Strategi Impression Management K.H. Ma’ruf Amin Saat Menjadi Wakil Presiden RI 2019 – 2024 Melalui Instagram @Kyai_marufamin

Marco Nugroho(1*), Gatut Priyowidodo(2), Jandy Edipson Luik(3),


(1) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen PetraStrategi Impression Management K.H. Ma’ruf Amin Saat Menjadi Wakil Presiden RI 2019 – 2024 Melalui Instagram @Kyai_marufamin
(*) Corresponding Author

Abstract


mpression management adalah upaya membangun kesan yang dilakukan setiap orang dengan maksud membuat citra diri dan tujuan tertentu. Semua orang secara sadar atau tidak juga membangun kesan dirinya untuk orang lain, termasuk K.H. Ma’ruf Amin sebagai tokoh politik. K.H. Ma’ruf Amin merupakan Wakil Presiden RI 2019 – 2024 yang baru saja dilantik.

Peneliti ingin mengetahui strategi impression management K.H. Ma’ruf Amin saat menjadi Wakil Presiden RI 2019 – 2024 melalui Instagram @kyai_marufamin dengan menggunakan metode analisis isi kuantitatif deskriptif. Penelitian ini melakukan koding terhadap pesan verbal yang ada di dalam foto, video, dan caption teks pada 113 postingan yang diunggah di instagram @kyai_marufamin saat masa 100 hari kerja, dan setelah masa 100 hari kerja. Adapun strategi impression management yang digunakan adalah : ingratiation, self-promotion, intimidation, exemplification, dan supplication. Hasil penelitian ini menunjukkan strategi yang paling banyak digunakan oleh K.H. Ma’ruf Amin adalah strategi ingratiation dengan sub indikator sikap memotivasi pihak lain. K.H. Ma’ruf Amin sebagai Wakil Presiden RI menunjukkan sebagai sosok orang yang ingin disukai oleh pihak lain dengan cara memotivasi orang lain lewat berbagai pesan

verbal yang ia tunjukkan di instagramnya.


Keywords


Impression Management, Political Public Relations, K.H. Ma’ruf Amin, Wakil Presiden RI, Instagram

Full Text:

PDF

References


Ahmad, N. R. (2019, Oktober 19). Profil Lengkap, Jejak Karier dan Pendidikan KH Ma’ruf Amin yang akan Dilantik sebagai Wapres Jokowi. Tribunnews.com. Retrieved from https://www.tribunnews.com/nasional/2019/10/19/profil-lengkap-jejak-karier-dan-pendidikan-kh-maruf-amin-yang-akan-dilantik-sebagai-wapres-jokowi

Bernays, E. L. (1952). Public Relations. Norman: University of Oklahoma Press.

Bolino, M. C., & Turnley, W. H. (1999). Measuring impression management in organizations: A scale development based on the Jones and Pittman Taxonomy. Organizational Research Methods, 2(2), 187-206.

Eriyanto (2011). Analisis Isi : Pengantar Metodologi untuk Penelitian. Jakarta : Gramedia

Fieseler, C., Meckel, M., & Ranzini, G. (2015). Professional personae: How organizational identification shapes online identity in the workplace. Journal of Computer-Mediated Communication, 20(2), 153-170. https://doi.org/10.1111/jcc4.12103

Goffman, E (1959). The Presentation of Self in Everyday Life. United States of America : Anchor Books

Gruning, J. E. (2001). Two Way Symmetrical Public Relations : Past, Present, Future. In. R.L. Heath. (Ed.). Handbook of Public Relations. (p 11-30). Thousand Oaks. CA : Sage

Hasibuan, L. (2019, Maret 5). Wah, RI Jadi Pengguna Instagram Terbanyak Se-Asia Pasifik. CNBC Indonesia. Retrieved from https://www.cnbcindonesia.com/lifestyle/20190305173423-33-59051/wah-ri-jadi-pengguna-instagram-terbanyak-se-asia-pasifik

Jones, E., & Pittman T (1982). Pshycological Perspective On The Self. New York : University of New York at Aibany

Kriyantono, R (2014). Public Relations, Issue & Crisis Management. Pendekatan Critical Public Relation, Etnografi Kritis & Kualitatif. Jakarta : Prenada Media Kencana

L’Etang (2008). Public Relations Concepts. Practice and Critique. UK: SAGE Publications Ltd.

Martono, N (2016). Metode Penelitian Kuantitatif: Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder. Jakarta: Rajawali Press

Murwani, E (2018). The Impression Management Strategy of the Candidates of Governor-Vice Governor of DKI Jakarta on Social Media. Jurnal Komunikasi Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia, 3(2), 113-121

Nathaniel, F. (2019, Maret 26). "Citra Ulama Ma'ruf Kuat, Peneliti: Dia Bisa Redam Isu Anti-Islam". Tirto.id. Retrieved from https://tirto.id/dkiN

Neuman, W. L. (2003). Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approaches. Boston: Allyn and Balcon

Ritzer, G. (2009). Teori Sosiologi. Yogyakarta: Kreasi Wacana.

Siedharta, I. (2017). Strategi Impression Management Presiden Joko Widodo Melalui Komunikasi Program Prioritas Pemerintah Dalam Akun Youtube “Presiden Joko Widodo”. (Skripsi. Universitas Kristen Petra, 2017). Retrieved from https://dewey.petra.ac.id/catalog/digital/detail?id=40118

Stromback, J., Kiousis, S. (2011). Political Public Relations: Principles and Applications. New York: Routledge.

Ulfah. N., Kusuma, R. S., & Kom, M. I. (2018). Impression Management Pejabat Publik Dalam Media Sosial Analisis Isi Kualitatif Deskriptif Pengelolaan Kesan Walikota Bandung Ridwan Kamil Melalui Unggahan Foto dan Video dalam Akun Instagram@ ridwankamil. (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2018). Retrieved from http://eprints.ums.ac.id/61835/2/NASKAH%20PUBLIKASI-240.pdf


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI