Strategi Komunikasi Online Public Relations Tourism Information Center (TIC) Surabaya dalam Melakukan Komunikasi Pariwisata di Kota Surabaya

Joanna Kusumadewi Suwito(1*), Judy Djoko Wahjono Tjahjo(2), Astri Yogatama(3),


(1) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi komunikasi online Public Relations (PR) Tourism Information Center (TIC) Surabaya dalam melakukan komunikasi pariwisata di Surabaya. Tahun 2018, Kota Surabaya sebagai Kota Jasa dan Perdagangan memperoleh penghargaan dari Yokatta Wonderful Indonesia Tourism Award sebagai kota di bidang pariwisata terbaik di Indonesia. TIC Surabaya sebagai media informasi dan media promosi pariwisata merupakan praktisi yang menjalankan aktivitas PR sebagai representasi dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surabaya. Pandemi Covid-19 memaksa TIC Surabaya menutup kantor sementara sehingga upaya menjalin relasi dengan khalayak hanya dilakukan melalui media sosial. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif menggunakan metode studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi online PR yang merujuk pada konsep strategi media sosial dari Karen Freberg terdapat lima tahap strategi dan TIC Surabaya telah melakukan empat di antaranya. Terdiri dari membuat perencanaan strategis untuk media sosial, penulisan strategis untuk media sosial, lalu membuat, mengelola dan kurasi konten melalui akun media sosial Instagram @surabayasparkling, Twitter @TICSby dan Facebook Official Surabaya Tourism Information Center serta melakukan pengukuran dan evaluasi konten media sosial. Menghasilkan pula temuan konsep bahwa perencanaan awal tidak selalu dapat diimplementasikan apabila terjadi situasi tidak terduga yang mempengaruhi kebijakan.


Keywords


Strategi Komunikasi, Online Public Relations, Media Sosial, Komunikasi Pariwisata, TIC Surabaya

Full Text:

PDF

References


Breakenridge, D.K. (2008). PR 2.0: New Media, New Tools, New Audiences. New Jersey: FT Press

Bungin, B. (2001) Metodologi Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif. Yogyakarta: Gajah Mada Press ________. (2015). Komunikasi Pariwisata (Tourism Communication): Pemasaran dan Brand

Destinasi. Jakarta: Prenadamedia Group

Creswell, J. W. (2010). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed.

Yogjakarta: PT Pustaka Pelajar

Freberg, K. (2019). Social Media for Strategic Communication: Creative Strategies Research Based

Applications. USA: University of Louisville

Hakim, A.R. (2012). Tourist Information Centre di Semarang. Imaji. 2(1), 209-218

Hidayatullah, S. (2020). Retrieved from https://marketingcraft.getcraft.com/id-articles/memahami- jenis-jenis-media-sosial

Liliweri, A. (2011). Komunikasi Serba Ada Serba Makna. Jakarta: Prenada Media Group

Meilisa, V.F. (2018). Strategi Komunikasi Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga, dan Kebudayaan Kabupaten Indragiri Hilir dalam Menarik Minat Pengunjung Objek Wisata Pantai Solop. JOM FISIP. 5(1), 1-16.

Moleong, L.J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Morissan. (2008). Manajemen Public Relations, Strategi Menjadi Humas Profesional. Jakarta:

Kencana Prenada Media Group

Prodjo, W.A. (2018). Retrieved from https://travel.kompas.com/read/2018/07/21/190500527/kota- surabaya-jadi-kota-terbaik-di-bidang-pariwisata-

Saputri, M.I. (2018). Komunikasi Pariwisata Lombok Dalam Membangun Citra

Wisata Halal (Studi Deskriptif Kualitatif pada Dinas Pariwisata Provinsi (Undergraduate Thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2018). from http://digilib.uin-suka.ac.id/31936/

Destinasi NTB) Retrieved

Sary, A.W. (2008). Analisis Komunikasi Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pemko Binjai (Undergraduate Thesis, Universitas Sumatera Utara, 2008). Retrieved from http://repository.usu.ac.id/handle/123456789/19014

Setiawan, A.G. (2015). Strategi Komunikasi Dinas Sosial Surabaya dalam MelaksanakanKebijakan Tri Rismaharini terhadap Penutupan Lokalisasi Dolly Surabaya. (Undergraduate

Thesis, Universitas Kristen Petra, https://dewey.petra.ac.id/catalog/digital/detail?id=34393

. Retrieved from

Surabaya Bertransformasi dari ‘Kota Neraka’ Jadi Kota Wisata. (2019, November 26). Retrieved from https://indonesia.go.id/ragam/pariwisata/sosial/surabaya-bertransformasi-dari-kota neraka-jadi-kota-wisata

Yin, R.K. (2008). Studi Kasus (Desain Dan Metode), (Case Study Research Design and Methods) diterjemahkan oleh Drs. M. Djauzi Mudzakir, MA, PT.Raja Grafindo Persada:,Jakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI