Evaluasi Program Pengembangan Masyarakat ‘PRIMA’ (Perempuan Indonesia Merajut) ExxonMobil Cepu Limited

Shania Karsono(1*), Otto Bambang Wahyudi(2), Titi Nur Vidyarini(3),


(1) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Program Pengembangan Masyarakat Perempuan Indonesia Merajut ‘PRIMA’ merupakan program binaan dari ExxonMobil Cepu Limited bersama dengan mitranya LSM Yayasan Sri Sasanti Indonesia. Program ini diberikan untuk masyarakat sekitar wilayah operasi yaitu Kecamatan Gayam. Dirancang bagi perempuan atau istri yang belum memiliki penghasilan tetap atau dibawah rata- rata. Program dibangun dengan melibatkan komunitas diwilayah setempat. Sama seperti program- program yang lain pastilah memiliki tujuan. Dalam penelitian ini, peneliti ingin mengevaluasi bagaimana program PRIMA ini menjadi bentuk komunikasi perusahaan terhadap masyarakat. Melalui studi fenomenologi yang terbagi dalam empat tahapan yaitu, persiapan program, dukungan sekitar, hambatan pelaksanaan dan hasil dari program PRIMA.


Keywords


Evaluasi Program Pengembangan Masyarakat, ExxonMobil Cepu Limited, Fenomenologi

Full Text:

PDF

References


Kuswarno, Engkus. 2009. Metodologi Penelitian Komunikasi Fenomenologi Konsepsi, Pedoman, dan Contoh Penelitiannya, Bandung: Widya Padjajaran.

Kriyantono, Rachmat,2020.Teknik Praktis Riset Komunikasi Kuantitatif dan Kualitatif Edisi Kedua.Jakarta. Prenademia Group.

Permana, C. H. A., & Purnomo, D. (2016). Evaluasi Program Pemberdayaan Masyarakat (Suatu Analisis Dalam Perspektif Pemberdayaan Masyarakat). Cakrawala Jurnal Penelitian Sosial, 3(1), 1–19.

Purnomo, J. H. (2018). Policy Paper Advokasi Ketenagakerjaan Kabupaten Bojonegoro

Sonbait, L. Y., Santosa, K. A., & (Panjono), P. (2012). Evaluasi Program Pengembangan Sapi Potong Gaduhan Melalui Kelompok Lembaga Mandiri Yang Mengakar Di Masyarakat Di Kabupaten Manokwari Papua Barat. Buletin Peternakan, 35(3), 208


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI