Pengaruh Electronic Word of Mouth Terhadap Brand Awareness Kedai Kopi Kenangan Pada Warga Kota Surabaya
(1) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) keziadescita@gmail.com
(*) Corresponding Author
Abstract
Kedai Kopi Kenangan merupakan salah satu brand ritel kopi lokal non-franchise dengan konsep coffee to go. Saat ini kedai Kopi Kenangan telah memiliki 15 kedai di Kota Surabaya dalam waktu 1 tahun. Pertumbuhan kedai Kopi Kenangan menunjukkan brand awareness merupakan elemen penting untuk diperhatikan karena mampu mempengaruhi perilaku konsumen dalam menentukan keputusan pembelian, menentukan kelangsungan brand equity, dan mendukung kegiatan marketing communications dalam mencapai tujuannya. Dalam teorinya, word of mouth (WOM) sebagai salah satu marketing communication tools efektif dan efisien dalam mengomunikasikan dan memasarkan suatu brand, produk atau jasa. Seiring kemajuan teknologi, muncul aktivitas WOM berbasis internet, yaitu electronic word of mouth (E-WOM). Instagram sebagai media sosial mampu membuat setiap sesama pengguna dan perusahaan dapat berinteraksi secara umum sehingga terciptanya E-WOM di media sosial. Oleh karena itu, penelitian ini melihat pengaruh E- WOM di Instagram terhadap brand awareness kedai Kopi Kenangan pada Warga Kota Surabaya berusia 15-64 tahun dengan menggunakan metode survei online. Teknik sampling yang digunakan ialah accidental sampling & purposive sampling. Indikator pada variabel E-WOM meliputi: content, intensity, valence of opinions, sedangkan indikator pada variabel brand awareness yaitu brand recall, brand recognition, brand purchase, dan brand consumption. Berdasarkan hasil penelitian yang ada, terdapat pengaruh E-WOM terhadap brand awareness kedai Kopi Kenangan pada Warga Kota Surabaya dengan nilai persamaan regresi Y = 15,691 + 0,231X.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akhmad, A. (2019, Oktober 1). CEO Kopi Kenangan Bocorkan Cara Khusus Memulai Bisnis Kopi. Tempo.co. Retrieved from https://bisnis.tempo.co/read/1254534/ceo-kopi-kenangan- bocorkan-cara-khusus-memulai-bisnis-kopi
Badan Pusat Statistik. (n.d). Proyeksi Penduduk Kota Surabaya Menurut Jenis Kelamin dan Kelompok Umur Tahun 2020. Retrieved January 20, 2020 from https://surabayakota.sekund.go.id/dynamictable/2018/04/18/24/proyeksi- penduduk-kota- surabaya-menurut-jenis-kelamin-dan-kelompok-umur-tahun-2020.html.
Burrow, J.L. & Aubrey, R. F. (2002). Marketing. S.I: South-Western Cengage Learning.
Christy M.K. Cheung, Dimple R. Thadani. (2010). The Effectiveness of Electronic Word-of-Mouth Communication: A Literature Analysis. 23rd Bled eConference eTrust: Implications for the
Individual, Enterprises and Society June 20 - 23, 2010; Bled, Slovenia.
Durianto, D., Sugiarto, Lie, J.B. (2004). Brand Equity Ten : Strategi Memimpin Pasar. Jakarta: PT.
Gramedia Pustaka Utama.
Fitayani, I.P. (2018). Analisis Pengaruh e-WOM Instagram Terhadap Pembentukan Brand
Attachment. (Tesis S2, Universitas Islam Indonesia, 2018). Retrieved from https://dspace.uii.ac.id/bitstream/handle/123456789/6905/TESIS%20MI_13917145_Fitayani %20Intan%20Pradani.pdf?sequence=1&isAllowed=y
Goyette, I., Ricard, L., Bergeron, J., & Marticotte, F. (2010). e-WOM Scale: Word-of-Mouth Measurement Scale for e-Services Context. Canadian Journal of Administrative Sciences, 27(1), 5-23, 10.1002/CJAS.129.
Hadi, S. (1991). Metodologi Research. Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Handayani, D., et al. (2010). Brand Operation. Jakarta: Esensi Erlangga Group.
Hapsari, C. & Diza, L.S. (2019, Agustus 17). Pantas Aja Enak, Kopi Kenangan Pakai Standar
Starbucks. VivaNews. Retrieved from https://www.viva.co.id/gaya-hidup/kuliner Hennig-Thurau, et al. (2004). “Electronic Word-of-Mouth via Consumer-Opinion Platforms: What Motivates Consumers to Articulate Themselves on the Internet?” Journal of Interactive
Marketing, 18 (1), 38-52.
Hyrynsalmi, S, et al (2005). Busting Myths of Electronic Word of Mouth : The Relationship between
Customer Ratings and the Sales of Mobile Applications. Journal of Theoretical and Applied
Electronic Commerce Research. 10 (2)
Kartika. C., & Piranti. D. (2015). Pengaruh Electronic Word of Mouth Twitter @Batikair Terhadap
Brand Image. Jurnal Visi Komunikasi. 14 (1), p. 104 – 116
Keller, K.L. (2003). Strategic Brand Management: Building, Measuring, and Managing Brand
Equity. New Jersey: Pearson Education International.
Litvin, S.W., Goldsmith, R.E., & Pan B. (2008). Electronic Word of Mouth in Hospitality and Tourism Management. Tourism Management Journal. 458–468.
Lugina, A, & Azis, E. (2015). Pengaruh Electronic Word of Mouth Terhadap Brand Awareness Konsumen Roti Gempol. E-Proceeding of Management. 2(3), p. 2779 – 2786
Lupiyoadi, H. (2006). Manajemen Pemasaran Jasa (Ed. 2). Jakarta: Salemba Empat.
Napoleoncat. (n.d.). Instagram users in Indonesia. Retrieved from
https://napoleoncat.com/stats/instagram-users-in-indonesia/2020/04.
Prasetyo, B & Lina M.J. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif: Teori dan Aplikasi. Jakarta: PT.
Raja Grafindo Persada.
Priscilla. G. R. (2018). Analisis Isi Electronic W ord of Mouth pada posting Instagram
@garuda.indonesia (Skripsi, Universitas Kristen Petra,2018). Retrieved from
https://dewey.petra.ac.id/catalog/digital/detail?id=43042
Ruslan, R. (2005). Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi: Konsepsi dan Aplikasi.
Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Shimp, T. (2004). Periklanan dan Promosi: Aspek Tambahan Komunikasi Terpadu. Jakarta:
Erlangga.
Silih, A.W. (2005). Strategi Public Relations. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
Suhendra (2015). Efektifitas word of mouth terhadap minat beli konsumen produk jigar fruit salad
di plaza semanggi. Jurnal Visi Komunikasi. 14 (1). p. 117-131
Widarti, P. (2019, Oktober 1). Pertumbuhan Kafe Berbasis Kopi Jatim Mencapai 18 Persen Setahun.
Bisnis.com. Retrieved from https://surabaya.bisnis.com/read/20191001/531/1154444/pertumbuhan-kafe-berbasis-kopi- jatim-mencapai-18-persen-setahun
Widyartanti, E.J. (2019, Desember 23). Kedai Kopi Menjamur, Seberapa Besar Desain Berpengaruh pada Sukses Bisnis Ini?. Idea. Retrieved from https://idea.grid.id/read/091960949/kedai-kopi- menjamur-seberapa-besar-desain-berpengaruh-pada-sukses-bisnis-ini?page=all.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI