Motif Masyarakat Indonesia Menggunakan Aplikasi Tiktok Selama Masa Pandemi Covid- 19

Adil Dimas Andrian(1*), Jandy Edipson Luik(2), Judy Djoko Wahjono Tjahjo(3),


(1) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Tiktok merupakan aplikasi yang pada masa pandemi sangat ramai digunakan oleh masyarakat Indonesia selama masa pandemi Covid-19. Hampir semua platform media sosial berisi tentang konten Tiktok yang dibagikan oleh penggunanya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui motif masyarakat Indonesia menggunakan aplikasi Tiktok selama masa pandemi Covid-19. Peneliti menggunakan teori Uses and Gratifications for New Media dengan enam indikator, yaitu Social Interaction, Documentation, Diversion, Self-Promotion, dan Creativity. Metode penelitian ini adalah online survey, maka didapatkan motif tertinggi adalah pada indikator Diversion. Hal tersebut berkaitan dengan masa pandemi Covid-19 yang memaksa masyarakat untuk melakukan segala kegiatan dirumah saja. Sehingga suasana menjadi membosankan dan kesepian. Untuk urutan motif selanjutnya adalah motif Creativity, motif Documentation, motif Social Interaction, dan yang terendah adalah indikator Self-Promotion.


Keywords


Motif, Pengguna Tiktok, Tiktok

Full Text:

PDF

References


CNN Indonesia (2020, Juni 7). “(Masih) Musimnya Tik Tok” Bersama Angga Anugrah Putra. [Video file]. Diakses melalui https://www.youtube.com/watch?v=mpCP1-SlIRU&t=743s

Kriyantono, R. (2008). Teknik Praktis Riset Komunikasi: Disertai Contoh Praktiss Riset Media, Public Relations, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Prenada Media Group.

Lailiyah, N. (2015). Presentasi Diri Netizen dalam Konstruksi Identitas di Media Sosial dan Kehidupan Nyata. Jurnal Ilmu Sosial Vol. 14 No. 2, 20-35

Morissan. (2015). Teori Komunikasi: Individu Hingga Massa. Jakarta: Prenada Media Group.

Sheldon, P., & Newman, M. (2019). Instagram and American Teens: Understanding Motives for Its Use and Relationship to Excessive Reassurance-Seeking and Interpersonal Rejection. The Journal of Social Media in Society Vol. 8 No. 1, 1-16

Silalahi, U. (2012). Metode Penelitian Sosial. Bandung: Refika Aditama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI