Citra The Royal Family pasca Krisis ‘Megxit’ di media online BBC.CO.UK dan TheGuardian.com

Laurentia Sophie Budiono(1*), Astri Yogatama(2), Titi Nur Vidyarini(3),


(1) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) 
(3) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui citra The Royal Family setelah terjadinya krisis ‘Megxit’ di media online BBC.CO.UK dan TheGuardian.com. The Royal Family sebagai organisasi monarki mendapat sorotan dari media dari berbagai negara setelah Pangeran Harry dan Meghan Markle memutuskan untuk keluar dari anggota senior The Royal Family. Indikator yang digunakan untuk mengukur citra ini adalah elemen-elemen citra dari Vos yaitu primary impression, familiarity, perception, preference serta position.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis isi untuk menganalisis citra The Royal Family dalam media. Hasil penelitian menunjukkan citra The Royal Family sebagai organisasi yang demokratis dalam menyelesaikan krisis. The Royal Family melibatkan anggotanya dalam proses pengambilan keputusan untuk masa depan organisasi.


Keywords


Citra, organisasi, public relations, analisis isi, dan berita

Full Text:

PDF

References


Baines, P., Egan, J., & Jefkins, F. (2004). Public Relations: Contemporary Issues and Techniques. Elsevier Butterworth-Heinemann.

Eriyanto. (2015). Analisis Isi: Metodologi untuk Penelitian Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. 3th ed. Jakarta: Prenamedia Group.

Grunig, L., Grunig, J., & Dozier, D. (2002). Excellent public relations and effective organizations. Lawrence Erlbaum.

Jefkins, F. (2002). Pubic Relations. 5th ed. Jakarta: Erlangga.

Johansson, L. (2016). Better infamous than unknown?: A study on the media effects of a scandal

on corporate reputation and visibility. Uppsala University. Retrieved 5 June 2020, from. Kriyantono, Rakhmat. (2006). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Departemen Prenada

Media Group

Kriyantono, R. (2014). Teori-Teori Public Relations Perspektif Barat & Lokal: Aplikasi Penelitian

dan Praktik (2nd ed.). KENCANA.

Nova, F. (2009). Crisis Public Relations. Jakarta: Grasindo.

Nurtjahjani, F., & Trivena, S. (2018). Public Relations: Citra & Praktek (1st ed.). Malang: Polinema Press.

Pew Research Center's Journalism Project. (2020). Western Europeans Under 30 View News Media Less Positively, Rely More on Digital Platforms Than Older Adults. [online] Available at: https://www.journalism.org/2018/10/30/western-europeans-under-30-view- news-media-less-positively-rely-more-on-digital-platforms-than-older-adults/ [Accessed 17 Feb. 2020].

Sari, A. (2020). Dasar-Dasar public Relations Teori dan Praktik (1st ed.). Yogyakarta: Deepublish.

Vos, M.F. (1992). The Corporate Image Concept: A Strategic Approach. Utrecht: Lemma


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI