Efektivitas Media Sosial Instagram Kedai Rhythm Surabaya

Leci Illona Telaumbanua(1*), Felicia Goenawan(2), Astri Yogatama(3),


(1) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui efektivitas iklan di instagram Kedai Rhythm Surabaya. Media sosial instagram menjadi salah satu komunikasi pemasaran yang digunakan untuk menyampaikan informasi produk dan menjangkau customer dengan cakupan yang lebih luas. Efektivitas iklan diukur menggunakan metode pengukuran Customer Response Index (CRI). Metode CRI mengukur respon followers instagram Kedai Rhythm mulai dari tahap awareness, comprehend, interest, intention, hingga tahap action. Dalam penelitian ini, efektivitas digambarkan dalam teori Hierarchy of Effects juga didukung dengan teori komunikasi pemasaran serta teori mengenai iklan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik yang digunakan adalah non-probability sampling dan purposive sampling dengan menyebarkan kuesioner dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Hasil penelitian ini bahwa iklan instagram Kedai Rhythm efektif dan berhasil memenuhi tujuan yang ingin dicapai Kedai Rhythm yaitu pada awareness 85%, comprehend 83%, interest 100%, intention 100%, dan action 82%.


Keywords


Iklan, Komunikasi Pemasaran, Instagram, Kedai Rhythm, Customer Response Index

Full Text:

PDF

References


Mutiara, Nidia Ananda, and Fanni Husnul Hanifa. “Efektivitas Iklan Pada Radio Play99ers Bandung Dengan Metode Customer Response Index (CRI).” e-Proceeding of Applied Science, vol. 4, no. 2, Aug. 2018, p. 301.

Durianto, Darmadi., Sugiarto., Widjaja, Anton W & Supratikno, Hermawan. (2003). Invasi pasar dengan iklan yang efektif: Strategi, program, dan teknik pengukuran. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Effendy, Onong Uchjana. 2003. Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Jakarta : PT. Citra Aditya Bakti

Mulyana, Deddy. 2001. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung : PT. Remaja Rosda Karya

Kompasiana.com. “‘Peran Media Sosial Dalam Dunia Periklanan.’” KOMPASIANA, 19 July 2018, www.kompasiana.com/riwi56145/5b5065dcbde5756643761157/peran-media-sosial-dalam- dunia-periklanan.

“Mengoptimalkan Media Sosial Sebagai Media Promosi.” DomaiNesia, 5 Mar. 2020, www.domainesia.com/tips/mengoptimalkan-iklan-media-sosial/.

“Daftar Pengguna Instagram Terbanyak Di Dunia, Indonesia Di Urutan Berapa?: Teknologi.” Bisnis.com, 29 June 2019, teknologi.bisnis.com/read/20190629/84/939306/daftar-pengguna- instagram-terbanyak-di-dunia-indonesia-di-urutan-berapa.

Nistanto, Reska K. “Sebanyak Inikah Jumlah Pengguna Instagram Di Indonesia?” KOMPAS.com, Kompas.com, 23 Dec. 2019, tekno.kompas.com/read/2019/12/23/14020057/sebanyak- inikah-jumlah-pengguna-instagram-di-indonesia.

Tenia, Hilda. “Pengertian Instagram, Sejarah, Fitur, Kelebihan, Dan Kekurangannya.” Kata.co.id, Vebma Media, 5 Mar. 2018, www.kata.co.id/Pengertian/Instagram/2535.

Jujang. “Deretan Peluang Bisnis Tahun 2020 Yang Menjanjikan!” HarapanRakyat.com, 13 Mar. 2020, www.harapanrakyat.com/2020/03/peluang-bisnis-tahun-2020/.

Shimp, Terence A. 2003. Periklanan Promosi: Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu. 5. Jakarta: Erlangga.

Kasali, Rhenald.1993. Manajemen Periklanan Konsep Dan Aplikasinya Di Indonesia. Jakarta : Pustaka Utama Gafiti.

Nasrullah, R. (2016). Media Sosial. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Dan Zarella. 2010 The Social Media Marketing Book. Oreilly media. USA.

Chaffey, Dave & Smith, PR. 2013. E-Marketing : Excellence. UK: Butterworth-Heinemann.

Hidayat, Anwar. “Penjelasan Teknik Purposive Sampling Secara Detail.” Uji Statistik, 31 July 2017, www.statistikian.com/2017/06/penjelasan-teknik-purposive-sampling.html.

Pelajaran.co.id. “Home.” Pelajaran.co.id, 15 Dec. 2017, www.pelajaran.co.id/2017/15/pengertian- distribusi-frekuensi-bagian-jenis-dan-penyusunan-distribusi-frekuensi.html.

Bambang, Setiaji, 2006, Panduan Riset dengan Pendekatan Kuantitatif. Surakarta: Muhammadiyah University Press.

Rakhmat, Jalaluddin. 1984. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung : PT. Remaja Rosda Karya

Kriyantono, Rahmat. 2006. Teknis Praktis Riset Komunikasi:Disertai Contoh Praktis Riset Media, Public Relations, Advertising, Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Kencana

Soemirat, Sholeh et al. 2007. Dasar-Dasar Public Relations. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Kotler, P, 2002, Manajemen Pemasaran, Edisi Melinium, PT Prenhalindo, Jakarta.

A. Shimp, Terence. 2014. Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam periklanan dan Promosi. Jakarta: Salemba Empat

Hermawan, Agus. 2012. KomunikasiPemasaran. Jakarta: Erlangga


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI