Studi Komparatif: Analisis Isi Pesan Komunikasi Pemasaran Melalui Instagram (Indihome vs First Media)

Lita Sanjulya(1*), Titi Nur Vidyarini(2), Vita Monica(3),


(1) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk melihat gambaran umum dan perbandingan isi pesan komunikasi pemasaran pada postingan Instagram perusahaan Internet Service Provider (ISP) di Indonesia yaitu Indihome dan First Media. Instagram merupakan salah satu media sosial yang digunakan oleh perusahaan Internet Service Provider (ISP) sebagai media komunikasi pemasaran. Penggambaran isi pesan dalam penelitian ini dilihat melalui metode analisis isi kuantitatif pada postingan media sosial Instagram.

Elemen - elemen komunikasi pemasaran yang muncul pada posting digunakan
untuk melihat konten pesan di Instagram. Elemen tersebut adalah pengirim, pesan, media, dan tanggapan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa postingan terbanyak indihome adalah hari Rabu sedangkan First Media pada hari Jumat. Tema pesan Glitz and Glam adalah tema pesan terbanyak yang diselipkan pada postingan Indihome, sedangkan First Media tema pesan How-To. Pesan dilihat melalui image (foto dan video), caption dan hashtag. Tanggapan positive self enhancement banyak diberikan pada postingan yang diselipkan tema Glitz and Glam dan How To. Dengan banyaknya komentar positive self enhancement yang muncul pada kolom komentar suatu postingan, maka akan membuat electronic word of mouth yang positif juga. Penelitian ini juga menemukan perbedaan karakter pesan melalui gambar yang diberikan kedua perusahaan. Seorang marketing public relations penting membuat positioning saat memberikan

pesan komunikasi pemasaran melalui akun Instagram.


Keywords


Marketing Public Relations (MPR), Perusahaan Internet Service Provider (ISP), Pesan, Instagram.

Full Text:

PDF

References


Abdul Syukur Ibrahim, (2009), Metode Analisis Teks & Wacana, Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Atmoko Dwi, Bambang. (2012). Instagram Handbook Tips Fotografi Ponsel. Jakarta: Media Kita. Buddy, O. B. (2013). Instagram: Explode your business today!. Haven Publishing Group.

Effendy, Onong Uchjana. (2009). Komunikasi teori dan praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Eriyanto. (2011), Analisis Isi Pengantar Metodologi untuk Penelitian Ilmu Komunikasi dan Ilmu –

Ilmu Sosial Lainnya, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Erkan, Ismail. (2016). The Impacts of Electronic Word of Mouth in Social Media on Consumers'

Purchase Intentions. Brunel Business School. Brunel University. Brunei.

Kelly, L. (2007). Beyond buzz: The Next generation of word-of-mouth marketing. New York:

American Management Association.

Kompas. (2019, September). Money. Dukung digitalisasi Perhotelan, Telkom Kolaborasi dengan RedDoors. Kompas.com. Retrieved June 3, 2020, from: https://money.kompas.com/read/2019/09/25/151600526/dukung-digitalisasi-perhotelan- telkom-kolaborasi-dengan-reddoorz?page=all

Rizal, Veby Zilfania. (2014) .Pengaruh Social Media Marketing Twitter Terhadap JOM FISIP Vol. 3 No. 1 Februari 2016 Page 15 Terbentuknya Brand Image Restoran Burger Gaboh Pekanbaru. Universitas Riau.hal: 17.

Singh, S., & Diamond, S. (2015). Social media marketing for dummies. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.

Soemirat, S., & Ardianto, E. (2007). Dasar-dasar public relations. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Sprout Social. (2020). Sprout social. Instrgam. Retrieved May 28, 2020 from: https://sproutsocial.com

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Top Brand Award. (2020). Top Brand Index. Topbrand-award. Retrieved April 22, 2020 from:

https://www.topbrand-award.com/top-brand-index/.

Websindo. (2020). Indonesia Digital 2020: Media Sosial. Websindo.com. Retrieved May 25, 2020 from: https://websindo.com/indonesia-digital-2020-media-sosial/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI