Respon Viewers YouTube Suhay Salim Terhadap Produk Avoskin

Authors

  • Yolanda Atikasari Soetikno Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
  • Felicia Goenawan Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
  • Lady Joanne Tjahyana Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk melihat respon audiens setelah menonton video dari YouTube Channel Suhay Salim yang berjudul “Skincare Routine Simple & Affordable Pake 100% Produk Lokal Jerawat dan Bekasnya” terhadap produk Avoskin. Untuk mengukur respon audiens, maka digunakan Model AIDA (Attention, Interest, Desire, Action). Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan metode survey dengan cara menyebarkan kuesioner menggunakan teknik Non-Probability Sampling yang diberikan kepada penonton video tersebut melalui online survey. Temuan penelitian ini adalah setelah menonton video review dari Suhay Salim, viewers mencapai tahap desire dimana mereka ingin mencoba produk Avoskin yang ditawarkan dalam video tersebut. Alasan terkuat untuk sampai ke tahap desire ini dikarenakan oleh perkataan Suhay Salim yang bersifat emosional yakni saat ia benar-benar merekomendasikan produk tersebut kepada responden.

References

Sendjaja, S.Djuarsa. 1999. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Universitas Terbuka.

Rakhmat, Jalaluddin. 1999. Metode Penelitian Komunikasi, Bandung : Remaja Rosdakarya. Kotler, Philip. 2003. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Indeks Kelompok Gramedia.

Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran. Jilid 1 dan 2. Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia.

Helianthusonfri, Jefferly. 2020. STOP Jadi Youtuber! Kalau Nggak Tahu Cara Marketingnya. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Kotler, Philip dan Keller. 2012. Manajemen Pemasaran Edisi Ke 13. Jakarta: Penerbit Erlangga ZAP. Zap Beauty Index: Let’s Talk Beauty. Indonesia: 2018. Print

ZAP. Zap Beauty Index: Let’s Talk Beauty. Indonesia: 2020. Print

Downloads

Published

2021-07-17