Strategi Komunikasi Organisasi ke Public Eksternal GKI Emaus dalam Melakukan Emaus Digital Ministry di Masa Pandemic COVID-19

Hidekel Yedidyah Dalmanuta(1*), Gatut Priyowidodo(2), Agusly Irawan Aritonang(3),


(1) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui strategi komunikasi organisasi ke publik eksternal GKI Emaus dalam melakukan Emaus Digital Ministry di masa pandemik COVID-19. Adapun komponen strategi komunikasi yaitu: strategic analysis and planning, strategic design and implementation planning, launching the strategy, follow up and commitment, dan embedding the strategy and tracking the results. Strategi komunikasi organisasi yang dijalankan mempunyai peran besar dalam keberhasilan atau tidaknya Emaus Digital Ministry. Jenis penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif deskritif dengan menggunakan metode studi kasus. Adapun temuan penelitian yang ditemukan peneliti yaitu penggunaan strategi komunikasi yang efektif, proses strategi komunikasi, dan strategi komunikasi organisasi non-profit. Lalu, adanya penggunaan media sosial Emaus Digital Ministry, yaitu Facebook, Youtube, dan Instagram.


Keywords


Strategi Komunikasi Organisasi ke Publik Eksternal GKI Emaus dalam Melakukan Emaus Digital Ministry di Masa Pandemik COVID-19, Studi Kasus

Full Text:

PDF

References


Alo, L. (2004). Wacana Komunikasi Organisasi. Mandar Maju.

Andres Kaplan & Michael HaenLein. (2010). User Of The World, Unite! The Challenges and

Opportunities Of Social Media. Business Horizons. Arni, M. (2009). Komunikasi Organisasi. Bumi Arksara.

Bungin, B. (2007). Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik dan Ilmu Sosial lainnya. Putra Grafika.

Effendy. (2003). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek.

Effendy, O. U. (1993). Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. PT Citra Aditya Bakti. Effendy, O. U. (2000). Ilmu, Teori, dan Filsafat Komunikasi. PT Citra Aditya Bakti. Engel, Blackwell, M. (1994). Perilaku Konsumen. Binarupa Aksara.

Hadeli. (2006). Metode Penelitian Pendidikan. Quantum Teaching.

Haryani, S. (2000). Komunikasi Bisnis. AMP YKPN.

Jones, P. (2008). Communicating Strategy. Gower Publishing Limited.

Kincaid, D. L., Schramm, W. (1987). Asas-Asas Komunikasi Antar Manusia. LP3ES. Liliweri, A. (2011). Komunikasi Serba Ada, Serba Makna. Prenada Media Group. Moleong, L. J. (2007). Metodologi penelitian kualitatif. PT Remaja Rosdakarya. Moleong, L. J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya. Pace R. Wayne and Faules, D. F. (2000). Komunikasi Organisasi. ROSDA.

Pareno, S, A. (2002). No Title. PPYRUS.

Rahardjo, M. (2017). STUDI KASUS DALAM PENELITIAN KUALITATIF : KONSEP DAN PROSEDURNYA. http://repository.uin-malang.ac.id/1104/1/Studi-kasus-dalam-penelitian- kualitatif.pdf

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Syam, W. N. (2002). Psikologi Sosial Sebagai Akar Ilmu Komunikasi. Simbiosa Rekatama Media. Uyung, S. (2007). Integrated Marketing Communications. Pustaka Pelajar.

Yin, R.K. (2013). Case Study Research. Raja Grafindo Persada.

Yin, Robert K. (1994). Case Study Research (Thousand Oaks (ed.)). Sage Publications.

Yogesh Funde and Yesha Mertha. (2014). Effect of Social M


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI