Efektivitas Pesan Event di Food Society Pakuwon Mall Surabaya di Media Promosi Instagram

Aveline Catherine(1*), Judy Djoko Wahjono Tjahjo(2), Astri Yogatama(3),


(1) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Di Pakuwon Mall Surabaya terdapat tiga lokasi event yaitu Grand Atrium (GA), Fashion Atrium (FA) dan Food Society (FS). Fokus dalam penelitian ini yaitu lokasi FS karena jika dibandingkan dengan lokasi event lainnya, beberapa event yang diadakan di lokasi FS pengunjung yang hadir terbilang kurang dari apa yang diharapkan. Padahal setiap event di FS sudah dipublikasikan melalui media sosial, salah satunya Instagram. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektivitas pesan event di Food Society Pakuwon Mall Surabaya di media promosi Instagram. Instagram merupakan salah satu media promosi yang digunakan oleh tim promosi untuk menyampaikan/mempublikasikan informasi seputar event yang akan diadakan. Publikasi merupakan alat penting dalam bauran marketing coommunication yang juga menjadi bagian dari kajian MPR. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif dengan menggunakan metode survei online. Teknik penelitian yang digunakan adalah purposive sampling dan peneliti menyebarkan kuesioner dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pesan event di Food Society Pakuwon Mall Surabaya di media promosi Instagram efektif. Hal ini ditunjukkan melalui perhitungan nilai mean dari setiap indikator Attention, Interest, Desire, Action (AIDA), dimana semua total nilai mean efektif. Hasil nilai efektif ini disebabkan karena pesan event yang dipublikasikan sesuai dengan target sasaran Food Society yaitu generasi milenial. Maka dari itu, pesan dalam event di Food Society yang dipublikasikan melalui media promosi Instagram Pakuwon Mall telah tersampaikan dengan baik ke followers Instagram Pakuwon Mall Surabaya khususnya followers yang berumur 22-37 tahun.


Keywords


Marketing Communication, Efektivitas Pesan Event, Media Promosi Instagram, Food Society Pakuwon Mall Surabaya.

Full Text:

PDF

References


A, Lievrouw, Leah dan Livingstone, Sonia. (2006). The Handbook of New Media:

Social Shaping and Social Consequences of ICTs. London: SAGE publications. Belch, George E. & Michael A. Belch. (2001). Advertising and Promotion: An

Integrated Marketing Communication Prespectives. New York: McGraw Hill. Effendy, Onong Uchjana. (2003). Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung:

Citra Aditya Bakti.

Effendy, Onong Uchjana. (2008). Dinamika Komunikasi. Bandung: PT Remaja

Rosdakarya.

Frank Jefknis. (1997). Periklanan. Edisi ke-3. Jakarta: Penerbit Erlangga.

J. Paul Peter dan James H. Donnelly. (2017). Marketing Management 8th ed.

New York: McGraw-Hill Irwin.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. (2012). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 12.

Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kriyantono, Rachmat. (2008). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana

Prenada Media Group.

M, Nisrina. (2015). Bisnis Online, Manfaat Media Sosial Dalam Meraup Uang.

Yogyakarta: Kobis.

Noor, Any. (2009). Manajemen Event. Bandung: Alfabeta.

Ruslan, Rosady. (1994). Praktik Dan Solusi Public Relation. Jakarta: Ghalia

Indonesia.

Silalahi, U. (2009). Metode Penelitian Sosial. Bandung: Refika Aditama. Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung:

Alfabeta.

Uma, Sekaran. (2006). Metodologi Penelitian Untuk Bisnis, Edisi Keempat. Jakarta:

Penerbit Salemba Empat.

Jurnal:

Irfan, Muhamad. (2014). “Efektivitas Penggunaan Media Sosial Twitter Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Strike! Courier Di Samarinda”. E-Journal Ilmu Komunikasi.

Web:

Kompas.com. “Sebanyak Inikah Jumlah Pengguna Instagram di Indonesia?”.

Kompas.com. 2019, 23 Desember, https://tekno.kompas.com/read/2019/12/23/14020057/sebanyak-inikah jumlah-pengguna- Instagram-di-indonesia. Diakses pada 12 Januari 2020.

Skripsi:

Stefani, Ruth. (2013). “Respon Pengunjung Terhadap Media Brosur jatim Park 2” (skripsi). Surabaya: Universitas Kristen Petra Surabaya.

Wurinanda I. (2015). “Efektivitas promosi produk ayam suwir “si kentung” melalui Twitter” (skripsi). Bogor (ID): Institut Pertanian Bogor.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI