Brand Awareness Masyarakat Selong Terhadap PT. Cahaya Anugerah Abadi

Adelia Edyna(1*), Ido Prijana Hadi(2), Vita Monica(3),


(1) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


PT. Cahaya Anugerah Abadi merupakan salah satu dealer motor Yamaha yang berada di kota Selong, Lombok Timur. PT. Cahaya Anugerah Abadi merupakan pelopor pertama dealer Yamaha di kota Selong yang dapat bekerjasama dengan credit leasing dan menjadi dealer Yamaha dengan penghargaan terbanyak se kota Selong. Fenomena komunikasi yang ditemui oleh peneliti dalam penelitian ini didasari oleh teori brand awareness yang mengatakan bahwa brand awareness (kesadaran merek) merupakan kesanggupan seorang calon pembeli untuk mengenali atau mengingat kembali bahwa suatu merek merupakan bagian dari kategori produk tertentu. Pada kenyataannya, masyarakat Selong kurang mengenal PT. Cahaya Anugerah Abadi, mereka hanya mengingat nama Yamaha saja dan menganggap bahwa PT. Cahaya Anugerah Abadi merupakan dealer motor yang sama dengan dealer motor Yamaha lainnya. Dari temuan fenomena tersebut maka penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat brand awareness masyarakat Selong terhadap PT. Cahaya Anugerah Abadi yang diukur dari kesadaran masyarakat terhadap keenam brand elements yang dimiliki PT Cahaya Anugerah Abadi yaitu Brand Name, Logo & Symbol, Slogan, Character, Packaging dan Jingle. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan menggunakan metode survey. Peneliti membagikan kuesioner terhadap 100 responden yang merupakan masyarakat Selong berusia 17 – 40 tahun, laki – laki dan perempuan. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat Brand Awareness masyarakat Surabaya terhadap PT. Cahaya Anugerah Abadi berada pada tingkatan dua tertinggi, yaitu Brand Recall.


Keywords


Brand Awareness, Brand Elements, Dealer, Selong Community

Full Text:

PDF

References


Aaker, David A. (1997). Ekuitas Merek. Edisi Indonesia. Jakarta: Mitra Utama. Badan Pusat Statistik Kabupaten Lombok Timur,

lomboktimurkab.bps.go.id/dynamictable/2018/03/12/84/jumlah-penduduk- kabupaten-lombok-timur-menurut-kelompok-umur-tahun-2010-2018.html.

Blythe, Jim. (2005). Essentials of Marketing Communications. England : Pearson Education Ltd.

Fauziah, Asytari. “Rincian UMK 2020 Di 6 Provinsi Besar Termasuk NTB, Berapa

UMK Mataram, Urutan Ke Berapa?” Tribun Mataram, Tribun Mataram, 23 Nov. 2019, mataram.tribunnews.com/2019/11/23/rincian-umk- 2020-di-6- provinsi-besar-termasuk-ntb-berapa-umk-mataram-urutan-ke- berapa.

Irsyad, Muhammad. Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan

Pembelian Sepeda Motor Yamaha Nmax Pada Konsumen Yamaha Baturaja. digilib.unila.ac.id/32310/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHA SAN.pdf.

Keller, Kevin Lane. (2003). Strategic Brand Management: Building, Measuring, and Managing Brand Equity. New Jersey: Prentice Hall.

Philip Kotler dan Gary Amstrong. (1997). Dasar-dasar Pemasaran. Jakarta: Prenhallindo.

Ruslan, Rosady. (2001). Manajemen Humas & Manajemen Komunikasi : Konsep dan Aplikasi. Jakarta: Rajawali Pers.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI