Motif Dan Kepuasan Subscribers Dalam Menonton YouTube Channel Korea Reomit

Caroline Monica Sutanto(1*), Agusly Irawan Aritonang(2), Chory Angela Wijayanti(3),


(1) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui motif dan kepuasan subscriber dalam menonton YouTube channel Korea Reomit, dimana channel Korea Reomit merupakan satu-satunya channel yang dimiliki orang dengan kewarganegaraan Korea Selatan yang fasih dalam berbahasa Indonesia bahkan bahasa Jawa dan dengan logat medok yang masih kental. Penliti menggunakan teori Uses and Gratification dengan enam indikator milik Zhang Yue, yaitu Hiburan dan Relaksasi, Interaksi Sosial, Suplemen, Pertemanan, Menghabiskan Waktu, dan Mencari Informasi. Metode dalam penelitian ini adalah online survei, dengan pendekatan kuantitatif yang menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji t-berepasangan, uji deskriptif, serta crosstab untuk menghubungkan identitas responden dengan indikator motif dan kepuasan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motif dan kepuasan tertinggi adalah Interaksi Sosial. Melalui kesenjangan nilai mean GS dan GO secara keseluruhan diketahui bahwa YouTube channel Korea Reomit dapat memuaskan khalayak atau subscribers yang menonton.


Keywords


Motif, Kepuasan, Subscriber, YouTube channel Korea Reomit

Full Text:

PDF

References


Abraham, A. 2011. Sukses Menjadi Artis dengan Youtube. Surabaya: PT. Java Pustaka Group.

Budiargo, Dian. 2015. Berkomunikasi Ala Net Generation. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Kuncoro, M. 2003. Metode Riset untuk Bisnis dan Ekonomi. Jakarta: Erlangga. Kriyantono, Rachmat. 2006. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana

Prenada Media Group.

Kriyantono, Rachmat. 2010. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Lister, Dovey, Giddings, Griant & Kelly. 2003. New Media: A critical introduction. London: Routledge.

Nazir, M. 2005. Metode penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Rakhmat, Jalaludin. 2007. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT Remaja

Rosdakarya.

Severin, W.J., & Tankard, J.W. 2008. Teori Komunikasi: sejarah, metode, dan

terapan di dalam media massa. Jakarta: Prenada Media Group. Silalahi, G. A. 2009. Metodologi Penelitian dan Studi Kasus. Sidoarjo: Citra

Media.

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (2020). Retrieved from http://www.apjii.or.id

Katz, E., J.G. Blumer dan M.Gurenvitch. (1974). The uses of mass communication: correct perspective on gratification research. LondonBeverly Hills : Sage Publication.

Retrieved from http://www.socialblade.com

Retrieved from http://wwww.youtube.com

Ruggeiro, T. E.(2000). Uses and gratifications theory in the 21st century. Mass Communication & Society. El Paso: University of Texas.

Yue, Zhang. 2008. Gratifications-sought, Audience Activities and the Displacement Effect of YouTube. School of Journalism and Communication; The Chinese University of Hong Kong.

Widyanarita, L. C. (2016). “Hubungan Antara Motivasi Berprestasi Dengan Manajemen Waktu PadaMahasiswa Yang Bekerja Part-Time Sebagai Garda Depan PT Aseli Dagadu Djokdja”. Skripsi. Fakultas Psikologi. Universitas Sanata Dharma. Yogyakarta https://repository.usd.ac.id/6491/1/109114132.pdf (Akses 6 Januari 2021)

Zaenudin. A. 2017. Beda perilaku laki-laki dan perempuan dalam menggunakan internet. Retrieved January 6, 2021 from https://tirto.id/beda-perilaku-laki- laki-dan-perempuan-dalam-menggunakan-internet-cEWT


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI