Pengaruh Kualitas Website Dinas Kebudayaan D.I Yogyakarta terhadap Citra Kota Yogyakarta terkait Aspek Budaya bagi Warganya

Sophia Juliati(1*), Otto Bambang Wahyudi(2), Titi Nur Vidyarini(3),


(1) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Kota Yogyakarta memiliki banyak predikat, salah satunya adalah kota budaya. Identitas yang melekat pada Yogyakarta merupakan citra yang membedakan kota Yogyakarta dari kota lainnya. Oleh karena itu penting bagi suatu kota untuk memiliki citra yang menjadi ciri khas dari kota tersebut. Citra kota dapat berhasil apabila publik internal, seperti masyarakat, di kota tersebut turut menghidupkan branding atau image yang berusaha dibentuk. Dengan perkembangan zaman yang menghambat pewarisan budaya, Dinas Kebudayaan D.I Yogyakarta yang mengelola kebudayaan tersebut memanfaatkan media internet, salah satunya website, untuk menyampaikan informasi terkait kebudayaan Yogyakarta. Memanfaatkan media internet menjadi salah satu strategi public relations di era digital untuk berkomunikasi dengan publiknya. Dalam teori komunikasi S-O-R, pesan yang disampaikan melalui media tertentu dapat menjadi stimulus yang membentuk persepsi yang pada akhirnya membentuk citra. Masyarakat Yogyakarta sebagai pelaku kebudayaan dan juga yang berperan penting dalam pembentukan citra kota Yogyakarta menjadi objek dalam penelitian ini. Penelitian dilakukan dengan metode survei kuantitatif. Survei dilakukan dengan kuesioner mengenai pengaruh yang diberikan oleh website dengan kualitas tertentu terhadap pembentukan citra. Indikator yang digunakan untuk kualitas website sebagai variabel independen adalah usability quality, information quality dan design quality. Sedangkan indikator yang digunakan pada pembentukan citra sebagai variabel dependen adalah persepsi dan sikap yang berkaitan dengan citra kota dalam aspek budaya.


Keywords


Citra, Kualitas Website, Public Relations, Citra Kota.

Full Text:

PDF

References


Akbar, M.F & Madjid, I. (2017). Pengaruh Kualitas Web Dirasakan dengan Kepercayaan sebagai Variabel Mediasi terhadap Sikap Berbelanja Online

pada Pengguna Portal Lazada.co.id Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 2 (1), 85-97.

Anholt, S. (2008). Place Branding: Is it Marketing or isn’t it?. Place Branding and Public Diplomacy, 4 (1), 1-6.

Amaly, N. (2016). Pengaruh Kualitas Informasi Terhadap Destinasi Citra Pasar Terapung Pada Wisatawan Domestik. (Skripsi). Universitas Airlangga, Surabaya, Indonesia.

Ardianto, Elvinaro dan Soleh Soemirat. (2008). Dasar-Dasar Public Relations. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Bailey, J.E & Pearson, S.W. (1983). Development of a Tool for Measuring and Analyzing User Satisfaction. Management Science, 29 (5), 530-545.

Bawono, I. (2012). Citra Bank Dalam Keputusan Pembelian Produk KPR Oleh Konsumen. (Skripsi). Universitas Indonesia, Jakarta, Indonesia.

Davis, Anthony. (2005). Everything You Should Know About Public Relations. Jakarta: Gramedia.

Davis, F. (1989). Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology. MIS Quarterly, 13 (3), 51-340.

Effendy, O.U. (2003). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: PT . Remaja Rosdakarya.

Govers, R. (2011). From Place Marketing to Place Branding and Back. Place Branding and Public Diplomacy, 7 (4), 227-231.

Hartono, H. (2014). Pengertian Website dan Fungsinya. Retrieved from file:///E:/skripsi/data%20pendukung/PENGERTIAN%20WEBSITE%20DA N%20FUNGSINYA.pdf.

Ha, Y. & Im, H. (2012). Role of Website Design Quality in Satisfaction and Word of Mouth Generation. Journal of Service Management, 23 (1), 79-96.

Herlinawati, M. (2018, October 24). Yogyakarta Ditetapkan Sebagai Kota Kebudayaan ASEAN. Antaranews.com. Retrieved from https://www.antaranews.com/berita/761557/yogyakarta-ditetapkan-sebagai- kota-kebudayaan-asean.

Hsu, HY. & Tsou, HT. (2011). The Effect of Website Quality on Consumer Emotional States and Repurchases Intention. Journal of Business Management, 5 (15), 6195-6200.

Kistanto, N. (2017). Tentang Konsep Kebudayaan. Sabda: Jurnal Kajian Kebudayaan, 10 (2), 1-11.

Kriyantono, R. (2009). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Malang: Kencana Prenada Media Grup.

Luthfi, A. & Widyaningrat, A. I. (2018). Konsep City Branding sebuah Pendekatan “The City Brand Hexagon” pada Pembentukan Identitas Kota. Seminar Nasional Manajemen dan Bisnis ke-3, 315-323.

Murdiyastomo, HY. (2017). Budaya Lokal dalam Perkembangan Pariwisata di Yogyakarta. Yogyakarta: Ilmu Sejarah FIS UNY.

Mahdayeni, Alhaddad, M.R., & Saleh, A.S. (2019). Manusia dan Kebudayaan. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7 (2), 154-165.

Meilani. (2014). Berbudaya Melalui Media Digital. Humaniora, 5 (2), 1009-1014.

Purba, D. Y. BR. (2014). Pengaruh Kualitas Website Terhadap Citra (Studi Kuantitatif Kualitas Website Pemerintah Kota Yogyakarta Terhadap Citra Pemerintah Kota Yogyakarta). (Skripsi). Universitas Atma Jaya, Yogyakarta, Indonesia.

Salam, S. S. (2016). Pengaruh Kualitas Website (tangerangkab.go.id) Terhadap Citra Pemerintah Kabupaten Tangerang. (Skripsi). Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Banten, Indonesia.

Suharsono, B. (n.d). Tata Nilai Budaya Yogyakarta. Retrieved from http://upy.ac.id/media/document/tata-nilai-budaya-yogyakarta- 5da03850be96d.pdf.

Yazid, A. (2013). Analisa Perbaikan Mesin Hamada 700cda Dan Upaya Meminimalkan Cacat Pada Proses Cetak Buku Menggunakan Metode DMAIC (Studi Kasus di CV. Sumber Jaya Singopuran RT/RW 03/II, Gonilan Surakarta). (Skripsi). Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Wahyu Nila Sari, B. (2012). Humas Pemerintah. Yogyakarta: Graha Ilmu.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI