Tingkat Pengetahuan Masyarakat Mengenai Iklan Tokopedia BTS Versi "Tokopedia Saja" di Instagram

Michael Stefan Setianto Liem(1*), Judy Djoko Wahjono Tjahjo(2), Felicia Goenawanf(3),


(1) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk meneliti tingkat pengetahuan masyarakat mengenai iklan Tokopedia BTS versi "Tokopedia Saja" di Instagram. Tokopedia menggunakan BTS sebagai celebrity endorser dalam iklan mereka sejak bulan Oktober 2019. Periklanan merupakan salah satu komponen dalam komunikasi pemasaran. Dalam penelitian ini, peneliti melakukan penelitian kuantitatif deskriptif dengan total responden 100 orang, dengan menggunakan purposive sampling. Dalam penelitian ini, peneliti bertujuan untuk mengetahui tingkat pengetahuan masyarakat mengenai iklan Tokopedia BTS versi "Tokopedia Saja" di Instagram apakah rendah/sedang/tinggi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori S-O-R, tingkat pengetahuan dan iklan. Hasil penelitian ini secara keseluruhan adalah masyarakat mempunyai tingkat pengetahuan tinggi mengenai iklan Tokopedia BTS versi "Tokopedia Saja" di Instagram. Hasil tingkat pengetahuan tinggi di dapat melalui pengetahuan responden yang tinggi dalam dimensi struktur pesan dan sumber pesan tetapi dalam dimensi daya tarik iklan hasilnya adalah sedang.


Keywords


Komunikasi Pemasaran, Tingkat Pengetahuan, Iklan, Tokopedia

Full Text:

PDF

References


A.M, Morissan. (2010). Periklanan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Kencana Clow, Kenneth E. & Donald Baack. (2007). Integrated Advertising, Promotion, & Marketing

Communications. Newy Jersey: Pearson Education, Inc.

Durianto, D., Wachidin Wijaya, A., Supraktikno, H., & Sugiarto. (2003). Invasi Pasar Dengan

Iklan Yang Efektif. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Effendy, Onong Uchjana. (2003). Ilmu, Teori, dan Filsafat Komunikasi. Bandung: PT. Citra

Aditya Bakti

Elmira, Putu. (2019, October). Tokopedia Gandeng BTS Jadi Brand Ambassador Untuk Kampanye Terbaru. Retrieved January, 10 2020 from Engel, J. F., G. Blackwell, dan P. W. Miniard. (1994). Perilaku Konsumen. https://www.liputan6.com/lifestyle/read/4081883/tokopedia- gandeng-bts-jadi-brand-ambassador-untuk-kampanye-terbaru

Era.id. (2019, October) Wordplay di Balik Iklan BTS Tokopedia. Retrieved Februari, 27 2020 from https://www.era.id/read/3WUK5A-wordplay-di-balik-iklan-bts-tokopedia

Fill, Chris. (1999). Marketing Communication, Contexts, Contents and Strategies. Singapore: Prectice Hall

Kotler, dan Keller. (2012). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga

Kriyantono, Rachmat. (2009). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Malang: Prenada Media Group

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Ruslan, Rosady. (2006). Metode Penelitian Public Relations dan Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI