Sikap Generasi Milenial Terhadap Pesan Budaya Korea Dalam Iklan Mie Sedaap Selection ‘Korean Spicy Chicken’ Di Televisi
(1) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author
Abstract
Berkembangnya budaya Korea atau Korean Wave di Indonesia merupakan salah satu dampak dari arus globalisasi. Penyebarannya di negara-negara Asia Timur dan Asia Tenggara, terutama di Indonesia sangat pesat. Salah satu cara penyebarannya adalah dengan mengangkat unsur budaya Korea dalam iklan televisi. Dimana iklan merupakan salah satu bentuk komunikasi dan agen penyebaran budaya yang dapat mempengaruhi sikap dan perilaku audiens baik secara langsung atau melalui media. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengatahui sikap generasi milenial terhadap pesan budaya Korea dalam iklan Mie Sedaap Selection ‘Korean Spicy Chicken’ di televisi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei. Hasil dari penelitian ini menunjukkan, generasi milenial memiliki sikap yang positif terhadap pesan budaya Korea dalam iklan Mie Sedaap Selection ‘Korean Spicy Chicken’ di televisi. Pada komponen kognitif memiliki rata-rata 4,08, komponen afektif 3,83, dan komponen konatif 3,68. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa responden dalam penelitian ini mengetahui, menyukai, dan memiliki kecenderungan berperilaku positif terhadap pesan budaya Korea dalam iklan Mie Sedaap Selection ‘Korean Spicy Chicken’ di televisi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Effendy, Onong Uchjana. (2006). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Lee, Monle & Carla Johnson. (2004). Prinsip-prinsip Pokok Periklanan Dalam Perspektif Global. Jakarta: Prenada Media
Mulyana, Deddy. (2010). Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Anggraeni, Rina. (2019). HUT RI, Ini 17 Produk Indonesia yang Terkenal di Luar Negeri. Retrieved 8 Mei 2020, from https://ekbis.sindonews.com/berita/1430833/39/hut-ri-ini-17-produk- indonesia-yang-terkenal-di-luar-negeri
Goenawan, Zulfah. (2019). Terinspirasi Korea, Mie Sedaap Tunjuk Siwon Jadi Brand Ambassador. Retrieved 29 Desember 2020, from https://www.idntimes.com/news/indonesia/zulfahgoenawan/siwon-jadi-brand-ambassador- mie-sedaap
Jefkins, Frank. (1997). Periklanan. Jakarta: Erlangga
Rossiter, John & Percy, Larry. (1987). Marketing Principles dan Perspective. International Edition.
New York: McGraw-Hill
Azwar, Saifuddin. (2015). Sikap Manusia: Teori dan Pengukurannya. Edisi ke-2. Yogjakarta: PT. Pustaka Pelajar
Schifman, L.G dan Kanuk, L.L. (1997). Consumer Behavior. New Jersey: Practice Hall
Peter, J.P & Olson. J.C,. (2000). Consumer Behavior: Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasarn.
Terjemahan Damos Sihombing, Jilid 1. Edisi 4. Jakarta: Erlangga.
Mowen, John C. (1995). Consumer Behavior (4th Ed). Englewood Cliffs: Prentice Hall International
Refbacks
- There are currently no refbacks.
TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI