Efektivitas Iklan Rounn di Instagram sebagai Media Promosi

Sherin Fongana(1*), Ido Prijana Hadi(2), Felicia Goenawan(3),


(1) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efektivitas iklan Rounn di Instagram sebagai media promosi. Dalam rangka perayaan atas berdirinya Rounn selama lima tahun, maka Rounn membuat kolaborasi bersama tiga wanita entrepreneur asal Surabaya. Instagram merupakan satu-satunya media yang digunakan oleh Rounn untuk mengiklankan. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data diperoleh menggunakan metode survei online, teknik purposive sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Efektivitas iklan Rounn diukur menggunakan metode pengukuran Customer Response Index (CRI). Metode CRI mencakup elemen-elemen respons yang bertahap, mulai dari awareness (kesadaran), comprehend (pemahaman), interest (ketertarikan), intention (niat), dan action (tindakan). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa iklan Rounn di Instagram sebagai media promosi tidak efektif pada tahap aware namun pada tahap comprehend, interest, dan intentions efektif.


Keywords


Efektivitas Iklan, Customer Response Index (CRI), Iklan di Instagram, Media Promosi, Rounn

Full Text:

PDF

References


Atmoko, Dwi Bambang. (2012). Instagram handbook tips fotography ponsel. Jakarta: Media Kita. Belch, George E & Belch, Michael A. (2009). Advertising and Promotion: an Intergrated Marketing

Communication Prespective. New York: Mc Graw Hill.

Best, R, J. (2013). Market Based Management. New Jersey: Pearson Education, Inc.

Durianto, Sugiarto & Widjaja, Supratikno (2003). Inovasi Pasar dengan Iklan yang Efektif. Jakarta:

PT. Gramedia Pustaka Utama.

Effendy. (2002). Hubungan masyarkat: Suatu studi komunikologis. Bandung: Remaja Rosdakarya. Gibson, J.L, Ivancevich, J.M dan Donelly, J.Jr, 2000. Organisasi dan Manajeme: Perilaku, Struktur

dan Proses. Jakarta : Penerbit Erlangga.

Kotler, Philip & Keller, Kevin Lane. (2009). Marketing Management. NewJersey: Pearsin Prentice

Hall.

Kriyantono, Rachmat. (2008). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta : Kencana Prenada Media

Group.

Lievrouw, Leah A & Livingstone, Sonia. (2002). Handbook of New Media: Social Shaping and

Consequences of ICTs. SAGE Publication.

Lwin May., & Aitchison Jim. (2002). Clueless In Advertising. Jakarta: Bhuana Ilmu Populer. Rounn. (n.d.). Retrieved January 15, 2020, from www.rounn.com.

Rapp, Stan & Collins. (1996). Maxi Marketing: Terobosan baru dalam strategi promosi, periklanan,

dan pemasara. Jakarta: Tom Erlangga.

Ruslan, Rosady. (2005). Kiat dan Strategi Kampanye Public Relations. Jakarta : PT. Raja Grafindo

Persada.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Van Dijk, J. (2013). The culture of connectivity: A critical History of Social Media. UK: Oxford

University Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI