Star Studies Terhadap Konstruksi Image Billie Eilish
(1) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui image yang dibangun oleh Billie Eilish dan timnya dari awal kemunculannya tahun 2016 hingga puncak karirnya saat berhasil meraih empat nominasi bergengsi di Grammy Awards 2020. Bagaimana ia membangun image-nya melalui berbagai teks media. Peneliti menggunakan metode star studies terhadap konstruksi image yang dilakukan oleh Billie Eilish di video musik, lirik lagu, wanwancara dengan media, iklan dan juga konser.
Billie Eilish sedang mengkonstruksikan image-nya sebagai seorang penyanyi muda yang mewakili generasi Z dengan segala isu tentang body positivity yaitu body shaming, bullying, dan insecurities, isu depresi danbunuh diri, serta pelestarian alam yang gagal dilakukan generasi sebelumnya. Ini merupakan konstruksi image yang memanfaatkan hubungan sang bintang dengan sebuah generasi. Yang membuatnya melejit adalah generasi yang ia wakili merupakan generasi dengan populasi terbesar didunia.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Bahfiarti, Tuti. (2011). Mistifikasi ‘Bissu’ Dalam Upacara Ritual Adat Etnis
Bugis Makassar (Kajian Studi Dramaturgi). Universitas Hasanuddin
Makassar
Cangara, Hafied. (2009). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta :PT Raja Grafindo
Persada.
CBS Sunday Morning. (2019). Billie Eilish on overcoming her "toxic"
relationship with her body. Retrieved from
https://www.youtube.com/watch?v=PmgjgZKJZO4
Dyer, Richard. (2004). Heavenly Bodies : Film stars and Society. New York :
Routledge 2 Park Square, Milton Park, Abingdong, Oxon, OX14
RN.from
Eriyanto. (2002). Analisis Framing : Konstruksi, Ideologi dan Politik Media.
Yogyakarta. PT. LKiS Pelangi Aksara.
Hartley, John. (2002). Communication, Cultural and Media Studies : The Key
Concepts. London : Routledge.
Hollinger, Karen. (2006). The Actress : Hollywood Acting and Female Star. Great
Britain : Routladge.
McDonald, Paul. (2000). The Star System : Hollywood’s Production of Popular
Identities. London : Wallflower Publishing Limited.
Moleong, Lexy. (2006). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : PT. Remaja
Rosdakaya.
Moran, Dermot. (2011). Introduction to Phenomenology. Routledge : 1 edition. Mulyana, Deddy. (2001). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT. Remaja
Rosdakarya.
Negus, Keith. (2011). Producing Pop: Culture and Conflict in the Popular
Music Industry. London: out of print. [Book]:Goldsmiths Research Online. Stokes, Jane. (2003). How To Do Media and Cultural Studies. Yogyakarta :
Bentang.
Vanity Fair. (2019). Retrieved from
https://www.youtube.com/watch?v=YltHGKX80Y8
Yunita, Asri. (2011). Star Studies Terhadap Image Lady Gaga. Retrieved from
https://dewey.petra.ac.id/catalog/digital/detail?id=21396
Refbacks
- There are currently no refbacks.
TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI