Proses Public Relations Dalam Pembentukan Citra Pada Reopening Hotel Majapahit By MGallery

Leony Sharon Natasha(1*), Otto Bambang Wahyudi(2), Astri Yogatama(3),


(1) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Hotel Majapahit dikenal sebagai saksi sejarah perobekan Bendera Merah Putih Biru (Bendera Belanda) pada tahun 1945. Hotel yang sudah beberapa kali mengganti namanya ini, pada tahun 2020 memutuskan untuk menjadi salah satu Hotel MGallery. Dengan menjadi salah satu Hotel MGallery, Hotel Majapahit Surabaya berharap dapat memiliki citra yang lebih baik di masyarakat. Kegiatan yang dilakukan oleh Public Relations membutuhkan sebuah perencanaan agar mencapai tujuan yang diinginkan. Selain itu juga dilakukan untuk membuat respon positif dimata publiknya. Kegiatan tersebut disebut dengan proses Public Relations. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif menggunakan metode studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses yang dilakukan oleh Hotel Majapahit dibantu oleh Public Relations berinisial ‘SM’ yang ditugaskan oleh Accor Indonesia untuk membantu menyiapkan Hotel Majapahit Surabaya sesuai dengan standar Hotel MGallery. Dengan kurun waktu selama enam bulan, citra yang berlaku di Hotel Majapahit (current image) belum mencapai pada citra yang diharapkan oleh manajemen (wish image) dan masih memerlukan waktu yang lebih panjang untuk melakukan perubahan tersebut. Upaya yang dilakukan oleh Hotel Majapahit Surabaya dalam pembentukan citra ini hanya sampai pada mendefinsikan masalah (atau peluang) dan perencanaan & pemrograman. Proses yang paling sulit dilakukan oleh Hotel Majapahit Surabaya adalah mengambil tindakan & berkomunikasi karena hanya menggunakan media sosial Instagram dan Facebook untuk menyebarkan informasi. Sementara untuk proses evaluasi tidak dapat dilakukan karena belum ada program yang dijalankan. Walaupun demikian, Hotel Majapahit sebelumnya tidak pernah mengadakan evaluasi pada program yang telah dibuat.


Keywords


Proses Public Relations, Citra Korporat, Hotel Majapahit Surabaya.

Full Text:

PDF

References


Ardianto, Alvinaro. (2011) Handbook Of Public Relations. Pengantar Komprehensif. Bandung : Remaja Rosdakarya Bandung

Broom, G. M. & Sha, B. L. (2013). Cutlip & Center’s Effective Public Relations: Eleventh Edition. United State of America: Prentice Hall.

Cutlip, Scott M., Allen H. Center, Glen M. Broom. 2009. Effective Public Relations: Tenth Edition. United State of America: Prentice Hall.

Glen M. Broom & David M. Dozier. (1990). Using Research in Public Relations: Applications to Program Management. Englewood Cliffs, NJ: Prentice Hall.

Harold Burson. (1990) .Beyond ‘PR’: Redefining the Role of Public Relations,” 29th Annual Distinguished Lecture of the Institute for Public Relations Research and Education, New Y ork.

Jefkins, Frank. (2003). Public Relations, Edisi Kelima, Terjemahan Daniel Yadin. Jakarta: Erlangga, 93

Moleong, L.J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Nazir. 1999. Metode Penelitian. Jakarta : Ghalia Indonesia.

Moleong, L.J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Ruslan, Rosady. (2007). Kampanye Public Relations. Jakarta. PT Raja Grafindo Persada. Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Lexy J. Moleong. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya. Non Buku:

Accor. (2018). Hotel Development. Why Invest in MGallery by Sofitel.

Jurnal & Skripsi:

Aryanti Puspokusumo. (2011). Peran Management Public Relations Dalam Mempertahankan Citra Perusahaan Jasa Perhotelan: Studi Kualitatif Pada Re- Opening Hotel Mandarin Oriental. Jakarta. Jurusan Manajemen. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Bina Nusantara University.

Larisu. Z, Dilla. S, Herman. L. O. (2019). Peran Public Relations Dalam Membangun Citra Perusahaan Melalui Program Corporate Social Responsibility PT. Antam Tbk, Kolaka Sulawesi Tenggara. Jurusan Ilmu Komunikasi. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Halu Oleo.

Windriati, A.R, Darmawan. A, Romadhan. M, I. (2019). Peran Public Relations Dalam Membangun Atlantis Land Surabaya. Jurusan Ilmu Komunikasi. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Tujuh Belas Agustus Surabaya


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI