Konstruksi Relasi Publik atas Citra Didi Kempot di Instagram @didikempot_official
(1) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian berdasar konsep konstruksi Relasi Publik yang dilakukan oleh Tim Komunikasi Digital Didi Kempot yang dilakukan sepanjang posting akun @didikempot_official pada bulan Juli 2019 – Desember 2019. Konstruksi ini dilakukan untuk membentuk opini publik atau penggemar mengenai citra Didi Kempot. Penelitian ini menggunakan teori framing dari Pan dan Kosicki yang memiliki struktur sintaksis, struktur skrip, struktur tematik dan struktur retoris. Pan dan Kosicki dalam teorinya menjelaskan bagaimana proses membuat suatu pesan menjadi menonjol dan menempatkan informasi lebih dari yang lain sehingga khalayak lebih tertuju pada pesan tersebut. Hasilnya Didi Kempot digambarkan sebagai selebriti atau musisi yang memiliki sifat spiritualis, memiliki kredibilitas dan kompetensi sebagai seorang artis. Didi Kempot pun digambarkan sebagai sosok dicintai berbagai generasi dan golongan, dan bangga dengan identitas Budaya Jawa-nya. Citra ini merupakan wish image sebagai citra yang diharapkan subyek pelaku pencitraan, yang berbeda dengan atribusi pada current image Didi Kempot di antara para fans, dimana ia disebut sebagai The Godfather of Broken Heart.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alyusi, D. (2016). Media Sosial : Interaksi, Identitas, Modal Sosial. Surabaya: Prenada Media. Andre, D. (2018). Konstruksi Image Rich Chigga di Media Sosial dan Media Online. Surabaya:
Universitas Kristen Petra.
Benoit, W. L. (1995). Accounts, excuses, and apologies : A theory of image restoration. Albany, New York: State University of New York Press.
Berger, Peter L., dan Thomas Luckman. Social Construction of Reality: A Treatise in Sociology of Knowledge. USA: Open Road Media.
Boorstin, D.J. 1992. The Image: A guide to pseudo-events in America. New York: Vintage Books. Bungin, Burhan. 2010. Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan, Publik, dan Ilmu
Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana Persada Media Group.
Cutlip, Scott. 2006. Effective Public Relations. International Edition.
Entman, R.M. 1993. “Framing toward clarification of a fractured paradigm”, Jurnal of
Communication
Eriyanto. 2002. Analisis Framing: Konstruksi, Ideologi, dan Politik Media.
Yogyakarta: PT. LKIS Pelangi Aksara.
Hallahan, K. 1999. “Seven models of framing: implications for public relations”. Journal of
Public Relations Research. Vol. 11 No.3
Ishwara, Luwi. 2007. Catatan-Catatan Jurnalisme Dasar. Jakarta: Kompas.
Ivtzan, Gardner. (2011). Linking religion and spirituality with psychological well-being:
Examining self- actualization, meaning in life, and personal growth initiative. Journal of
Religion and Health.
Jefkins, Frank. 2003. Public Relations. Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga. Jurnal Indonesia. (2017, Maret 17) Didi Kempot Duta Baru Kereta Api.
https://www.jurnalindonesia.net/didi-kempot-duta-baru-kereta-api/
Kriyantono, Rachmat. 2009. Riset Komunikasi: Disertai Contoh Praktis Riset Media, Public
Relations, Advertasing, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Kenca Kriyantono, Rachmat. 2014. Public Relations Perspektif Barat & Lokal, Aplikasi Penelitian dan
Praktik. Jakarta: Kencana
Mayfield, A. (2008). What is Social Media? London: iCrossing.
McCracken, Grant. 1989. “Who is the Celebrity, Endorser? Cultural Foundations of the Endorsment Process.” Journal of Consumer Research.
Moerdijati, S. (2012). Pengantar Ilmu Komunikasi. Surabaya: PT REVKA PETRA MEDIA.
Mulyana, Deddy. 2009. Pengantar Ilmu Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya
Pawito, 2007. Penelitian Komunikasi Kualitatif. Yogyakarta: PT. LKIS Pelangi Aksara. Potter, Deborah. 2006. Buku Pegangan Jurnalisme Independen. USA: Biro Program Informasi
Internasional Deplu AS.
Rakhmat, Jalaluddin. 2002. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Reese, Stephen D,.et al. (ed). Framing Public Life: Perpectives on Media and Our Understanding
of Social World. New Jersey: Lewrence Erlbaum Associates,Inc.
Rifon, Choi. 2007. Who is the Celebrity in Advertising? Understanding Dimension of Celebrity
Image.
Turner G, Bonner F and Marshall PD (2000) Fame Games: The Production of Celebrity in
Australia. Melbourne, VIC, Australia: Cambridge University Press.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI