Efektivitas Pesan Instagram Food Blogger di Generasi Milenial Surabaya

Lofina Junita(1*), Ido Prijana Hadi(2), Vita Monica(3),


(1) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efektivitas pesan Instagram food blogger di generasi milenial Surabaya. Pesan Instagram food blogger, menjadi sarana beriklan baru bagi pemilik usaha kuliner. Penelitian ini mengukur sejauh mana pesan Instagram food blogger efektif mempengaruhi milenial Surabaya, dengan menggunakan Customer Response Index (CRI). Pengukuran ini didasarkan pada teori S-O-R, komunikasi pemasaran, efektivitas pesan iklan, dan teori pesan iklan yang mencakup elemen-elemen isi pesan. Peneliti melakukan penelitian kuantitatif deskriptif, melalui online survei, yang dibagikan kepada 100 responden. Dari hasil penelitian, diketahui bahwa pesan Instagram food blogger efektif mempengaruhi generasi milenial Surabaya dalam melakukan pembelian.


Keywords


Efektivitas Pesan, Food blogger, Iklan, Customer Response Index (CRI).

Full Text:

PDF

References


Best, R. J. (2014). Market based management: Pearson new international edition (6th ed.). Harlow: Pearson Education.

Best, R. J. (2012). Market-Based Management (6th ed.). Harlow: Pearson Education.

Chandra, Gregorious. (2002). Strategi dan Program Pemasaran (1st ed.). Yogyakarta: Andi.

Clow, K. E. (2004). Integrated advertising, promotion, and marketing communications. Pearson Education India.

De Veirman, M., Cauberghe, V., & Hudders, L. (2017). Marketing through Instagram influencers: the impact of number of followers and product divergence on brand attitude. International Journal of Advertising, 36(5), 798-828.

Durianto, S., Widjaja dan Supratikno. (2003). Invasi Pasar Dengan Iklan Yang Efektif.

Effendy, O. U. (2002). Hubungan Masyarakat: Suatu Studi Komunikasi. Bandung: PT Remaja

Rosda Karya.

Esteban-Santos, L., García Medina, I., Carey, L., & Bellido-Pérez, E. (2018). Fashion bloggers: communication tools for the fashion industry.Journal of Fashion Marketing and Management: An International Journal, 22(3), 420-437.

Hanifati, A. N. (2015). The impact of food blogger toward consumer’s attitude and behavior in choosing restaurant. International Journal of Humanities and Management Services, 3(3), 149-154.

Ismagilova, E., Dwivedi, Y. K., & Slade, E. (2019). Perceived helpfulness of eWOM: Emotions, fairness and rationality. Journal of Retailing and Consumer Services.

Kasali, R. (1992). Manajemen periklanan konsep dan aplikasinya di Indonesia. Pustaka Utama Grafiti.

Ke Mana Sih Mengalirnya Pengeluaran Milenial? (2019, June 12). Retrieved February 15, 2020, from https://www.jaringanprima.co.id/id/ke-mana-sih-mengalirnya-pengeluaran-milenial

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management 16th edition. New Jersey: Pearson. Kuliner Surabaya: Koko Buncit (@kokobuncit) • Instagram photos and videos. (n.d.). Retrieved

February 14, 2020, from https://instagram.com/kokobuncit?igshid=1s0yt2rsxnb99

Moriarty, S. E., Mitchell, N., Wells, W., & Mitchell, N. (2012). Advertising & IMC: principles &

practice. Upper Saddle River, NJ: Pearson.

N. (2019, April 04). Ternyata Ini 3 Perbedaan Utama Pola Belanja Millennial dari Generasi Lain.

Retrieved May 29, 2020, from https://www.blibli.com/friends/blog/pola-belanja-millennial/

Purwanto, A. S. A. C., & Purwanto, T. (2019). ¬ PENGARUH SOCIAL MEDIA INFLUENCER TERHADAP PURCHASE INTENTION YANG DIMEDIASI OLEH TRUSTWORTHINESS (STUDI PADA AKUN INSTAGRAM@ KULINERSBY). Majalah Ekonomi, 24(2), 219-231.

Shimp, A. T. (2000). Promosi dan Periklanan. Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Erlangga.

Sri, H. D., Triatmo, A. W., & Ag, M. (2017). ANALISIS PESAN FOTO DAN TEKS AKUN INSTAGRAM@ KULINERDISOLOYANG EFEKTIF DALAM MEMPROMOSIKAN WISATA KULINER DI KOTA SOLO (Doctoral dissertation, IAIN Surakarta).

Suarasurabaya.net. (2017, September 26). Usaha Restoran di Surabaya Tumbuh Pesat, Pendapatan Pajak Meningkat Tajam. Retrieved January 6, 2020, from https://ekonomibisnis.suarasurabaya.net/news/2017/193893-Usaha-Restoran-di-Surabaya- Tumbuh-Pesat,-Pendapatan-Pajak-Meningkat-Tajam

Sugiyono, D. (2012). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R dan D. Alfabeta: Bandung.

(n.d.). Retrieved February 17, 2020, from https://surabayakota.bps.go.id/dynamictable/2018/04/18/24/proyeksi-penduduk-kota- surabaya-menurut-jenis-kelamin-dan-kelompok-umur-tahun-2020.html

Wells, W., Burnett, J., & Moriarty, S. (2000). Advertising; Principles and Practice, (2006).

Wisnubrata. (2018, April 23). Food Blogger, dari Hobi Makan hingga Jadi Profesi Halaman all. Retrieved January 6, 2020, from https://lifestyle.kompas.com/read/2018/04/23/050500920/food-blogger-dari-hobi-makan- hingga-jadi-profesi?page=all


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI