya. Yogyakarta: Bentang.

Wall, T. (2003). Studying popular music culture. New York: Oxford University Press.

Wallis, C. (2011). Performing gender: A content analysis of gender display in music videos. Sex Roles, 64 (3), 160-172. DOI: 10.1007/s11199-010-9814-2.

Widyawati, A. (2017). Representasi peran gender dalam film india (Analisis semiotika roland barthes pada tokoh kabir dalam film Ki and Ka (2016)). (Thesis). Universitas Brawijaya. Retrieved from http://repository.ub.ac.id/1083/.

Sumber dari Artikel Internet:

Catalyst. (2020, Agustus 11). Women in management: Quick take. Retrieved from https://www.catalyst.org/research/women-in-management/.

Ciri-ciri atasan pasif agresif. (2012, September 5). Kompas.com. Retrieved from https://regional.kompas.com/read/2012/09/05/16225262/~Karir~Dunia%20Kerj.

Cosmopolitan. (n.d). Fenomena ayah rumah tangga meningkat. Retrieved from https://cosmopolitanfm.com/fenomena-ayah-rumah-tangga-meningkat/.

Desilver, D. (2013, December 11). Who’s the boss? In U.S. business, it’s mostly men. Retrieved from https://www.pewresearch.org/fact-tank/2013/12/11/whos-the-boss-in-u-s-business-its- mostly-men/.

Dewi, S. (2020, April 20). Hari Kartini dan kesetaraan gender: Budaya patriarki dan beban ganda bayangi perempuan pemimpin, 'Apa pria mau berbagi beban?'. Bbc.com. Retrieved from https://www.bbc.com/indonesia/indonesia-52322964.

Lewis, R. (2014, Juni 2). How different cultures understand time. Businessinsider.com. Retrieved from https://www.businessinsider.com/how-different-cultures-understand-time-2014- 5?r=US&IR=T.

Shafer, E. (2020, Juni 7). Beyoncé supports black lives matter, calls out sexist music industry in powerful graduation speech. Variety.com. Retrieved from https://variety.com/2020/music/news/beyonce-black-lives-matter-speech-graduation-dear- class-obamas-1234626601/.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI