Sikap Generasi Milenial Terhadap Pesan Budaya Korea Dalam Iklan Mie Sedaap Selection ‘Korean Spicy Chicken’ Di Televisi

Felecia Chrissindra Santoso(1*), Ido Prijana Hadi(2), Desi Yoanita(3),


(1) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Berkembangnya budaya Korea atau Korean Wave di Indonesia merupakan salah satu dampak dari arus globalisasi. Penyebarannya di negara-negara Asia Timur dan Asia Tenggara, terutama di Indonesia sangat pesat. Salah satu cara penyebarannya adalah dengan mengangkat unsur budaya Korea dalam iklan televisi. Dimana iklan merupakan salah satu bentuk komunikasi dan agen penyebaran budaya yang dapat mempengaruhi sikap dan perilaku audiens baik secara langsung atau melalui media. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengatahui sikap generasi milenial terhadap pesan budaya Korea dalam iklan Mie Sedaap Selection ‘Korean Spicy Chicken’ di televisi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei. Hasil dari penelitian ini menunjukkan, generasi milenial memiliki sikap yang positif terhadap pesan budaya Korea dalam iklan Mie Sedaap Selection ‘Korean Spicy Chicken’ di televisi. Pada komponen kognitif memiliki rata-rata 4,08, komponen afektif 3,83, dan komponen konatif 3,68. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa responden dalam penelitian ini mengetahui, menyukai, dan memiliki kecenderungan berperilaku positif terhadap pesan budaya Korea dalam iklan Mie Sedaap Selection ‘Korean Spicy Chicken’ di televisi.


Keywords


Sikap, Generasi Milenial, Korean Wave, Iklan, Mie Sedaap Selection ‘Korean Spicy Chicken’

Full Text:

PDF

References


Effendy, Onong Uchjana. (2006). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Lee, Monle & Carla Johnson. (2004). Prinsip-prinsip Pokok Periklanan Dalam Perspektif Global. Jakarta: Prenada Media

Mulyana, Deddy. (2010). Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Anggraeni, Rina. (2019). HUT RI, Ini 17 Produk Indonesia yang Terkenal di Luar Negeri. Retrieved 8 Mei 2020, from https://ekbis.sindonews.com/berita/1430833/39/hut-ri-ini-17-produk- indonesia-yang-terkenal-di-luar-negeri

Goenawan, Zulfah. (2019). Terinspirasi Korea, Mie Sedaap Tunjuk Siwon Jadi Brand Ambassador. Retrieved 29 Desember 2020, from https://www.idntimes.com/news/indonesia/zulfahgoenawan/siwon-jadi-brand-ambassador- mie-sedaap

Jefkins, Frank. (1997). Periklanan. Jakarta: Erlangga

Rossiter, John & Percy, Larry. (1987). Marketing Principles dan Perspective. International Edition.

New York: McGraw-Hill

Azwar, Saifuddin. (2015). Sikap Manusia: Teori dan Pengukurannya. Edisi ke-2. Yogjakarta: PT. Pustaka Pelajar

Schifman, L.G dan Kanuk, L.L. (1997). Consumer Behavior. New Jersey: Practice Hall

Peter, J.P & Olson. J.C,. (2000). Consumer Behavior: Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasarn.

Terjemahan Damos Sihombing, Jilid 1. Edisi 4. Jakarta: Erlangga.

Mowen, John C. (1995). Consumer Behavior (4th Ed). Englewood Cliffs: Prentice Hall International


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI