Proses Aktivitas Media Relations di WWF- Indonesia

Veronica Maureein(1*), Otto Bambang Wahyudi(2), Titi Nur Vidyarini(3),


(1) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


WWF-Indonesia sebagai organisasi nirlaba Indonesia yang bergerak di bidang lingkungan hidup telah beroperasi di Indonesia sejak 1962. Pada strukturasi direktorat komunikasi WWF-Indonesia di tahun 2019 lalu sekaligus menandai pembentukan divisi Brand, Media, dan Public Relations WWF-Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif menggunakan metode studi kasus ingin melihat bagaimana proses aktivitas media relations di WWF-Indonesia.

Bentuk aktivitas media relations terbagi ke dalam 3 program utama, yaitu: 1) Tatap; 2) Tidak tatap; 3) Kemitraan. Pada penelitian ini, peneliti fokus pada aktivitas yang dilakukan pada Oktober 2019 – Januari 2020 yang memuat aktivitas: media monitoring, wawancara media, media briefing, pembuatan siaran pers, dan media trip. Seluruh kegiatan tersebut dimulai dalam proses perencanaan yang termuat dalam Annual Work Plan (AWP). AWP ini akan menjadi panduan kerja dan pembuatan program dan aktivitas media relations selama 1 tahun, menyesuaikan juga dengan hari-hari peringatan yang dirayakan oleh WWF-Indonesia. Proses perencanaan aktivitas media relations biasanya dimulai dengan pembuatan TOR (Terms of References) dari proyek terkait yang membutuhkan. Meskipun begitu, WWF-Indonesia sebagai organisasi terbuka yang dinamis juga tidak menutup adanya aktivitas yang harus dilakukan diluar perencanaan awal. Pelaksanaan aktivitas berdasarkan SOP yang telah dibuat dan kemudian evaluasi kegiatan media relations secara umum kembali pada pelaksanaan media monitoring, dimana output kegiatan umumnya berupa liputan pemberitaan terkait WWF-Indonesia.


Keywords


Public Relations, Media Relations, Proses, Aktivitas, WWF-Indonesia

Full Text:

PDF

References


Ardianto, E. (2011). Handbook of Public relations. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Iriantara, Y. (2013). Media Relations: Konsep, Pendekatan, dan Praktik. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Lumoindong, Y. A. (2013). Penerapan Evaluasi Kegiatan Media Relations oleh Bagian Hubungan Masyarakat Pemerintah Daerah Kota Surabaya. Surabaya: Universitas Airlangga. Retrieved from http://repository.unair.ac.id/16239/

Rahardjo, M. (2017). Studi Kasus Dalam Penelitian Kualitatif : Konsep dan Prosedurnya. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Ruslan, R. (2008). Management of Public Relations & Media Communications. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada. Ruslan.

Saebani, H. A. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif Cet.2. Bandung: CV.PUSTAKA SETIA.

Sugiyono. (2014). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV ALfabeta.

Sulistyangningtyas, S. L. (2013). Proses Evaluasi Program Media Relations Pada Aktivitas Press Conference di PT Televisi Transformasi Indonesia (Trans TV). Yogyakarta: Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Utama, E. C. (2018). Evaluasi Media Relations Java Paragons & Residence Surabaya. Surabaya: Universitas Kristen Petra.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI