Efektivitas Iklan Blockbuster Museum Surabaya Di Akun Instagram @blockbustermuseumsurabaya Pada Masyarakat Surabaya

Kevin Gunawan(1*), Felicia Goenawan(2), Astri Yogatama(3),


(1) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(2) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(3) Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Efektivitas Iklan Blockbuster Museum Surabaya Di Instagram merupakan rumusan masalah yang dipilih dalam penelitian ini. Efektivitas iklan dalam penelitian ini diukur dengan menggunakan Customer Response Index (CRI), dimana responden dikur melalui berbagai tingkatan, mulai dari awareness, comprehend, interest, intentions, dan action. Hasil dari tahapan – tahapan tersebut akan digunakan untuk mengukur efektivitas iklan pada Instagram Blockbuster Museum Surabaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode survei, dan dengan menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada 100 responden masyarakat Surabaya usia 15- 40 tahun, dimana sesuai dengan target market perusahaan. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa iklan Blockbuster Museum Surabaya di Instagram masih belum efektif.


Keywords


Efektivitas iklan, Customer Response Index (CRI), Instagram

Full Text:

PDF

References


Anggraini, A. P. (2019, August 30). Ramai Film Gundala, Studi Buktikan Manusia Suka Superhero Sejak Bayi. Retrieved from https://www.kompas.com/: https://www.kompas.com/tren/read/2019/08/30/210000065/ramai-film-gundala-studi- buktikan-manusia-suka-superhero-sejak-bayi?page=all

Azwar, S. (2002). Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya . Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Belch, G. E., & Belch, M. A. (2007). Advertising and Promotion: An Integrated Marketing

Communication Perspective. Sixth Edition. New York: McGraw-Hill.

Best, R. J. (2013). Market-Based Management, 6th Edition. Pearson.

Bungin, B. (2001). Metodologi Penelitian Sosial. Surabaya: Airlangga University Press.

Durianto, Sugiarto, & Sitinjak, T. (2001). Strategi Menaklukan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan

Perilaku Merek. Jakarta: PT Gramedia Pustaka.

Duriyanto, d. (2003). Invasi Pasar Dengan Iklan Yang Efektif: Strategi, Program, dan Teknik

Pengukuran. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Dwi, H. (2017, May 25). Ini Bedanya Istilah Box Office dan Blockbuster. Retrieved from JadiBerita:

http://jadiberita.com/110338/ini-bedanya-istilah-box-office-dan-blockbuster.html Effendy. (2002). Hubungan Masyarakat: Suatu Studi Komunikologis. Bandung: Remaja

Rosdakarya.

Effendy. (2003). Ilmu, Teori, dan Filsafat Komunikasi. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti.

Effendy, O. U. (2007). Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya, Print. Engel, J. F., Blackwell, R. D., & Miniard, P. W. (2005). Perilaku Konsumen Edisi 6. Jakarta:

Binarupa Aksara.

Harrison, S., Carlsen, A., & Škerlavaj, M. (2019, August). Marvel’s Blockbuster Machine. Retrieved

from Harvard Business Review: https://hbr.org/2019/07/marvels-blockbuster-machine Kent. (2019, September 11). Marvel Studios Di Box Office: Berapa Banyak Pendapatan Setiap Filmnya? Retrieved from Cinemags: https://cinemags.co.id/marvel-studios-di-box-office-

berapa-banyak-pendapatan-setiap-filmnya/

Kontan.co.id. (2019, September 26). APJII: Pengguna internet di Indonesia tembus 171,2 juta.

Retrieved from Kontan.co.id: https://industri.kontan.co.id/news/apjii-pengguna-internet-

di-indonesia-tembus-1712-juta

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Marketing Management, 13th Edition. New Jersey: Pearson. Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Marketing Management, 14th edition. New Jersey: Prentice Hall. Kriyantono, R. (2008). Teknik Praktis Riset Komunikasi: Disertai Contoh Praktis Riset Media,

Public Relations, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran. Jakarta:

Kencana Perdana Media Group.

Mulyana, D. (2000). Relasi Dengan Sesama. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Nasrullah, R. (2015). Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya dan Sosioteknologi. Bandung:

Simbiosa Rekatama.

Neuman, L. (2012). Basic of Social Research 3th Edition. Canada: Pearson.

Nurfadilah, P. S. (2018, April 5). Sudah Tahu Perbedaan Film Box Office, Blockbuster, dan Mockbuster? Retrieved from IDNTimes: https://www.idntimes.com/hype/entertainment/putri-syifa-nurfadilah/sudah-tahu- perbedaan-film-box-office-blockbuster-dan-mockbuster-c1c2

Paul, J. P., & Olson, J. C. (2000). Consumer Behavior: Perilaku Konsumen. Terjemahan. Jakarta: Erlangga.

Pertiwi, W. K. (2019, December 23). Sebanyak Inikah Jumlah Pengguna Instagram di Indonesia? Retrieved from Kompas.com: https://tekno.kompas.com/read/2019/12/23/14020057/sebanyak-inikah-jumlah-pengguna- instagram-di-indonesia

Proyeksi Penduduk Kota Surabaya Menurut Jenis Kelamin dan Kelompok Umur Tahun 2019. (n.d.). Retrieved from Badan Pusat Statistik Surabaya: https://surabayakota.bps.go.id/dynamictable/2018/04/18/23/proyeksi-penduduk-kota- surabaya-menurut-jenis-kelamin-dan-kelompok-umur-tahun-2019.html

Rossiter, J. R., & Percy, L. (2000). Advertising & Promotion Management. MCGrawHill International Editions.

Ruslan, R. (2002). Manajemen Humas dan Komunikasi, Konsepsi, dan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Ruslan, R. (2010). Manajemen Penelitian Public Relations dan Komunikasi: Konsepsi dan Aplikasi Edisi Revisi 10. Jakarta: Rajawali.

Soemirat, S., & Ardianto, E. (2007). Dasar-Dasar Public Relations. Bandung: Rosdakarya. Subagyo, A. (2012). Marketing in Business, edisi pertama . Jakarta: Mitra Wacana Media. Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Tilker, H. A., & Elizabeth, H. B. (1980). Developmental Psycology.

Wells, B. (2003). Advertising Principles and Practice 6th ed. New Jersey: Prentice Hall.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


TEMPLATE JURNAL E-KOMUNIKASI