Efektivitas Notice Board sebagai Media Internal Hotel Majapahit Surabaya managed by Accorhotels

Dina Tinezia(1*), Judy Djoko Wahjono Tjahjo(2), Astri Yogatama(3),


(1) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas notice board sebagai media internal Hotel Majapahit Surabaya managed by Accorhotels. Di era perkembangan teknologi yang pesat, Hotel Majapahit Surabaya managed by Accorhotels masih menggunakan notice board yang merupakan media tradisional. Media internal memiliki peran penting yaitu menyampaikan informasi dari manajemen ke karyawannya. Teknik analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan metode survai. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa indikator tertinggi yaitu flexibility dan indikator terendah yaitu credibility dan control. Secara keseluruhan notice board sebagai media internal Hotel Majapahit Surabaya managed by Accorhotels efektif.


Keywords


Efektivitas, Notice Board, Media Internal, Komunikasi Internal

Full Text:

PDF

References


Abdurrachman, O. Dasar-Dasar Public Relations. Citra Aditya Bakti, 2001.

AbuKhalifeh, A.N., Som, A.P.M. (2012, July). Service Quality Management in Hotel Industry: A Conceptual Framework for Food and Beverage Departments. International Journalof Business and Management. 7(14). 135 – 141.

Austin, E., Weintraub,. Pinkleton, Bruce, E. (2006). Strategic Public Relations Management. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates.

Bencsik, Andrea, Horvath, Csikos Gabriella, Jushasz, Timea. (2016, September). Y and Z Generations at Wokrplaces. Journal of Competitiveness. 8(3). 90 – 106.

Bungin, M. B (2009). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana.

Coulson-Thomas, C. Public Relations: Pedoman Praktis Untuk PR. Bumi Aksara, 1993.

Cutlip, Center & Broom. (2006). Effective Public relations. Ninth Edition. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Darjono, Felisia Yosicho. (2016). Evaluasi Program Employee Relations Toyota Asri Motor Tahun 2015. Undergraduated Thesis, Universitas Kristen Petra, Surabaya

Effendy, Onong Uchjana. (1993). Human Relations dan Public Relations. Bandung: Mandar Maju Febriyanti, Sisca. (2008). Sikap Konsumen Hotel Majapahit, Surabaya mengenai Logo Hotel

Majapahit, Surabaya. Undergraduated Thesis, Universitas Kristen Petra Surabaya. Ferananti, MF Dinda. (2011). Manajemen Special Event (Kasus: Perayaan Ulang Tahun Lembaga

Indonesia Perancis Ke-35. Undergraduate Thesis. Universitas Atma Jaya, Yogyakarta. Gandhi, H. T., Destania, S. (2015, November). Pengelolaan Media Internal “Newsletter Legal &

Corsec” PT Salim Ivomas Pratama TBK Jakarta”. Jurnal Visi Komunikasi, 14(2), 192-205.

We are Social, (2019). Digital 2019 Indonesia. Retrieved Feberuary, 2020, from wearesocial.com

Griffith, D.A., (2002). The role of communication competencies in international business relationship development. Journal of World Business, 37 (4), 256-265.

Halim, R.A, dkk (2011). Assessing the Effectiveness of Conventional Notice Board in Universities’ Information Delivery. Gading Bussiness and Management Journal. 15(n.n.). 49 -58.

Hardjana, A. (2000). Audit Komunikasi Teori dan Praktek. Jakarta: PT Grasindo

Hartanto, Deddi Duto. (2001, January). Penggunaan Ilustrasi sebagai Daya Tarik pada Iklan Media

Cetak. NIRMANA. 3(1). 40 – 48.

Jefkins, Frank (2004). Public Relations. Jakarta: Erlangga

Kriyantono, Rachmat. (2006). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Kurnia, N. (2005, Desember). Perkembangan Teknologi Komunikasi dan Media Baru: Implikasi terhadap Teori Komunikasi. Jurnal Mediator, 6(2), 291-296.

Laksamana, Kevin. (2014). Peran Budaya Organisasi dalam Membangun Employee Relations pada CV. Cipta Megah Kreasi di Surabaya. Undergraduated Thesis, Universitas Kristen Petra, Surabaya

Lattimore, Dan., Baskin, Otis., Heiman, Suzette., Toth, Suzette. Toth, Elizabeth. (2010). Public Relations Profesi dan Praktik. Jakarta: Salemba Humanika.

Maulida, Iroma., Prastiwi, Ratih Sakti., Hapsari, Liestiani Harlyn. (2016, July). Analisis Hubungan Karakteristik Kepala Keluarga dengan Perilaku Pencegahan Demam Berdarah di Pakijangan Brebes. Infokes. 6(1). 1 -5.

Mogel, Leonard (1993). Making It in Public Relations. New York: Macmillan Publishing Company.

Nasution, L.M. (2017). Statistik Deskriptif. Jurnal Hikmah, 14(1), 49-55.

Novia, J. (2013). Efektivitas Media Komunikasi Internal SMAK Kolase Santo Yusup. Undergraduate Thesis, Universitas Kristen Petra, Surabaya.

Nuswantoro, A. R. (2014, Desember). Konservasi Media: Memori Kultural pada Media-Media Lama. Jurnal Ilmu Komunikasi, 11(2), 111-120.

Pujihastuti, P. (2010, Desember). Prinsip Penulisan Kuesioner Penelitian. Jurnal Agribisnis dan Pengembangan Wilayah, 2(1), 43-56.

Purwatiningsih, Sri Desti. (2012, December). Hubungan Informasi Konservasi Hutan dengan Pemahaman Masyarakat Sekitar Hutan daln Pemanfaatan dan Pelestarian Hutan TNGHS. Bina Widya. 24(1), 32 – 39.

Puspita, P. (2017). Efektivitas Wall Display sebagai Media Internal PT Telekomunikasi Indonesia Regional V Jawa Timur, Bali, dan Nusra. (TA No. 10011301/KOM/2017). Undergraduate Thesis, Universitas Kristen Petra, Surabaya.

Puta, Yanuar Surya. (2016, December). Theoritical Review: Teori Perbedaan Generasi. Among Makarti. 9 (18). 123 – 134.

Putri, Y.B. (2014). Efektivitas Majalah Dinding “Info Karyawan” Oleh Humas Pt Dirgantara Indonesia Bandung Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Karyawannya. Undergraduate Thesis, Universitas Komputer Indonesia, Bandung.

Rani, Ni Luh Ratih Maha. (2013, June). Persepsi Jurnalis dan Praktisi Humas terhadap Nilai Berita. Jurnal Ilmu Komunikasi. 10(1). 83 – 96.

Ravianto J. (2014). Produktivitas dan Pengukuran. Jakarta: Binaman Aksara.

Ruslan, Rosady. (2005). Manajemen Public Relations & Media Komunikasi. Jakarta: PT

RajaGrafindo Persada

Santoso, Singgih. (2002). Buku Latihan SPSS: Statistik Parametik. Jakarta: PT Elex Media Komputindo

Sengupta, Sailesh. (2005). Management of Public Relations and Communication. New Delhi: Vikas.

Setyadi, Angga, Setiawan, Eko Budi. (2017, April). Sistem Informasi Pengumuman Program Studi di Perguruan Tinggi X. Lontar Komupter. 8(1). 11 – 21.

Simatupang, H.D., Sulandjari, R. (2017, Juli). Efektivitas Media Internal Majalah Gema Serasi sebagai Sarana Pemenuhan Kebutuhan Informasi Pegawai Pemerintah Daerah di Kantor Bupati Semarang. Jurnal Egaliter, 1(1), 1-17.

Siregar, Ashadi., Pasaribu, Rondang. (2000). Bagaimana Mengelola Media Korporasi-Organisasi. Yogyakarta: Kanisius.

Suhandang, Kustadi. (2004). Public Relations Perusahaan: Kajian Program Implementasi. Bandung: Nuansa

Sutanto, Eddy M., Anggraini, Lusi. (2011, Oktober). Analisis Kepuasan Kerja Karyawan Hotel Hyatt Regency Yogyakarta Dilihat dari Sisi Demografis. Jurnal Mitra Ekonomi dan Manajemen Bisnis. 2(2). 172 – 191.

SW, Suprihatmi. (2008, April). Membangun Keunggulan Bersaing Melalui Manajemen Sumberdaya Manusia. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan. 8(1). 38 – 50.

Teguh, Stefanus. (2018). Evaluasi Program Employee Relations di Hotel Majapahit Surabaya Managed by Accrohotels. Undergraduated Thesis, Universitas Kristen Petra, Surabaya.

Theaker, Alison. (2012). The Public Relations Handbook (4th ed.). New York: Routledge.

Tubbs, Steward, L., Moss, Sylvia. (2005). Human Communication. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Villar, Nicholas, Laerhoven, Kristof Van, Gellersen, Hans. (2004, November). A Physical Notice Board with Digital Logic and Display. EUSAI. 8(10). 35 – 38.

Windiyani, T. (2012, Desember). Instrumen untuk Menjaring Data Interval. Nominal, Ordinal dan Data Tentang Kondisi, Keadaan, Hal Tertentu dan Data untuk Menjaring Variabel Kepribadian. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(5), 203-207


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI