Strategi Impression Management Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo selama Penanganan COVID-19 melalui Akun Twitter @Ganjarpranowo

Trifena Vania Riyanto(1*), Gatut Priyowidodo(2), Agusly Irawan Aritonang(3),


(1) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Impression management adalah proses dimana individu mencoba mengontrol kesan atau citra yang diproyeksikan dalam interaksi sosial. Semua orang tanpa terkecuali tokoh politik akan berusaha menampilkan gambaran baik dirinya di hadapan orang lain, tidak terkecuali Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Dalam penelitian ini, peneliti ingin mengetahui strategi impression management yang digunakan Ganjar Pranowo di Twitter selama masa awal penanganan COVID-19 dengan menggunakan metode analisis isi kuantitatif. Peneliti melakukan koding terhadap pesan verbal yang ada dalam 285 tweets pada akun Twitter @ganjarpranowo. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang paling banyak ditampilkan oleh Ganjar Pranowo selama 100 hari penanganan corona yaitu strategi ingratiation, dimana ia berusaha untuk menonjolkan sikap baik agar disukai banyak orang. Strategi ini secara dominan diperlihatkan melalui motivasi, keterbukaan

dan mengungkapkan syukur atau duka.


Keywords


Impression Management, Political Public Relations, Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah, Twitter

Full Text:

PDF

References


Cangara, Hafied. (2009). Komunikasi Politik: Konsep, Teori dan Strategi. Jakarta: Rajawali Pers.

Clinten, B. (2019, October 18). Pengguna Aktif Harian Twitter Indonesia diklaim terbanyak. Kompas.Com. Retrieved from https://tekno.kompas.com/read/2019/10/30/16062477/pengguna-aktif-harian-Twitter- indonesia-diklaim-terbanyak#:~:text=JAKARTA%2C.

Eriyanto. (2011). Analisis Isi. Jakarta: Kencana.

Grunig, James E., Hunt, Todd. 1984. Managing Public Relations. Belmont, CA: Thompson

Wadworth.

Heryanto & Zarkasy. (2012). Public Relations Politik. Bogor: Ghalia Indonesia.

Jones, E., & Pittman T (1982). Pshycological Perspective On The Self. New York : University of New York at Aibany

Kriyantono, R (2014). Public Relations, Issue & Crisis Management. Pendekatan Critical Public Relation, Etnografi Kritis & Kualitatif. Jakarta : Prenada Media Kencana

Lee, M , Neley, G., & Stewart, K. (2012). The practice of Government Public Relations (American Society for Public Administration: Series in Public Administration and Public Policy. New York: CRC Press.

L’Etang, J. (2008). Public Relations Concepts, Practice and Critique. UK: Sage Publications Ltd.

Lindwall, M. (2004). Exercising the Self : On the Role of Exercise , Gender and Culture in Physical Self-Perceptions. Sweden: Stockholm University.

Safuroh, F.U (2020, April 18). Publik Nilai Jateng Paling Responsif Tangani COVID-19. DetikNews. Retrieved from https://news.detik.com/berita/d-4981993/publik-nilai-jateng- paling-responsif-tangani-covid-19

Siedharta, I. (2017). Strategi Impression Management Presiden Joko Widodo Melalui Komunikasi Program Prioritas Pemerintah Dalam Akun Youtube “Presiden Joko Widodo”.(Skripsi. Universitas Kristen Petra, 2017). Retrieved from https://dewey.petra.ac.id/catalog/digital/detail?id=40118

Stromback, J., Kiousis, S. (2011). Political Public Relations: Principles and Applications. New York: Routledge.

Suminar, A. (2020, February 17). Ganjar Sebut Medsos Media Paling Cepat untuk Tanggapi Keluhan Masyarakat. Suarasurabaya.Net. Retrieved from https://www.suarasurabaya.net/kelanakota/2020/Ganjar-Sebut-Medsos-Media-Paling-Cepat- untuk-Tanggapi-Keluhan-Masyarakat/

Wasesa, Silih Agung. (2005). Strategi Public Relation. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Wawan, J. H. (2020, February 1). Cerita Ganjar yang Suka Colek Bawahan Lewat Twitter. DetikInet. Retrieved from https://inet.detik.com/cyberlife/d-4881855/cerita-ganjar-yang- suka-colek-bawahan-lewat-Twitter.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI