Penerimaan Mahasiswa Universitas Gadjah Mada Terhadap Pemberitaan Kasus Pelecehan Seksual Agni di BalairungPress.com

Elisabeth Glory Victory(1*), Fanny Lesmana(2), Gatut Priyowidodo(3),


(1) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


BalairungPress.com adalah organisasi pers mahasiswa kampus UGM. Pada tahun 2018 mereka menerbitkan berita online yang berjudul “Nalar Pincang UGM terhadap Kasus Perkosaan.” Berita tersebut menjadi viral dan banyak dibagikan oleh anak muda. Berita tersebut menjadi salah satu topik yang trending di twitter dan memperoleh ratusan ribu tanda tangan di laman petisi daring Change.org. Pemaknaan mahasiswa mengenai pemberitaan tersebut tentu berbeda-beda, sehingga menarik untuk diteliti.

Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang dilakukan dengan wawancara mendalam. Metode yang digunakan adalah analisis penerimaan. Informan dari penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Gadjah Mada angkatan 2019. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa empat informan memiliki penerimaan dominan. Penerimaan para informan dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu field of experience, frame of reference, hubungan/budaya dengan orang tua, serta pengalaman berorganisasi.


Keywords


nalisis Penerimaan, Mahasiswa, Pelecehan Seksual, BalairungPress.com, UGM

Full Text:

PDF

References


Aryani, Kandi. 2006. ​Analisis Penerimaan Remaja terhadap Wacana Pornografi dalam Situs-Situs Seks di Media Online.​ Jurnal Masyarakat Kebudayaan dan Politik. Tahun XIX. Nomor 2, April. ISSN 0216-2407. Surabaya : FISIP Unair.

Crall, Patrice, and Wind Goodfriend . ​She Asked for It: Statistics and Predictors of Rape Myth Acceptance.​ Modern Psychological Studies , 2016.

Hadi, Ido Prijana. ​Penelitian Khalayak dalam Perspektif Reception Analysis. ​Surabaya: Scriptura

Jensen, Klaus Bruhn and Nicholas W. Jankowski. 2003. ​A Handbook of Qualitative Methodologies for Mass Communication Research.​ London : Routledge

Moleong, L.J. (2004). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung PT Remaja Rosdakarya.

Lawford, Heather, and Heather L. Ramey. “Why Activism Is Natural for Young People.” Greater Good Science Center, 2020, greatergood.berkeley.edu/article/item/what_activism_is_natural_for_young_people.

Pawito. (2007). Penelitian Komunikasi Kualitatif. Jakarta: Yogyakarta: LKiS.

Quick, James Campbell, and M. Ann Mcfadyen. “Sexual Harassment: Have We Made Any Progress?” Journal of Occupational Health Psychology, vol. 22, no. 3, 2017, pp. 286–298., doi:10.1037/ocp0000054.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI