Konstruksi Image Awkarin di Media Sosial dan Media Online

Halim Adiputra Setiawan(1*), Fanny Lesmana(2), Megawati Wahjudianata(3),


(1) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian star studies terhadap Influencer Awkarin, dengan pendekatan kualitatif deskriptif dilakukan dengan melihat bagaimana konstruksi image yang dibentuk oleh Awkarin. Melalui analisa teks media Youtube, Instagram, serta berita online dengan menggunakan metode star studies milik Richard Dyer, Gledhill, dan Jane Stokes ditemukan bahwa Awkarin membentuk image Fashionable menggunakan status sosial simbol untuk menciptakan citra dirinya yang Histrionic Personality, hedonisme, serta memilki jiwa sosial dalam membantu bencana sosial. Image Awkarin dikonstruksikan sebagai Selebgram atau influencer di media sosial dan media online, dan aware terhadap kesehatan mental.


Keywords


Star studies, Fashionable, Hedonisme, Influencer

Full Text:

PDF

References


Agustina, A. 2019. Mengaku bangga, Dian Sastrowardoyo beri dukungan untuk Awkarin. Retrieved Februari 2nd 2020 from https://www.merdeka.com/artis/mengaku-bangga-dian- sastrowardoyo-beri-dukungan-untuk-awkarin.html

Amstrong, dan Kotler 2003, Dasar-dasar Pemasaran, Jilid 1, Edisi Kesembilan, Penerbit PT. Indeks Gramedia, Jakarta.

Bogdan, R. Participation observation in organizatonal settings. syracuse, N.Y : syracuse university press

Dahlan, D. 2015. Dari mana asal duit para Youtuber?. Retrieved Februari 19th 2020 from https://money.kompas.com/read/2015/09/17/060700726/Dari.Mana.Asal.Duit.Para.Youtub er

Faiqah, F., Nadjib, M., & Amir. A. S. (2016). Kareba. YouTube Sebagai Sarana Komunikasi Bagi Komunitas Makassarvidgram, 5(2), 259-272. Retrieved from http://journal.unhas.ac.id/index.php/kareba/article/view/1905/1063

Hariyanti, N. T., & Wirapraja, A. (2018). PENGARUH INFLUENCER MARKETING SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN DIGITAL ERA MODEREN. JURNAL EKSEKUTIF, 15(1), 133-146. Retrieved April 15th 2020 from https://jurnal.ibmt.ac.id/index.php/jeksekutif/article/view/172

Irfani, F. 2019. Awkarin penuh dosa, kalian suci apa adanya. Retrieved March 3rd 2020 from https://tirto.id/awkarin-penuh-dosa-kalian-suci-apa-adanya-ejR7

Kariibdev. 2019. Victim playing dalam hubungan dengan pasangan. Retrieved May 8th 2020 from Pangesthi, D. 2019. Awkarin bagikan 3000 nasi kotak di tengah aksi massa, tuai pujian. Retrieved Februari 2nd 2020 from https://www.brilio.net/selebritis/awkarin-bagikan-3000- nasi-kotak-di-tengah-aksi-massa-tuai-pujian-190924o.html

Mcdonald, P. 2000. The star system - Hollywood's production of pop culture. London: Wallflower Publishing Limited.

Michael, Haenlein. 2010. Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media. Business Horizons

Moleong, L. 2016. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remajarosdakarya.

Mulyana, D. (2001). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja RosdaKarya.

Prayitno, N. 2019. Ini perubahan Awkarin dan deretan bisnis yang dimilikinya. Retrieved November 20th 2019 from Popbella.com: https://www.popbela.com/career/working-life/niken-ari/ini- perubahan-awkarin-dan-deretan-bisnis-yang-dimilikinya/full

Setyanti, C. 2015. Tiga penyebab perempuan bersuara ‘ngebas’. Retrieved April 20th 2020 from https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20150127191925-255-27782/tiga-penyebab- perempuan-bersuara-ngebas

Shingler, M. 2012. Star studies A Critical Guide. London : BFI.

Stokes, J. 2003. How to do media and cultural studies. London: SAGE Publication

Ltd.

Syamsul, A. 2015. Jurnalistik Online: Panduan Mengelola Media Online. Bandung : Nuansa Candekia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI