Strategi Impression Management Ruben Onsu Pasca Keputusan Pengangkatan Anak Betrand Peto di Akun Instagram @ruben_onsu

Vita Magdalena Bernadi(1*), Jandy Edipson Luik(2), Astri Yogatama(3),


(1) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Impression management atau manajemen impresi adalah suatu atribut atau perangkat yang digunakan guna menciptakan persona tertentu untuk mempengaruhi persepsi dan citra diri kita terhadap orang lain (L'Etang, 2007). Setiap figur publik, baik sadar maupun tidak, akan menggunakan manajemen impresi dalam penyampaian pesan untuk menanamkan citra diri mereka pada publiknya, termasuk Ruben Onsu sebagai figur publik sekaligus seorang pemimpin korporasi miliknya. Peneliti ingin mengetahui strategi impression management Ruben Onsu, khususnya pasca keputusan pengangkatan anak Betrand Peto yang ditampilkan di akun Instagram @ruben_onsu yakni 25 Juli – 8 Oktober 2019. Penelitian ini menggunakan metode analisis isi kuantitatif. Peneliti melakukan koding terhadap pesan verbal dan non-verbal yang ada di dalam foto, video beserta caption dari 78 post yang diunggah dalam Instagram @ruben_onsu. Adapun strategi impression management yang digunakan adalah strategi impression management dari Jones dan Pittman (1982), meliputi: ingratiation, intimidation, self-promotion, exemplification, dan supplication. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang paling sering ditampilkan oleh Ruben Onsu melalui akun Instagramnya adalah strategi exemplification, dimana ia ingin mendapatkan kesan sebagai figur publik sekaligus ayah yang berintegritas dan layak secara moral. Strategi ini secara dominan ditunjukkan melalui sub-indikator sikap kedermawanan khususnya pada Betrand dan anggota keluarga lainnya. Sehingga, hal ini sesuai dengan prinsip dasar dan peranan seorang ayah dalam kehidupan berkeluarga yaitu menafkahi dan memberikan kehidupan yang layak bagi seluruh anggota keluarganya.


Keywords


Strategi impression management, figur publik, Ruben Onsu, Instagram

Full Text:

PDF

References


Baumeister, R. F., & Vohs, K. D. (2007). Encyclopedia of Social Psychology. Los Angeles: SAGE Publications.

Bungin, B. (2001). Metode Penelitian Sosial: Format-format Kuantitatif dan. Kualitatif. Surabaya: Airlangga University Press.

Carnegie, D. (1998). How to Win Friends and Influence People. New York: Gallery Books.

Heath, R. L. (2004). Encyclopedia of Public Relations. Washington: SAGE Publications.

Jefkins, F. (1983). Public Relations for Marketing Management. New York City: Springer.

Jones, E. E., & Pittman, T. S. (1982). Psychological Perspectives on the Self. Hillsdale: Lawrence Erlbaum Associates Publishers.

Komodromos, M. (2016). How web 2.0 and social media are changing public relations practitioners’ work: a qualitative study. Int. J. Technology Enhanced Learning , 8 (1), 49-52.

Krippendorff, K. (1993). Content Analysis: An Introduction to its Metodology. Thousand Oaks: Sage Publications.

Kriyantono, R. (2014). Teknik Praktis: Riset Komunikasi. Surabaya: Prenada Media.

Kriyantono, R. (2017). Teori-teori Public Relations: Perspektif Barat dan Lokal. Jakarta: Kencana.

L'Etang, J. (2007). Public Relations: Concepts, Practice and Critique. Washington: SAGE.

Pratikto, R. (1982). Lingkaran-lingkaran Komunikasi. Bandung: Alumni.

Rojek, C. (2001). Celebrity. London: Reaktion Books.

Stone, N. (1995). The Management and Practice of Public Relations. London, United Kingdom: Macmillan International Higher Education.

Theaker, A. (2004). The Public Relations Handbook. Washington: Routledge

Zia-ur-Rehman, D. M., & Javed, S. (2015). Examination of the impression management of

tranformational leadership in public sector and governance. ISSRA Papers , 6-11.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI