Tingkat Pengetahuan Masyarakat Mengenai Iklan Tokopedia BTS Versi "Tokopedia Saja" di Instagram
(1) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk meneliti tingkat pengetahuan masyarakat mengenai iklan Tokopedia BTS versi "Tokopedia Saja" di Instagram. Tokopedia menggunakan BTS sebagai celebrity endorser dalam iklan mereka sejak bulan Oktober 2019. Periklanan merupakan salah satu komponen dalam komunikasi pemasaran. Dalam penelitian ini, peneliti melakukan penelitian kuantitatif deskriptif dengan total responden 100 orang, dengan menggunakan purposive sampling. Dalam penelitian ini, peneliti bertujuan untuk mengetahui tingkat pengetahuan masyarakat mengenai iklan Tokopedia BTS versi "Tokopedia Saja" di Instagram apakah rendah/sedang/tinggi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori S-O-R, tingkat pengetahuan dan iklan. Hasil penelitian ini secara keseluruhan adalah masyarakat mempunyai tingkat pengetahuan tinggi mengenai iklan Tokopedia BTS versi "Tokopedia Saja" di Instagram. Hasil tingkat pengetahuan tinggi di dapat melalui pengetahuan responden yang tinggi dalam dimensi struktur pesan dan sumber pesan tetapi dalam dimensi daya tarik iklan hasilnya adalah sedang.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
A.M, Morissan. (2010). Periklanan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Kencana Clow, Kenneth E. & Donald Baack. (2007). Integrated Advertising, Promotion, & Marketing
Communications. Newy Jersey: Pearson Education, Inc.
Durianto, D., Wachidin Wijaya, A., Supraktikno, H., & Sugiarto. (2003). Invasi Pasar Dengan
Iklan Yang Efektif. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
Effendy, Onong Uchjana. (2003). Ilmu, Teori, dan Filsafat Komunikasi. Bandung: PT. Citra
Aditya Bakti
Elmira, Putu. (2019, October). Tokopedia Gandeng BTS Jadi Brand Ambassador Untuk Kampanye Terbaru. Retrieved January, 10 2020 from Engel, J. F., G. Blackwell, dan P. W. Miniard. (1994). Perilaku Konsumen. https://www.liputan6.com/lifestyle/read/4081883/tokopedia- gandeng-bts-jadi-brand-ambassador-untuk-kampanye-terbaru
Era.id. (2019, October) Wordplay di Balik Iklan BTS Tokopedia. Retrieved Februari, 27 2020 from https://www.era.id/read/3WUK5A-wordplay-di-balik-iklan-bts-tokopedia
Fill, Chris. (1999). Marketing Communication, Contexts, Contents and Strategies. Singapore: Prectice Hall
Kotler, dan Keller. (2012). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga
Kriyantono, Rachmat. (2009). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Malang: Prenada Media Group
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Ruslan, Rosady. (2006). Metode Penelitian Public Relations dan Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI