Penerimaan Audience Dewasa Terhadap Feminisme Dalam Film Roma

Gloryous Randi Gigih Satria(1*), Gatut Priyowidodo(2), Agusly Irawan Aritonang(3),


(1) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Penerimaan dari masing-masing orang sangat beragam dalam memaknai sebuah teks yang ada pada media. Feminisme dalam Film Roma menjadi fokus penerimaan Rani,Anton,Lea dan Roni. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif dan menggunakan metode analisis resepsi yang digunakan untuk mengetahui proposisi infroman yang terbagi menjadi tiga : Dominant, Negotiated, dan Oppositional. Pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Temuan penelitian ini penerimaan masing-masing informan berkaitan dengan pengalaman serta bingkai referensi mereka. Diperoleh dari lingkungan sekitar, kebudayaan yang diajarkan, kepercayaan, dan pengalaman pribadi. Selain itu faktor latar belakang pendidikan dan karir juga turut memengaruhi penerimaan dari audience.Temuan peneliti dari penelitian ini yaitu : Kesenjangan Sosial Penyebab Perempuan Menjadi Asisten Rumah Tangga, Laki-Laki Harus Paham Mengenai Pemberdayaan Perempuan (Women Empowerment), Sisi Negatif dan Positif dari laki-laki yang terdapat pada Toxic Masculinity. Hasil penelitian yang paling menonjol yaitu negotiated.


Keywords


analisis penerimaan, audience, feminisme, film roma, film

Full Text:

PDF

References


Aditya, A. S. (2018). Representasi feminisme dalam film bergenre science fiction.

Almas, Z. (2016). Analisis resepsi khalayak terhadap isu feminisme dalam film Cau Bau Kan.

Dinanti, C. (2010). Pemaknaan terhadap nilai "awet muda" dalam iklan televisi Pond's Age Miracle Hadi, I. P. (2009). Penelitian khalayak dalam perspektif reception analysis. Scriptura, 2(1), 1–7

Jufanny, D., & Girsang, L. R. M. (2020). Toxic masculinity dalam sistem patriarki (analisis wacana kritis Van Dijk dalam film “ Posesif” ). Semiotika, 14(1), 8–23.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI