Evaluasi Program Corporate Social Responsibility “Kampung HSSE Pertamina” PT. Pertamina (Persero)

Celyne Celyne(1*), Otto Bambang Wahyudi(2), Titi Nur Vidyarini(3),


(1) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengevaluasi program Corporate Social Responsibility Kampung HSSE yang dilakukan PT. Pertamina (persero). Dalam pelaksanaan program Corporate Social Responsibility Kampung HSSE PT. Pertamina (persero), ini, PT. Pertamina memilih RW 04 Jagir, Wonokromo, Surabaya sebagai publik sasarannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus intrinsik. Dalam penelitian evaluasi program Corporate Social Responsibility Kampung HSSE PT. Pertamina (persero), peneliti menemukan bahwa adanya program partisipatif dalam perencanaan program ini serta adanya hambatan karena kecemburuan antar warga dalam pelaksanaan program.


Keywords


Program, Evaluasi, Corporate Social Responsibility, PT. Pertamina (persero).

Full Text:

PDF

References


Carissa, Ruth. (2016). Evaluasi program corporate social responsibility “organic intergrated system” PT pembangkitan Jawa-Bali Unit Pembangkitan Paiton. Surabaya:Universitas Kristen Petra.

Cutlip, Center, Broom. (2009). Effective public reltions. Jakarta: Kencana

Creswell, John. W. (2015). Penelitian Kualitatif & Desain Riset Memilih di antara Lima Pendekatan

(Edisi ke-3). Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Pertamina. (9 Juli 2018). Retrieved from https://www.pertamina.com/id/news-room/energia-

news/program-kampung-hsse-untuk-kampung-hijau-pertamina-

Putra, I Gusti Ngurah. (1999). Manajemen Hubungan Masyarakat. Yogyakarta : Universitas Atmajaya.

Prayogo, D. (2013). Socially Responsible Corporation : Peta Masalah, Tanggung Jawab Sosial dan Pembangunan Komunitas pada Industri Tambang dan Migas. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia.

Regester, Michael, Judy Larkin. (2003). Risk Issues and Crisis Management in Public Relations. New Delhi: Crest Publishing House.

Solihin, Ismail. (2009). Corporate Social Responsibility from Charity to Sustainability. Jakarta : Salemba Empat.

Septianingsih, Mega. (2018). Evaluasi Program Corporate Social Responsibility (CSR) PT Pertamina (Persero). https://media.neliti.com/media/publications/4303-ID-evaluasi- program-corporate-social-responsibility-dan-community-development-pada.pdf

Seitel, F. P. (2011). The Practice of Public Relation: Eleventh Edition. New Jersey:Pearson Education, Inc

Situmeang, I. (2016). Corporate Social Responsibility Dipandang Dari Perspektf Komunikasi Organisasi. Yogyakarta:Ekuilibria.

Wibisono, Yusuf. (2007). Membedah Konsep dan aplikasi corporate social responsibility. Gresik: Fascho Publishing.

Wattimury, H. (2012). Evaluasi Program CSR Anjungan Baca Pertamina PT Pertamina (persero) di RSUD Dr. Soetomo Surabaya. Surabaya: Universitas Kristem Petra (Skripsi: Tidak dipublikasikan)

Yin, Robert K. (2013). Studi Kasus Desain dan Metode. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI