Sikap Followers Akun Instagram Campfire Tentang Publikasi Campfire Outdoor Cuisine Pada Medium Instagram

David Irawan(1*), Judy Djoko Wahjono Tjahjo(2), Astri Yogatama(3),


(1) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sikap followers tentang publikasi Campfire pada medium Instagram. Publikasi (publication) merupakan tugas public relations atau humas dalam menceritakan atau menyampaikan sebanyak mungkin pesan atau informasi mengenai kegiatan perusahaan kepada masyarakat luas, dengan kata lain publikasi merupakan kegiatan terpenting dan menjadi sebuah ujung tombak dari kegiatan PR atau humas untuk menampilkan citra positif perusahaan. Campfire menggunakan publikasi di Instagram sebagai salah satu strategi pemasaran yang dilakukan. Isi pesan publikasi terbagi menjadi tiga sub indikator yaitu, konsep restoran, identitas perusahaan, konten publikasi. Sehingga peneliti ingin melihat sejauh mana sikap audiens tentang publikasi Campfire di Instagram. Jenis penelitian ini menggunakan kuantitatif deskriptif dan menggunakan metode penelitian survei online. Hasil penelitian menunjukan bahwa sikap followers positif tentang publikasi Campfire pada medium Instagram. Dengan sikap positif paling tinggi terdapat pada indikator konatif. Dan yang terendah pada indikator kognitif.


Keywords


Sikap, publikasi, komunikasi pemasaran, Campfire Outdoor Cuisine

Full Text:

PDF

References


Abadi, S. (1994). Marketing Public Relations Upaya Memenangnkan Persaingan. Jakarta: Lembaga Management FEUI.

Armstrong, & Kotler, P. (2012). Dasar-dasar Pemasaran, Jilid 1, Edisi Kesembilan, Jakarta : PT. Indeks Gramedia.

Azwar, S. (2005). Sikap Manusia : Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta : Pustaka Pelajar. Belch, George, E., Michael, A. (2009). Advertising and Promotion: An Integrated Marketing

Communication Perspective, 8th Edition. New York: Pearson Education.

Cummins, J. (1991). Promosi Penualan. Jakarta: Binarupa Aksara.

Durianto, Darmadi, Sugiarto & Budiman, L.K. (2004). Brand Equity Ten: Stategi memimpin Pasar. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Evans, Dave. (2012). Social Media Marketing: An Hour A Day. Indianapolis: John Wiley & Sons, Inc.

Jalalludin, R. (2002). Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Kennedy, J.E. (2009). Manajemen Event. Jakarta: PT Bhuana Ilmu Populer.

Kotler, P. (2005). Manajemen Pemasaran. Jakarta : PT Indeks Kelompok Gramedia. Morissan, M., dkk. (2012). Metode Penelitian Survei. Jakarta: Kencana.

Ruslan, R. (2008). Praktik Dan Solusi Public Relation. Jakarta : Ghalia Indonesia.

Shimp, T.A. (2002). Periklanan Promosi: Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu.

Jakarta: Erlangga.

Schiffman, & Kanuk. (2008). Perilaku Konsumen. Edisi 7. Jakarta: Indeks.

Silalahi, U. (2009). Metode Penelitian Sosial. Bandung: PT Refika Aditama.

Sigelman, C.K & Rider, E.A. (2010). Life Span Humann Development, Fourth Edition. USA: Thomson Wadsworth.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Waddington, S. (2012). Share This: The Social Media Handbook For Pr Professionals. United Kingdom: John Wiley & Sons Ltd.

Wasesa, S.A & Macnamara, J. (2010). Strategi Public Relations. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI