Pengaruh Electronic Word of Mouth Terhadap Brand Awareness Kedai Kopi Kenangan Pada Warga Kota Surabaya

Kezia Descita Ryzan(1*), Gatut Priyowidodo(2), Judy Djoko Wahjono Tjahjo(3),


(1) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) keziadescita@gmail.com
(*) Corresponding Author

Abstract


Kedai Kopi Kenangan merupakan salah satu brand ritel kopi lokal non-franchise dengan konsep coffee to go. Saat ini kedai Kopi Kenangan telah memiliki 15 kedai di Kota Surabaya dalam waktu 1 tahun. Pertumbuhan kedai Kopi Kenangan menunjukkan brand awareness merupakan elemen penting untuk diperhatikan karena mampu mempengaruhi perilaku konsumen dalam menentukan keputusan pembelian, menentukan kelangsungan brand equity, dan mendukung kegiatan marketing communications dalam mencapai tujuannya. Dalam teorinya, word of mouth (WOM) sebagai salah satu marketing communication tools efektif dan efisien dalam mengomunikasikan dan memasarkan suatu brand, produk atau jasa. Seiring kemajuan teknologi, muncul aktivitas WOM berbasis internet, yaitu electronic word of mouth (E-WOM). Instagram sebagai media sosial mampu membuat setiap sesama pengguna dan perusahaan dapat berinteraksi secara umum sehingga terciptanya E-WOM di media sosial. Oleh karena itu, penelitian ini melihat pengaruh E- WOM di Instagram terhadap brand awareness kedai Kopi Kenangan pada Warga Kota Surabaya berusia 15-64 tahun dengan menggunakan metode survei online. Teknik sampling yang digunakan ialah accidental sampling & purposive sampling. Indikator pada variabel E-WOM meliputi: content, intensity, valence of opinions, sedangkan indikator pada variabel brand awareness yaitu brand recall, brand recognition, brand purchase, dan brand consumption. Berdasarkan hasil penelitian yang ada, terdapat pengaruh E-WOM terhadap brand awareness kedai Kopi Kenangan pada Warga Kota Surabaya dengan nilai persamaan regresi Y = 15,691 + 0,231X.


Keywords


Komunikasi Pemasaran, Electronic Word of Mouth (E-WOM), Brand Awareness, Kopi Kenangan

Full Text:

PDF

References


Akhmad, A. (2019, Oktober 1). CEO Kopi Kenangan Bocorkan Cara Khusus Memulai Bisnis Kopi. Tempo.co. Retrieved from https://bisnis.tempo.co/read/1254534/ceo-kopi-kenangan- bocorkan-cara-khusus-memulai-bisnis-kopi

Badan Pusat Statistik. (n.d). Proyeksi Penduduk Kota Surabaya Menurut Jenis Kelamin dan Kelompok Umur Tahun 2020. Retrieved January 20, 2020 from https://surabayakota.sekund.go.id/dynamictable/2018/04/18/24/proyeksi- penduduk-kota- surabaya-menurut-jenis-kelamin-dan-kelompok-umur-tahun-2020.html.

Burrow, J.L. & Aubrey, R. F. (2002). Marketing. S.I: South-Western Cengage Learning.

Christy M.K. Cheung, Dimple R. Thadani. (2010). The Effectiveness of Electronic Word-of-Mouth Communication: A Literature Analysis. 23rd Bled eConference eTrust: Implications for the

Individual, Enterprises and Society June 20 - 23, 2010; Bled, Slovenia.

Durianto, D., Sugiarto, Lie, J.B. (2004). Brand Equity Ten : Strategi Memimpin Pasar. Jakarta: PT.

Gramedia Pustaka Utama.

Fitayani, I.P. (2018). Analisis Pengaruh e-WOM Instagram Terhadap Pembentukan Brand

Attachment. (Tesis S2, Universitas Islam Indonesia, 2018). Retrieved from https://dspace.uii.ac.id/bitstream/handle/123456789/6905/TESIS%20MI_13917145_Fitayani %20Intan%20Pradani.pdf?sequence=1&isAllowed=y

Goyette, I., Ricard, L., Bergeron, J., & Marticotte, F. (2010). e-WOM Scale: Word-of-Mouth Measurement Scale for e-Services Context. Canadian Journal of Administrative Sciences, 27(1), 5-23, 10.1002/CJAS.129.

Hadi, S. (1991). Metodologi Research. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Handayani, D., et al. (2010). Brand Operation. Jakarta: Esensi Erlangga Group.

Hapsari, C. & Diza, L.S. (2019, Agustus 17). Pantas Aja Enak, Kopi Kenangan Pakai Standar

Starbucks. VivaNews. Retrieved from https://www.viva.co.id/gaya-hidup/kuliner Hennig-Thurau, et al. (2004). “Electronic Word-of-Mouth via Consumer-Opinion Platforms: What Motivates Consumers to Articulate Themselves on the Internet?” Journal of Interactive

Marketing, 18 (1), 38-52.

Hyrynsalmi, S, et al (2005). Busting Myths of Electronic Word of Mouth : The Relationship between

Customer Ratings and the Sales of Mobile Applications. Journal of Theoretical and Applied

Electronic Commerce Research. 10 (2)

Kartika. C., & Piranti. D. (2015). Pengaruh Electronic Word of Mouth Twitter @Batikair Terhadap

Brand Image. Jurnal Visi Komunikasi. 14 (1), p. 104 – 116

Keller, K.L. (2003). Strategic Brand Management: Building, Measuring, and Managing Brand

Equity. New Jersey: Pearson Education International.

Litvin, S.W., Goldsmith, R.E., & Pan B. (2008). Electronic Word of Mouth in Hospitality and Tourism Management. Tourism Management Journal. 458–468.

Lugina, A, & Azis, E. (2015). Pengaruh Electronic Word of Mouth Terhadap Brand Awareness Konsumen Roti Gempol. E-Proceeding of Management. 2(3), p. 2779 – 2786

Lupiyoadi, H. (2006). Manajemen Pemasaran Jasa (Ed. 2). Jakarta: Salemba Empat.

Napoleoncat. (n.d.). Instagram users in Indonesia. Retrieved from

https://napoleoncat.com/stats/instagram-users-in-indonesia/2020/04.

Prasetyo, B & Lina M.J. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif: Teori dan Aplikasi. Jakarta: PT.

Raja Grafindo Persada.

Priscilla. G. R. (2018). Analisis Isi Electronic W ord of Mouth pada posting Instagram

@garuda.indonesia (Skripsi, Universitas Kristen Petra,2018). Retrieved from

https://dewey.petra.ac.id/catalog/digital/detail?id=43042

Ruslan, R. (2005). Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi: Konsepsi dan Aplikasi.

Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Shimp, T. (2004). Periklanan dan Promosi: Aspek Tambahan Komunikasi Terpadu. Jakarta:

Erlangga.

Silih, A.W. (2005). Strategi Public Relations. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Suhendra (2015). Efektifitas word of mouth terhadap minat beli konsumen produk jigar fruit salad

di plaza semanggi. Jurnal Visi Komunikasi. 14 (1). p. 117-131

Widarti, P. (2019, Oktober 1). Pertumbuhan Kafe Berbasis Kopi Jatim Mencapai 18 Persen Setahun.

Bisnis.com. Retrieved from https://surabaya.bisnis.com/read/20191001/531/1154444/pertumbuhan-kafe-berbasis-kopi- jatim-mencapai-18-persen-setahun

Widyartanti, E.J. (2019, Desember 23). Kedai Kopi Menjamur, Seberapa Besar Desain Berpengaruh pada Sukses Bisnis Ini?. Idea. Retrieved from https://idea.grid.id/read/091960949/kedai-kopi- menjamur-seberapa-besar-desain-berpengaruh-pada-sukses-bisnis-ini?page=all.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI