Representasi Fungsi Keluarga dalam Film “Marriage Story”

Charles Endriko(1*), Ido Prijana Hadi(2), Desi Yoanita(3),


(1) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Film “Marriage Story” adalah sebuah film keluarga tentang perceraian suami istri yang telah dikaruniai seorang anak berumur 8 tahun. Meskipun dalam kondisi keluarga yang tidak utuh ini, mereka sebagai orang tua tetap berusaha agar keluarga kecil mereka yang sudah tidak sempurna tetap dapat menjadi tempat bagi anak mereka tumbuh dengan baik. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana fungsi keluarga digambarkan dalam teks film perceraian “Marriage Story”.

Metode penelitian dilakukan dengan menggunakan metode semiotika John Fiske yang berfokus pada tiga level kode – kode televisi yang muncul pada data primer penelitian yakni film “Marriage Story”. Ketiga level dari kode – kode televisi tersebut adalah level realita, level representasi dan level ideologi. Dari hasil penelitian diketahui bahwa kelima fungsi keluarga milik Segrin semua tergambarkan dalam film “Marriage Story”. Meskipun keluarga mereka sudah tidak utuh lagi, mereka masih berusaha agar fungsi – fungsi keluarga tetap berjalan dalam keluarga kecil mereka agar anak mereka tetap mendapatkan afeksi, perlindungan hingga semua kebutuhan yang dibutuhkannya untuk tumbuh.


Keywords


fungsi keluarga, representasi, semiotika, film, marriage story.

Full Text:

PDF

References


Cooke, R. (2019, December 1). Noah Baumbach: 'Marriage story illustrates that to take sides is folly'. Retrieved December 9, 2019, from https://www.theguardian.com/film/2019/dec/01/noah-baumbach-marriage-story-divorce- hope

Day, E. (2014, March 28). Hollywood's portrayal of family life is too airbrushed, the reality is far more gritty. Retrieved January 10, 2020, from https://www.theguardian.com/theobserver/she-said/2014/mar/28/hollywoods-family-life- airbrushed

Doucet, A. (1995). Gender equality and gender differences in household work and parenting. Womens studies international forum, 18(3), 271–284. doi: 10.1016/0277-5395(95)80072-w

Effendy, H. (2005). Mari membuat film: Panduan untuk menjadi produser. Yogyakarta: Panduan.

Fiske, J., & Jenkins, H. (2011). Television culture. London: Routledge.

Fiske, J. (2004). Cultural and communication studies : Sebuah pengantar paling komprehensif Cet. 4. Yogyakarta: JALASUTRA.

Hall, S., Evans, J., & Nixon, S. (2013). Representation. Los Angeles: Sage.

Havas, E. (1995). The family as ideology. Social policy & administration, 29.

Pedersen, D. E. (2012). The good mother, the good father, and the good parent: Gendered definitions of parenting. Journal of feminist family Therapy, 24(3), 230–246. doi: 10.1080/08952833.2012.648141

Permatasari, A., & Budhi, A. (2020, January 17). Salut banyak anak muda Indonesia lebih pilih nonton film nasional. Retrieved January 17, 2020, from https://www.viva.co.id/showbiz/film/1196232-salut-banyak-anak-muda-indonesia-lebih- pilih-nonton-film-nasional

Sobur, A. (2009). Semiotika komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI