Star Studies Terhadap Konstruksi Image Billie Eilish

Raden Ayu Yotari Kezia Rahadi(1*), Chory Angela Wijayanti(2), Desi Yoanita(3),


(1) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui image yang dibangun oleh Billie Eilish dan timnya dari awal kemunculannya tahun 2016 hingga puncak karirnya saat berhasil meraih empat nominasi bergengsi di Grammy Awards 2020. Bagaimana ia membangun image-nya melalui berbagai teks media. Peneliti menggunakan metode star studies terhadap konstruksi image yang dilakukan oleh Billie Eilish di video musik, lirik lagu, wanwancara dengan media, iklan dan juga konser.

Billie Eilish sedang mengkonstruksikan image-nya sebagai seorang penyanyi muda yang mewakili generasi Z dengan segala isu tentang body positivity yaitu body shaming, bullying, dan insecurities, isu depresi danbunuh diri, serta pelestarian alam yang gagal dilakukan generasi sebelumnya. Ini merupakan konstruksi image yang memanfaatkan hubungan sang bintang dengan sebuah generasi. Yang membuatnya melejit adalah generasi yang ia wakili merupakan generasi dengan populasi terbesar didunia.


Keywords


Konstruksi Image, Star Studies, Billie Eilish dan Generasi Z

Full Text:

PDF

References


Bahfiarti, Tuti. (2011). Mistifikasi ‘Bissu’ Dalam Upacara Ritual Adat Etnis

Bugis Makassar (Kajian Studi Dramaturgi). Universitas Hasanuddin

Makassar

Cangara, Hafied. (2009). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta :PT Raja Grafindo

Persada.

CBS Sunday Morning. (2019). Billie Eilish on overcoming her "toxic"

relationship with her body. Retrieved from

https://www.youtube.com/watch?v=PmgjgZKJZO4

Dyer, Richard. (2004). Heavenly Bodies : Film stars and Society. New York :

Routledge 2 Park Square, Milton Park, Abingdong, Oxon, OX14

RN.from

Eriyanto. (2002). Analisis Framing : Konstruksi, Ideologi dan Politik Media.

Yogyakarta. PT. LKiS Pelangi Aksara.

Hartley, John. (2002). Communication, Cultural and Media Studies : The Key

Concepts. London : Routledge.

Hollinger, Karen. (2006). The Actress : Hollywood Acting and Female Star. Great

Britain : Routladge.

McDonald, Paul. (2000). The Star System : Hollywood’s Production of Popular

Identities. London : Wallflower Publishing Limited.

Moleong, Lexy. (2006). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : PT. Remaja

Rosdakaya.

Moran, Dermot. (2011). Introduction to Phenomenology. Routledge : 1 edition. Mulyana, Deddy. (2001). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT. Remaja

Rosdakarya.

Negus, Keith. (2011). Producing Pop: Culture and Conflict in the Popular

Music Industry. London: out of print. [Book]:Goldsmiths Research Online. Stokes, Jane. (2003). How To Do Media and Cultural Studies. Yogyakarta :

Bentang.

Vanity Fair. (2019). Retrieved from

https://www.youtube.com/watch?v=YltHGKX80Y8

Yunita, Asri. (2011). Star Studies Terhadap Image Lady Gaga. Retrieved from

https://dewey.petra.ac.id/catalog/digital/detail?id=21396


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI