Pesan Komunikasi Kesehatan pada Posting Instagram Alodokter dan Halodoc

Ribka Kinanti Maharani Kassa(1*), Titi Nur Vidyarini(2), Vita Monica(3),


(1) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk melihat gambaran umum dan perbandingan pesan komunikasi kesehatan pada posting Instagram Alodokter dan Halodoc. Instagram merupakan media sosial yang digunakan oleh Alodokter dan Halodoc sebagai media untuk melakukan komunikasi pemasaran. Penggambaran isi pesan komunikasi kesehatan dilihat melalui analisis isi pada posting media sosial Instagram. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa posting Instagram Alodokter dan Halodoc melakukan frekuensi unggahan paling sering Senin dan Rabu. Elemen struktur pesan yang paling banyak ditemukan adalah pola penyimpulan tersurat. Elemen gaya pesan yang paling banyak ditemukan adalah mudah dimengerti dan perbendaharaan kata. Elemen daya tarik pesan yang paling banyak ditemukan adalah rasional. Posting disajikan melalui media mage, slideshow, caption dan hashtag. Respon atas posting Alodokter dan Haldoc dapat dilihat melalui jumlah likes dan komentar dengan dominasi dari jenis komentar positif.


Keywords


Pesan komunikasi kesehatan, Instagram, Marketing Public Realtions

Full Text:

PDF

References


Leonita, E., & Jalinus, N. (2018). Peran Media Sosial Dalam Upaya Promosi Kesehatan: Tinjauan Literatur. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 18(2), 25–34. https://doi.org/10.24036/invotek.v18i2.261

Philip, K., & Keller. (2007). Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. In Edisi Pertama. Prentice Hall.

Rosini, R., & Nurningsih, S. (2018). Pemanfaatan media sosial untuk pencarian dan komunikasi informasi kesehatan. Berkala Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 14(2), 226. https://doi.org/10.22146/bip.33844

Safitri, D., Sekarwulan, A., & Purwanto, H. (2020). Peran Instagram @P2Ptmkemenkesri Sebagai Media Kampanye Kesehatan. Communications, 2(1).

Yulia, I. (2018). Optimalisasi Penggunaan Media Sosial dalam Pemasaran Sosial dan Komunikasi Perubahan Perilaku (Suatu Pendekatan Studi Literature Review). Hearty, 6(2). https://doi.org/10.32832/hearty.v6i2.1276


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI