Konstruksi Image Winnie Harlow sebagai Model Vitiligo di Youtube

Agatha Giovanny Puteri Radja(1*), Fanny Lesmana(2), Chory Angela Wijayanti(3),


(1) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Winnie Harlow merupakan seorang model yang memiliki penyakit vitiligo dan sering dirundung oleh sekitarnya ketika dia kecil. Penelitian star studies terhadap Winnie Harlow dengan pendekatan kualitatif deskriptif dilakukan untuk melihat bagaimana konstruksi image yang dibentuk oleh Winnie di media Youtube. Analisis ini menggunakan metode star studies milik Richard Dyer dan Erving Goffman. Penelitian ini melihat sang bintang melalui verbal, nonverbal dan visual. Peneliti menemukan bahwa image pada wilayah depan ini menunjukkan Winnie memiliki percaya diri yang kuat sehingga dia bisa menjadi seorang public speaker dan super model yang professional. Winnie juga menunjukkan bahwa dia seorang yang anti rasis


Keywords


Konstruksi image, Winnie harlow, Anti rasis, Youtube

Full Text:

PDF

References


Greenacre, L., Tung, N.M. & Chapman T. (2014) ‘Self Confidence and the Ability to Influence’, Academy of Marketing Studies Journal, 18(2), 169-180

Grimes, P.E.; Miller, M.M. (2018). Vitiligo: Patient stories, self-esteem, and the psychological burden of disease. International Journal of Women's Dermatology

Regan, C. (2015). Role of denim and jeans in the fashion industry. Denim, 191–217.

Wood, R. (2014). “You do act differently when you”re in it’: lingerie and femininity. Journal of

Gender Studies, 25(1), 10–23.

Lind, C. (1993). Psychology of Color: Similarities Between Abstract and Clothing Color

Preferences. Clothing and Textiles Research Journal, 12(1), 57–65.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI